Cara Unik Dukung UMKM di Tengah Pandemi

Ilustrasi UMKM ketika memulai usaha.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Di tengah pandemi COVID-19, banyak kegiatan usaha terkena imbas. Lantaran hal tersebut, sejumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM terpaksa harus menghentikan kegiatannya.

Mejeng di Pameran Kopi Terbesar di Amerika, Produk Lampung dan Bajawa Bidik Pasar Gobal

Untuk membangkitkan kembali UMKM, sejumlah perusahaan mulai dari perusahaan jasa ekspedisi hingga e-commerce membuat sejumlah cara unik mendukung UMKM. Seperti apa cara unik yang dilakukan untuk mendukung UMKM? 

E-Commerce

Kopi Unggulan Indonesia Juara Dunia di  Specialty Coffee Expo 2024 Amerika Serikat

Salahh satu e-commerce lokal, Blibli, berpartisipasi dalam perayaan Hari Bangga Buatan Indonesia (Hari BBI) yang jatuh pada tanggal 5 Mei 2021 dengan meluncurkan laman khusus berupa microsite bertema Hari BBI, berisi kurasi spesial produk-produk UMKM dan brand lokal dengan kualitas terbaik. 

Inisiatif ini merupakan bentuk dukungan terhadap Hari BBI, yaitu program pemerintah untuk mempercepat pemulihan ekonomi dengan memanfaatkan momentum Ramadhan dan Idul Fitri untuk meningkatkan performa industri UMKM dan brand lokal.

Kawanan Pembunuh Mirna Bermodus Begal Ditangkap, Polisi Curiga Ada Motif Lain Pelaku

Andreas A. Pramaditya, VP Galeri Indonesia Blibli, mengatakan, “Sebagai perusahaan berbasis teknologi, kami bertujuan menjadi penggerak transformasi digital di Indonesia. Memperkuat kehadiran dan kinerja UMKM lokal serta brand-brand di platform digital merupakan salah satu cara mewujudkan tujuan kami sebagai e-commerce lokal Indonesia. Partisipasi kami dalam Hari BBI ini diharapkan dapat mendorong terjadinya transaksi antara UMKM dan brand lokal dengan pelanggan yang sudah semakin menggemari hasil produk ciptaan anak bangsa.”

Hari Bangga Buatan Indonesia

Photo :
  • Dokumentasi Blibli

Microsite Hari BBI diluncurkan pada 3 Mei dan akan berlangsung hingga 13 Mei 2021. Microsite tersebut menghadirkan kurasi spesial dari 8 juta lebih produk UMKM dan brand-brand lokal terbaik. e-commerce ini juga akan berkolaborasi dengan lebih dari 350 brand lokal ternama untuk menghadirkan kurasi produk pilihan seperti kuliner, kriya, kecantikan & kesehatan, fashion lokal & Muslim, hampers Lebaran, dan elektronik. Pelanggan Blibli dapat menikmati penawaran dari para brand lokal yang sudah dicintai oleh masyarakat Indonesia mulai dari Wardah, Eiger, Brodo, Cosmos hingga Polytron. 

“Oleh karena itu, kami akan terus berdiri di jalur terdepan untuk membantu pemerintah dalam menyukseskan program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dengan membuka ekosistem e-commerce Blibli yang menyeluruh bagi UMKM dan brand-brand lokal,” lanjut Andreas.

Jasa Ekspedisi

Perusahaan jasa ekspedisi Lion Parcel (PT. Lion Parcel Ekpress) juga mempunyai misi adalah untuk menjembatani perekonomian Indonesia dengan membantu para Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di seluruh pelosok negeri ini.

Chief Marketing Officer (CMO), Lion Parcel, Kenny Kwanto mengatakan, bahwa UMKM sebagai salah satu sebagai penopang perekonomian Indonesia, terutama saat melemahnya pertumbuhan ekonomi di Indonesia akibat pandemi COVID-19. Maka, itu perlu didukung agar mereka bertumbuh dan berkembang.

Beberapa bukti nyata dukungan dari jasa ekspedisi ini kepada UMKM di Indonesia melalu kerjasama dengan beberapa instansi salah satunya UKM Mendunia Foundation, Kopira, Kementerian Perekonomian dan masih banyak lainya juga.

"Jika pelaku usaha mikro dapat tumbuh dan berkembang, maka perekonomian Indonesia juga dapat terdorong untuk mengalami pertumbuhan. Kami berupaya menjadi mitra yang aman dan terpercaya bagi masyarakat," kata Kenny dalam konferensi pres di kasawan Senayan Park Jakarta, Senin, 3 Mei 2021.

Ia menuturkan, pelaku usaha mikro dan menengah merupakan salah satu penopang ekonomi Indonesia. Maka, jasa ekspedisi ini  menyediakan layanan tidak hanya domestik, tapi luar negeri juga seperti ke Singapura, Malaysia, Hanoi, Hong Kong, Bangkok, Manila dan Taipe.

Joe Taslim

Photo :
  • Lion Parcel

Tak hanya itu, uniknya lagi, jasa ekspedisi ini juga menggandeng Joe Taslim yang merupakan aktor, artis, atlet dan penyanyi sebagai brand ambassador, dan sekaligus mengajak kepada masyarakat untuk mendukung UMKM di Tanah Air.

Menurutnya, Joe Taslim merupakan sebagai publik figure Indonesia yang dipercaya masyarkat karena telah mengharumkan nama Indonesia di ranah international. Hal itu sejalan dengan misi Lion Parcel untuk menjembatani UMKM untuk go-global.

"Kami ingin membawa UMKM Indonesia bisa go-global, unjuk gigi di tingkat dunia," katanya.

Sedangkan, Joe Taslim mengatakan, melemahnya pertumbuhan ekonomi pada masa pandemi seperti saat ini maka yang pertama kali digalakkan yaitu membeli produk lokal yang dihasilkan oleh tangan para pelaku UMKM di Indonesia.

"Artinya, dengan membeli produk UMKM dan menggunakan jasa pengiriman maka kita juga bisa membantu mereka untuk go global," kata Joe Taslim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya