Kemunculan Pink Moon, Ada Pria di Bulan Hingga Pertanda Kiamat

Super Pink Moon
Sumber :
  • fox

VIVA –  Fenomena astronomi yang menarik kembali menghiasi langit bulan April 2021. Tepat pada Selasa malam 27 April, para stargazer pun telah disuguhi pemandangan Pink Moon di angkasa. 

Kapan Bumi Kiamat?

Pink Moon merupakan bulan purnama kedua yang terjadi pada April. Terjadinya menandai kemunculan sejenis lumut, yang disebut lumut merah muda (pink moss).

Ada pula yang menyebut, munculnya Pink Moon bersamaan dengan mekarnya bunga dari spesies Wild Ground Phlox yang menjadi pertanda mulainya musim semi. Bunga ini berwarna merah muda.

Terkuak 5 Kejadian yang Terjadi di Dunia Dikaitkan Ketakutan soal Kiamat

Namun dibalik fenomena adanya pink moon ini terdapat sejumlah mitos-mitos dikalangan masyarakat. Seperti apa? Berikut ini ulasannya seperti dikutip dari laman space.

Pertanda kiamat

Viral Penampakan Minimarket Warung Madura: Tutup Kalau Sudah Kiamat

Beberapa orang menganggap peristiwa supermoon ini sebagai tanda akhir dunia.  Klaim meragukan ini dibuat dalam sebuah buku baru-baru ini tentang empat "bulan darah", istilah yang jarang digunakan oleh para astronom.

Meskipun jarang terjadi, hal itu telah terjadi di masa lalu, dan akan terus terjadi di masa mendatang.  Sebelumnya terjadi pada tahun 2003 dan 2004, dan pengelompokan seperti itu akan terjadi tujuh kali lagi pada abad ini.

"Sepanjang sejarah manusia, orang selalu berpikir bahwa hal-hal di langit yang tidak mereka pahami adalah tanda kiamat atau keberuntungan, atau dewa sedang marah atau senang. Tidak perlu menyebutkan hal supernatural atau akhir dunia," kata Noble. 

Bulan memiliki 'sisi gelap'

Saat bulan mengorbit Bumi, bulan membuat satu wajah terus-menerus menghadap ke planet.  Fakta ini telah mendorong beberapa orang untuk menyebut belahan bumi yang jauh sebagai "sisi gelap" bulan, seperti yang dipopulerkan oleh album Pink Floyd tahun 1973 dengan nama yang sama. 

Namun, label ini salah, karena selama fase bulan baru, ketika permukaan yang mengarah ke Bumi tidak terlihat, belahan "gelap" mengarah ke matahari.

Sementara "sisi belakang" bulan dapat diterima, "sisi jauh" adalah istilah yang disukai di antara para ilmuwan, kata Sarah Noble, yang menjabat sebagai ilmuwan program untuk misi Penjelajah Lingkungan dan Debu Atmosfer Bulan (LADEE) NASA, yang berakhir pada April 2014 ketika pengorbit  sengaja menabrak permukaan bulan.

Beberapa misi telah mengorbit bulan dan memberikan banyak informasi tentang sisi yang jauh.  Baru-baru ini, Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO) NASA telah memperoleh citra dan topografi seluruh bulan, termasuk sisi jauhnya.

"Kami tahu cukup banyak tentang sisi jauh bulan," kata Noble kepada Space.com.

Pria di bulan 

Banyak orang mengaku melihat "manusia di bulan" pada permukaan bulan saat fenomena Pink Supermoon.  Di sisi terdekat, lava mengalir dari gunung berapi yang aktif dari satu hingga empat miliar tahun lalu ke dalam kawah dan cekungan yang tercipta akibat benturan, membentuk daerah gelap yang disebut "kuda betina".

“Karena fenomena psikologis yang disebut pareidolia, manusia cenderung mengartikan pola pola sebagai benda yang sudah dikenal, terutama wajah, jadi kita melihat manusia di bulan,” kata Noble.

Dia menunjukkan bahwa budaya lain melihat kelinci daripada wajah manusia, menginspirasi nama pendarat China baru-baru ini, Yutu, yang berarti "Kelinci Giok." 

Kelinci disebutkan selama pendaratan Apollo 11 pada tahun 1969, ketika percakapan berikut terjadi antara pengendali misi di Houston dan Michael Collins, astronot yang tetap berada di pengorbit bulan. 

"Houston: Di antara berita utama besar tentang Apollo pagi ini, ada satu yang meminta agar Anda memperhatikan gadis cantik dengan kelinci besar. Legenda kuno mengatakan seorang gadis Cina cantik bernama Chango-o telah tinggal di sana selama 4.000 tahun. Sepertinya dia  dibuang ke bulan karena mencuri pil keabadian dari suaminya. Anda juga bisa mencari temannya, kelinci Cina besar, yang mudah dikenali karena dia selalu berdiri di atas kaki belakangnya di bawah naungan pohon kayu manis. Michael Collins: Oke.  Kami akan terus mengawasi gadis kelinci itu,".

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya