Yuk Dicoba, 5 Trik Dapat Penghasilan Saat Pandemi

Ilustrasi aktivitas digital.
Sumber :
  • Pixabay/hamonazaryan1

VIVA – Pandemi COVID-19 berdampak terhadap berbagai aspek kehidupan termasuk dalam segi perekonomian. Tidak sedikit dari masyarakat yang terdampak dengan pemutusan hubungan kerja.

Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline

Dengan adanya dampak tersebut, masyarakat pun harus memutar otak agar dapat memiliki penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Lantas, bagaimana cara mendapat uang di tengah pandemi COVID-19 seperti ini? Berikut ini trik mendapatkan uang di tengah pandemi seperti dilansir dari laman Entrepreneur.

2 Keuntungan Bisa Didapat Konsumen dari Konsep Ini

1. Jual beberapa barang layak pakai

Photo :
  • Livehaf
12,98 Juta Wajib Pajak Sudah Lapor SPT, Sri Mulyani: Terima Kasih

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menjual beberapa barang yang masih layak pakai. Selain mendapatkan uang, Anda juga dapat merapikan barang-barang yang sudah tidak digunakan. Lebih baik dijual untuk mendapatkan uang daripada ditumpuk dan menjadi mubazir bukan?

2. Mencari pekerjaan paruh waktu
Beberapa sektor penting seperti toko grosir atau toko-toko yang menjual kebutuhan pokok memerlukan bantuan tenaga untuk mengakomodir permintaan pelanggan.

Tidak ada salahnya untuk mencoba melamar pekerjaan tersebut. Pekerjaan paruh waktu fleksibel dan merupakan cara yang terjamin untuk menghasilkan uang dalam beberapa minggu ke depan.

3. Mengasah skill
Mengasah skill seperti memasak atau membuat kue juga bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan uang. Dengan kemampuan tersebut kita bisa menjual berbagai makanan mulai dari makanan ringan hingga makanan berat.

Tapi penting juga untuk melakukan riset mencari tau apa kesukaan dari masyarakat saat ini. Salah satu brand retail yang menjual berbagai produk, IUIGA baru-baru ini bekerja sama dengan Colette Lola menggelar pelatihan keterampilan memasak.

Dalam acara ini pihaknya memberikan bekal kepada ibu rumah tangga agar bisa mencari penghasilan tambahan dengan berjualan. Pada kesempatan itu, para ibu rumah tangga diajarkan membuat dessert, Japanese Strawberry Shortcake bersama dengan RnD dari Colette Lola, Chef Jeffrey Nathaniel.

Tidak hanya diajarkan bagaimana membuat dessert yang enak saja, pihaknya juga menjelaskan bagaimana membuat dessert yang layak jual.

"Kami sadar pandemi ini memberikan efek yang sangat besar. Banyak pihak yang terkena PHK, dan para ibu rumah tangga dituntut untuk berkontribusi pada perekonomian keluarga. Kami rasa ini adalah momen yang tepat untuk mengajak para ibu rumah tangga untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan bagi keluarga," kata Managing Director IUIGA Indonesia, William Firman dalam keterangannya.

4. Optimalkan pengeluaran rutin
Dalam kasus ini, lebih kepada bagaimana mengatur kembali anggaran Anda. Meskipun ini bukan cara untuk menghasilkan uang, ini adalah penghasilan pasif.

Bagaimanapun, Anda dapat melihat di mana Anda membuang-buang uang hasil jerih payah Anda. Jika Anda melakukannya, Anda dapat memotong sejumlah langganan atau keanggotaan yang saat ini tidak diperlukan.

5. Investasi
Anda mungkin ragu untuk mempertimbangkan ini. lantaran pasar saham saat ini tengah bergejolak. Tapi, Anda masih bisa berinvestasi dengan aman: Obligasi, misalnya, memberi Anda bantalan terhadap saham. Obligasi juga dapat memberikan aliran pendapatan tambahan.

Begitu pula dengan CD dan reksa dana. Saat ini, disarankan agar Anda menghindari obligasi jangka panjang untuk mengurangi risiko kehilangan uang akibat inflasi.

Anda juga masih bisa berinvestasi di saham. Secara khusus, saham konservatif yang membayar dividen yang dapat diandalkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya