7 Hadist Keutamaan Memelihara Silaturahmi, Yuk Amalkan!

Silaturahmi Raffi Ahmad, Nagita Slavina dan Syekh Muhammad Jaber
Sumber :
  • IG @raffinagita1717

VIVA – Momen Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri, seringkali dimanfaatkan masyarakat di Indonesia untuk bersilaturahmi, bertemu teman atau sanak famili. Namun, di tengah pandemi COVID-19 ini, masyarakat diminta untuk tetap di rumah aja demi bisa menjaga jarak mencegah penularan virus COVID-19 makin merajalela. Lalu, bagaimana silaturahminya? 

2 Gerhana di Ramadhan 2024 Tanda Datangnya Imam Mahdi? Ini Kata Buya Yahya

Ya, meski tak bisa saling bertemu tatap muka langsung dan saling berjabat tangan, itu bukan halangan untuk tetap bisa bersilaturahmi. Di zaman serba canggih seperti saat ini, silaturahmi bisa tetap dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan. Yakni, dengan cara silaturahmi virtual menggunakan beragam alat komunikasi. 

Nah perlu diketahui pula, silaturahmi dalam agama Islam bermanfaat untuk menyambung tali persaudaraan baik dengan keluarga atau teman dan kerabat. Silaturahmi, juga punya keutamaan sendiri dalam agama Isla,. Bahkan ada beberapa hadist yang membahas tentang silaturahmi dan anjurannya. 

Ketika Indonesia Bikin Sejarah Olimpiade Lewat Olahraga Sunnah Rasul

Mengutip laman Oase, kata silaturahmi berasal dari bahasa Arab, merupakan gabungan dari dua kata, 'Shilah' yang memiliki arti hubungan atau sambungan, dan 'Ar-rahim' yang artinya kerabat atau saudara. 

Lalu, apa saja hadist yang menjelaskan tentang keutamaan silaturahmi? Berikut penjelasannya. 

Bukan Allaahuma Lakasumtu, Ternyata Ini Doa Berbuka Puasa yang Dibaca Rasulullah SAW

7 Hadist Tentang Silaturahmi

Hadist Riwayat Bukhari, Rasulullah bersabda bahwa orang yang menyambung silaturahmi bukanlah yang memenuhi kebutuhannya, melainkan orang yang menyambung hubungannya kembali ketika tali silaturahmi itu sempat terputus. 

Untuk itu, silaturahmi dapat dijalankan bukan hanya untuk mereka yang huungannya baik-baik saja, melainkan dianjurkan pula untuk mereka yang hubungannya sempat terputus agar kembali terjalin baik. 

Perintah untuk menjalankan silaturahmi dengan sesama Muslim tercantum dalam Quran Surat Ar Ra'd ayat ke-21.

"Wallaziina yasiluna maa amarallaahu bihii ay yusala wa yakhsyauna rabbahum wa yakhaafuna suu'al-hisaab." 

Artinya: " Dan orang-orang yang menghubungkan apa yang diperintahkan Allah agar dihuungkan dan mereka takut kepada Tuhannya dan takut kepada hisab yang buruk." 

Berikut beberapa hadist lainnya tentang keutamaan silaturahmi yang perlu keluarga ketahui. Mulai dari perintah menjalankan silaturahmi, makna bersilaturahmi, azab memutus silaturahmi, silaturahmi melapangkan rezeki, menyambung silaturahmi membawa kemenangan dan kemakmuran, hingga silaturahmi salah satu penjamin masuk surga. Yuk intip hadist-hadistnya dengan klik tautan ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya