Anak Gaul Sering Sebut Cringe, Apa Sih Artinya?

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Freepik/cookie_studio

VIVA – Belakangan ini, kata 'cringe' lagi naik daun banget nih. Dalam keseharian, kata ini sering diucapkan kala mengobrol dengan teman, baik lewat percakapan langsung atau pun chat di ponsel.

5 Ide Ucapan Lebaran Berbahasa Inggris, Biar Kelihatan Lebih Keren

Biasanya, anak-anak gaul yang sering mengucapkan kata cringe ini. Lalu, apakah orang-orang yang tidak memahami makna dari kata ini, tidak termasuk gaul?

Jangan khawatir, buat kalian yang masih asing dengan istilah ini, VIVA akan memberikan penjelasan lengkapnya supaya kamu enggak kudet alias kurang update.

Tes Bahasa Inggris Rekrutmen BUMN Banjir Keluhan, Ini Respons Penyelenggara

Dihimpun VIVA dari berbagai sumber, Senin, 5 April 2021, cringe sendiri merupakan bahasa Inggris yang dipakai ketika melihat atau mendengar sesuatu yang membuat kamu merasa geli, takut hingga merinding.

Misalnya, ketika melihat hal yang tidak diinginkan di media sosial, entah dalam bentuk meme, video atau gambar, biasanya seseorang akan melontarkan atau membubuhkan komentar dengan kata cringe ini.

Bule Ini Kagumi Sosok Guru Ngaji di Ambon yang Bisa 4 Bahasa Asing

Kata 'cringe' memiliki tiga arti. Yang pertama, meringis atau bergidik. Sedangkan arti kedua yaitu perasaan malu atau menjijikkan, dan yang ketiga, sikap menekuk wajah karena jijik, geli, kaget dan takut.

Jika mengacu pada arti serapannya dalam bahasa Inggris, cringe diartikan sebagai rasa malu atau jijik ketika seseorang melihat sesuatu yang menjijikkan atau memalukan.

Kata cringe kerap diasosiasikan sebagai ekspresi meringis ketika melihat sesuatu hal yang menjijikkan dan memalukan. Jadi, cringe sendiri lebih sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu perasaan.

Nah, buat Kamu para kaum milenial, yang kerap mencampur atau menyelipkan kata-kata bahasa Inggris dalam obrolan atau ucapanmu, kata cringe ini pasti sering digunakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya