Masih Pandemi COVID-19, Ini 5 Tips Aman Belanja Online untuk Lebaran

Ilustrasi belanja online.
Sumber :

VIVA – Tanpa terasa Lebaran sudah masuk dalam hitungan hari. Kegiatan Anda sehari-hari membuat Anda terbawa suasana dan tanpa disadari sebentar lagi Lebaran. Suasana pandemi COVID-19 membuat aktivitas keperluan rumah tangga dalam menyambut Lebaran pun beralih ke belanja online

Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline

Belanja online terkesan lebih mudah karena masyarakat cukup menggunakan gadgetnya untuk memilih barang, bayar via transfer, lalu pesanan dikirim sampai rumah. 

Ada sejumlah tips belanja online di tengah pandemi saat ini, simak berikut ini. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

1. Gunakan masker dan sarung tangan sekali pakai saat sebelum bertemu petugas pengirim paket

2. Sediakan wadah untuk menerima paket di dekat pintu rumah. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

3. Pastikan selalu menjaga jarak dengan kurir yang membawa paket. 

4. Ambil paket dan semprot seluruh permukaan paket dengan cairan desinfektan berupa alkohol 70 persen lalu diamkan selama 5-6 menit5.

Suasana Ramadan pada tahun ini masih berbeda, di mana kebijakan social distancing dan lebaran dari rumah masih tetap diberlakukan. Shopee Indonesia baru saja menutup kampanye Big Ramadan Sale 2021 dengan kemeriahan luar biasa pada ketiga puncak kampanye, dimana tercatat total produk UMKM yang terjual mencapai lebih dari 130 juta pada 23 April, 30 April, dan 5 Mei 2020. 

Di tengah situasi pandemi COVID-19, penjual serta mitra brand, khususnya penjual UMKM terus berupaya mengembangkan usaha dalam kanal online serta memanfaatkan momen Lebaran untuk meningkatkan penjualan, dan di saat yang sama, masyarakat memilih belanja online sebagai destinasi utama untuk memenuhi kebutuhan dalam menyambut hari raya Idul Fitri.

“Ramadan pada 2 tahun terakhir ini masih memiliki suasana berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini membawa ragam perubahan salah satunya tantangan dalam melakukan kegiatan usaha yang berpengaruh pada perekonomian. Melalui kampanye Big Ramadan Sale 2021 pada tahun ini, kami berupaya untuk memberikan sorotan dan jangkauan yang luas khususnya terhadap produk-produk lokal UMKM sebagai salah satu upaya kami untuk mendukung roda perekonomian Indonesia," kata Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia, saat media gathering secara daring, Jumat 7 Mei 2021. 

Adi Rahardja, Head of Fashion & Lifestyle Shoppe Indonesia, menambahkan, souvenir, busana muslim, pakaian bayi adalah produk UMKM terfavorit saat program Big Ramadan Sale 2021. 

"Souvenir naik tiga kalipat, pakaian muslim dan baju anak dan bayi menjadi tervaforit. Pengguna kami juga memanfaatkan momen ini, di mana pashima plisket, baju koko dan gamis anak paling banyak di cari," kata Adi.

Adapun doyang shopee dimainkan sebanyak 600.000 jam saat program Big Ramadan Sale 2021. Selain itu transaksi ShopeePay naik 90 persen selama program. 

"Dukung UMKM, merupakan salah satu inovasi dan upaya Shopee dalam rangka mendukung UMKM di Indonsia dengan pelatihan," tutur Adi. 

Irvan Nugraha, Chief Marketing Officer Rumah Zakat, mengaku bersyukur dilibatkan di kegiatan ini, dan menjadi bagian dari masyarakat yang memerlukan bantuan dan mereka yang ingin terlibat memberikan bantuan. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya