5 Fakta Menarik Isra Mi'raj yang Perlu Diketahui

Solat
Sumber :
  • http://bicarasantai.com

VIVA – Hari Isra Miraj biasa diperingati setiap tanggal 27 Rajab dalam kalender Hijriah, sedangkan dalam kalender kabisat jatuh pada tanggal 12 Maret 2021. Isra Mi'raj adalah perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW menuju langit ketujuh.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester United vs Sheffield United

Isra Mi'raj juga diketahui merupakan perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam saja. Maka dari itu, Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam karena pada peristiwa inilah Nabi Muhammad SAW mendapat perintah untuk menunaikan salat lima waktu sehari semalam.

Namun, ternyata masih banyak lagi fakta fakta menarik dari peristiwa Isra Mi'raj ini. Berikut 5 fakta menarik Isra Mi'raj yang perlu diketahui:

5 Fakta Menarik Jelang Duel Everton vs Liverpool di Premier League

1. Tahun duka
Sebelum terjadinya peristiwa Isra Mi’raj, Rasulullah SAW ditinggalkan oleh kedua orang yang sangat berarti dan penting dalam dakwah beliau selama ini yaitu Khadijah radhiyallahu ‘anha dan Abu Thalib. Ummul Mukminin Khadijah sangat dicintai Rasulullah SAW.

Dialah wanita bahkan manusia pertama yang beriman kepada Rasulullah SAW. Sedangkan Abu Thalib adalah paman beliau. Meskipun tidak masuk Islam, Abu Thalib yang selama ini selalu membela Rasulullah, Abu Thalib yang selama ini membuat orang Quraisy berpikir panjang ketika hendak menyakiti Rasulullah.

Jeno NCT Ulang Tahun ke-24! Fakta Menarik Sang 'Kapten' NCT yang Jarang Diketahui

2. Isra Mi’raj terjadi hanya semalam
Isra mi’raj terjadi dalam satu malam saja. Bahkan tidak sampai satu malam penuh. Masjidil Haram di Makkah dan Masjidil Aqsha di Palestina berjarak sekitar 1.500 Km. Makkah – Palestina ditempuh 40 hari dengan perjalanan menggunakan onta. Sedangkan Rasulullah bisa menempuhnya hanya beberapa jam. Ini saja sudah merupakan keajaiban. Apalagi untuk naik ke langit ke 7

3. Bentuk Hiburan dari Allah
Konon Isra Miraj adalah bentuk hiburan yang diberikan oleh Allah kepada Nabi Muhammad SAW setelah diberikan cobaan berupa diambilnya orang-orang terdekat Rasul, yaitu istri nabi Khadijah dan paman nabi Abu Thalib

Dalam perjalanan tersebut nabi Muhammad SAW ditemani oleh malaikat Jibril, nabi sempat singgah di beberapa tempat, seperti Tayyibah, Madyan, Thursina dan Betlehem.

4. Mendapat ujian selama perjalanan
Selama menempuh perjalanan tersebut Nabi Muhammad SAW diberikan beberapa ujian, yaitu Ujian pertama Nabi ditawari dua minuman, satu gelas berisikan Khamr (Alkohol) dan gelas satunya berisikan susu, akan tetapi Nabi memilih susu karena susu menyehatkan dan bersih.

Ujian Kedua nabi mendapatkan cobaan berupa gangguan panggilan dari setan namun karena keimanan nabi, beliau berhasil melewatinya. Ujian terakhir, nabi digoda oleh dan perempuan. Namun lagi-lagi nabi bisa melewatinya. Perjalanan selanjutnya dari langit pertama menuju langit ke-7 Rasulullah bertemu dengan beberapa nabi.

5. Mendapat perintah shalat 5 waktu
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mendapatkan perintah shalat wajib dalam Isra Mi’raj ini. Di sinilah salah satu keistimewaan shalat yaitu jika ibadah yang lain diwajibkan melalui wahyu ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berada di bumi, maka untuk mewajibkan shalat Allah memanggil Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ke langit.

Imam Bukhari meriwayatkan bahwa semula shalat itu diwajibkan 50 waktu, yang kemudian menjadi 5 waktu. Dalam perjalanan Isra Mi’raj itu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam juga diperlihatkan nikmat surga dan azab panasnya api neraka yang semakin mengokohkan beliau dalam mengemban dakwahnya.
Laporan: Aufa Prasya Namyra

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya