Bukan Cuma Sampah Plastik, Limbah Teknologi Juga Rusak Lingkungan

Ilustrasi barang bekas
Sumber :
  • www.pixabay.com/Sbringser

VIVA – Berita tentang perubahan iklim dan pencemaran lingkungan banyak kita lihat setiap harinya. Ada banyak mikroplastik tersebar di lautan dan tempat pembuangan sampah juga semakin meningkat, ini seharusnya menjadi pertanyaan untuk kita semua, dari mana semua limbah ini berasal dan apakah kita bagian dari masalahnya? 

Pemulung Jadi Ujung Tombak Pengumpulan Sampah, IPI: Banyak yang Belum Mengapresiasi Mereka

Bukan cuma sampah dari plastik yang limbahnya sulit untuk diatasi, tapi juga limbah dari industri teknologi. Seperti diketahui, dalam industri teknologi, masa pakai perangkat digital umumnya bukan diakibatkan oleh kerusakan melainkan lebih dipengaruhi dengan tidak adanya perkembangan atau inovasi. Banyak pabrik yang tidak menggunakan metode lain seperti planned obsolescence (keusangan terencana). Praktik ini dimulai pada tahun 1924 ketika pertemuan produsen utama bola lampu di Jenewa melahirkan kartel Phoebus. 

Mereka membutuhkan pelanggan baru dan karena bohlam mereka bertahan terlalu lama, mereka semua setuju untuk merekayasa ulang bohlam mereka sehingga mereka akan terbakar setelah tidak lebih dari 1.000 jam, dibandingkan dengan 1.500 atau 2.000 jam yang telah menjadi hal umum sampai saat itu. Kartel mendenda mereka yang memproduksi produk dengan umur yang lebih panjang dan membuat bisnis kembali booming. 

Bea Cukai Terbitkan Izin Kawasan Berikat untuk Dyeing Manufaktur

Segera setelah itu, bisnis lain mengenali taktik menguntungkan ini yang masih berlaku dan terus berkembang hingga saat ini.
 
Konsumsi berlebihan secara langsung juga menyebabkan produksi berlebih dan tanpa ampun mengubah lautan dan ladang kita menjadi pegunungan limbah beracun. Dipicu oleh budaya konsumen, keusangan yang direncanakan tidak hanya menyebabkan kerusakan permanen pada planet kita, tetapi pada akhirnya gagal memenuhi kebutuhan manusia yang sebenarnya hingga menyebabkan peningkatan ketidakpuasan yang telah terbukti menyebabkan epidemi depresi dan konflik sosial yang meningkat.

Berdasarkan data dari UN Global E-waste Monitor 2020, ada sebanyak 53,6 juta ton limbah elektronik yang diproduksi secara global, dalam lima tahun telah naik sebesar 21 persen dan diperkirakan dalam tahun 2030 akan mencapai 74,7 juta ton. Hal ini adalah konsekuensi dari tingkat konsumsi peralatan listrik dan elektronik yang tinggi, siklus hidup produk yang pendek, dan opsi perbaikan elektronik yang sangat terbatas. 

Akibat Banjir, Sampah TPA Cipayung Diduga Longsor ke Kali

Yang mengkhawatirkan juga adalah kenyataan bahwa hanya 17,4 persen dari limbah elektronik di tahun 2019 yang dapat dikumpulkan dan didaur ulang, sebanyak 44,3 juta ton limbah elektronik yang tersisa. 

Selain elektronik, salah satu bahan yang paling sulit didaur ulang adalah plastik. Sikat gigi plastik membutuhkan waktu lebih dari 400 tahun untuk terurai di tempat pembuangan sampah. 

Diperkirakan 3,6 miliar sikat gigi plastik digunakan di seluruh dunia setiap tahun, sementara rata-rata setiap orang akan melewati 300 sikat gigi dalam hidupnya. Sebagai tanggapan langsung terhadap angka-angka yang mengkhawatirkan ini, FOREO memiliki ISSA yang dirancang untuk daya tahan dan umur panjang. Perangkat ini dapat didaur ulang, higienis, dan menjadi solusi tahan lama untuk mengurangi konsumsi bahan sekali pakai perawatan pribadi seperti sikat gigi dan tisu plastik. Ini menjadikan FOREO brand alternatif yang lebih ramah lingkungan.

Dengan jumlah plastik dan bahan berbahaya lainnya yang membanjiri lautan kita, dari manakah sebenarnya semua limbah ini berasal? Jawabannya dapat ditemukan dalam budaya konsumen yang sangat tinggi. 

Kita sering sekali berpikir bahwa kita dapat mengendalikan kebiasaan pembelanjaan kita sendiri, namun ada sesuatu yang jauh lebih besar dan berperan dalam hal ini. “Saya rasa mayoritas orang tidak menyadari sesuatu yang disebut planned obsolescence atau keusangan terencana. Tentu, kita semua telah memperhatikan bahwa produk yang kita beli tidak seperti dulu dan cenderung lebih cepat rusak, tetapi fakta bahwa banyak merek yang Anda percaya sebenarnya sengaja membatasi masa pakai produk mereka sehingga Anda dapat kembali membeli lebih banyak. Ini adalah waktunya untuk kita mengubah situasi tersebut," kata Boris Trupcevic, CEO FOREO lewat rilis yang diterima VIVA.

“Di FOREO, misi kami adalah memberikan produk dengan kualitas terbaik yang akan melayani pelanggan kami di tahun-tahun mendatang. Setiap produk FOREO dilengkapi dengan garansi 2 tahun dan jaminan kualitas 10 tahun di atasnya. Ide kami adalah untuk menghasilkan lebih sedikit produk yang bertahan lebih lama, sehingga tidak menambah tekanan pada lingkungan dan kami masih melihat pertumbuhan yang signifikan dalam bisnis kami," tambah Trupcevic.

Banyak pelanggannya kata Trupcevic yang setia. "Kami memulai dengan LUNA dan setelah mereka meyakinkan diri mereka sendiri akan kualitas dan efisiensi produk kami sekarang mereka juga memiliki UFO, BEAR, ISSA dan seringkali - seluruh keluarga produk FOREO yang akan melayani mereka selama bertahun-tahun! ”

Dalam merayakan Hari Bumi di 22 April 2021, FOREO, perusahaan skin-tech Swedia meluncurkan kampanye lingkungan bernama “Make It Last, Not Break Fast” yang bertujuan untuk menyoroti malpraktek umum yang terjadi dalam industri elektronik. 

“FOREO adalah perusahaan yang memprioritaskan pelanggannya dan kami berusaha keras untuk membuat produk yang berkualitas tinggi dan tahan lama. Pelanggan kami menyadari hal ini dan banyak dari mereka telah mempercayai brand kami sejak awal."

“Cara perusahaan mengambil sikap itu sangat sederhana - caranya adalah dengan membuat produk yang bertahan selama mungkin. Kami memprioritaskan lingkungan dan kepentingan konsumen daripada keuntungan dan sejujurnya ini jauh lebih efektif daripada berdonasi atau memperoleh sertifikat. Mungkin ada sisi negatifnya dalam jangka pendek, tetapi dalam jangka panjang tidak ada cara lain. Kesadaran publik tentang produk cepat rusak terus meningkat, salah satu contohnya adalah ketika pemerintah memaksa produsen terbaik untuk sengaja menghentikan downgrade baterai atau kinerja perangkat.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya