Bagus Hingga Mudah Dirawat, 2 Jenis Sukulen Ini Paling Banyak Diburu

Sukulen
Sumber :
  • shoppe

VIVA – Tanaman hias sukulen kian diminati. Bentuknya yang imut dan indah, serta perawatannya yang tidak terlalu ribet, membuat sukulen kian menjadi primadona. 

Tidak Penuhi Kewajiban Karantina, Tumbuhan Kaktus Asal Impor Dimusnahkan

Belum lagi, tanaman ini memiliki banyak jenis, sehingg kamu bisa memilih yang sesuai dengan kesukaanmu. Sesuai fungsinya sebagai tanaman hias, sukulen juga bisa ditempatkan di dalam kamar sebagai tambahan dekorasi lho. 

Namun, dari puluhan jenis sukulen, hanya ada dua yang best seller dan paling banyak dicari oleh peminatnya. Lalu, jenis sukulen apa saja yang dimaksud? 

Jadi Makanan Warga Gaza Cegah Kelaparan, Ini Kandungan Nutrisi Tanaman Kaktus

"Untuk sukulen sendiri ada namanya Echeveria sama Haworthia, itu best seller," ujar Owner Urban Plantae, Aqbas Udhiya Suwito, saat pembukaan CL Urban Market di Mal Ciputra Jakarta, belum lama ini.

Menurut Aqbas, selain memiliki warna dan bentuk yang bagus, perawatan sukulen jenis Echeveria dan Haworthia, juga paling mudah dibanding yang lain. 

Warga Gaza Dilanda Kelaparan, Incar Kaktus Jadi Makanan

"Selain itu mungkin dari jenis-jenis kaktus yang sekarang lagi happening banget, apalagi kayak kiblatnya tanaman itu kan di Thailand. Sebetulnya di Bangkok sendiri mereka sudah memproduksi jenis-jenis tanaman kaktus yang aneh bentuknya, dan itu lagi happening banget dan di Indonesia juga sudah mulai sih," kata dia. 

Sedangkan untuk perawatannya, Aqbas memperingatkan tanaman sukulen ini tidak perlu banyak disiram, karena dampaknya bisa membusuk. 

"Hampir rata-rata yang masuk ke kita di Indonesia untuk beberapa orang yang belum tahu merawatnya, pengennya disiram terus. Itu efeknya luar biasa ke sukulennya bisa membusuk dan lain-lain," tutur dia. 

Aqbas menyarankan, sukulen cukup disiram satu atau dua minggu sekali, tergantung dari tempat tumbuhnya. 

"Dan penyiraman juga langsung disiramkan ke medianya. Jadi kesalahan pertama itu dari spray-spray ini biasanya. Ketika sedang siang hari, saat panas itu akan menimbulkan jamur," ujar dia. 

Menurut Aqbas, hal itulah yang menjadi penyebab akar sukulen kerap membusuk dan daunnya tumbuh jadi kurang bagus

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya