Dekatkan Jodoh dan Rezeki, Manfaat Bangun Subuh Menurut Islam

Ilustrasi anak bangun tidur.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Bangun pagi menjadi hal yang sulit dilakukan bagi sebagian orang. Hal ini lantaran rasa kantuk yang tidak tertahankan. Ada juga orang yang bisa bangun lebih pagi namun setelah selesai salat subuh mereka kembali tidur.

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

Padahal bangun lebih pagi dan beraktivitas di pagi hari memiliki banyak keutaman dalam Islam. Bukan hanya dari sisi spiritual saja, sejumlah manfaat seperti kesehatan hingga jodoh juga berpengaruh ketika kita bangun lebih awal. Lantas seperti apa penjelasannya?

Berikut ini sejumlah manfaat bangun pagi dalam islam seperti dilansir dari akun YouTube ReligiOne.

5 Pemain Bintang Sepakbola Muslim Eropa yang Rajin Ibadah dan Hafal Al-Quran

1. Banyak keberkahan

Ustaz Abdul Somad menjelaskan bahwa Nabi Muhammad pernah berkata "Ya Allah berikanlah berkah kepada umatku pada awal hari". Artinya, semakin awal bangun maka semakin berkah yang diperoleh.

Memajang Foto Ulama di Rumah, Bagaimana Hukumnya? Ini Kata Buya Yahya

"Sebenarnya subuh itu berebut berkah. Bahkan tidak berdasarkan hadist, dalil nenek moyang pun kita sudah mengajarkan jangan sampai rezeki dipatok ayam. Artinya habis sudah ayam sudah mengambil, musang sudah mengambil, kucing sudah mengambil, dia tidak mendapat apa-apa sama sekali" ujar Ustaz Abdul Somad.

Selain itu, UAS juga menyebut diantara tujuh golongan akan mendapat naungan di padang mahsyar satu diantaranya pemuda yang istiqomah beribadah salat subuh berjamaah.

"Diantara tujuh golongan akan mendapat naungan di padang mahsyar satu diantaranya anak muda yang tumbuh beribadah kepada Allah SWT dan kita berharap mudah-mudahan pemuda yang mendapat naungan pemuda yang bertambah hidayahnya adalah pemuda yang istiqomah beribadah solat subuh berjamaah," ujar UAS.

2. Subuh lebih baik dari bumi dan seisinya

Dijelaskan UAS, dua rakaat sebelum salat subuh, yakni Qobliah lebih baik dari dunia dan seisinya. Kalimat tersebut memiliki dua makna, yang mana jika Qobliah subuhnya lebih baik daripada dunia dan seisinya apalagi salat subuhnya.
 
"Makanya kata Nabi Muhammad SAW dalam hadist lain seandainya mereka tau balasan salat Subuh dan Isya berjamaah mereka akan datang walaupun merangkak. Kenapa Allah tidak memberi tau? Karena Allah ingin memberi surprise, kejutan. Aku sediakan hamba-hambaku nanti sesuatu yang belum pernah dilihat mata, belum pernah didengar telinga, belum pernah terlintas di hati manusia," jelas UAS.

UAS menambahkan, "Makna yang kedua Qobliah subuh, rakaat pertamanya surat Al-Kafirun, rakaat kedua surat Al-Ikhlas apa maknanya iman ketika sedang dikuatkan di rakaat kedua dikuatkan lagi itu lebih bermakna dari dunia dan seisinya ketika dunia seisinya yang kita punya akan hancur di hari kiamat tapi iman akan dibawa mati menghadap Allah SWT." jelas UAS.

3. Baik untuk kesehatan mata

Ustaz Das'ad Latif juga menjelaskan manfaat luas biasa dari bangun pagi adalah dapat menjaga kesehatan mata.

"Waktu subuh ini luar biasa ternyata di subuh hari itu siapa yang bangun pagi dan memandang hijau di pagi hari akan membuat mata lebih segar. Latihan memandang warna hijau di pagi hari, jauh dekat Insya Allah mata kita lebih sehat," jelas Ustaz Das'ad.

4. Menjaga kesehatan paru-paru

Dijelaskan oleh ustaz Das'ad bangun pagi baik untuk kesehatan paru-paru. Hal ini lantaran udara pagi hari lebih segar karena belum tercemar dengan asap kendaraan bermotor.

"Kedua di subuh, operasional motor lebih sedikit berarti orang yang bangun pagi hari Insya Allah paru-parunya lebih sehat. itu dari segi ilmu," jelas ustaz Das'ad.

5. Dekat dengan jodoh

Bukan hanya dari sisi hubungan antara umat dan Allah saja, bangun pagi juga bermanfaat untuk menjalin silaturahmi, termasuk mendekatkan seseorang dengan jodoh.

"Orang selesai subuh mestinya sudah melakukan aktivitas, kalau dia kembali tidur maka jauh dari rezeki. Kalau selalu tidur pagi jauh dari jodoh. Bangun di atas jam 7 rejeki jauh dan kalau calon mertua tau langsung dia panggil anaknya enggak usah kau menikah apa itu malas betul calon suamimu," jelas ustaz Das'ad.

6. Menjaga kesehatan kulit

Dijelaskan oleh ustaz Das'ad bangun pagi dan dilanjutkan dengan mandi menggunakan air dingin diketahui dapat menjaga kesehatan kulit seseorang.

"Maka bangun di awal waktu, lebih bugar apalagi kalau mandi pagi saya dapat info dari dokter kulit orang yang bangun awal dan mandi dengan air dingin kulitnya lebih bagus kenapa bule mukanya keriput karena bangun pagi mereka seneng pakai air panas dibanding air dingin, ternyata air dingin jauh menyehatkan kulit. Maka banyak keutaman bangun pagi," ujar  ustaz Das'ad.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya