Menilik Sejarah Zodiak, Benarkah Akurat dan Dapat Dipercaya?

Ilustrasi zodiak
Sumber :
  • pexels

VIVA – Ramalan zodiak memang menarik untuk diikuti. Prediksi peruntungan seperti nasib, karier, keuangan, dan jodoh konon dapat diketahui berdasarkan zodiak yang kita miliki. Bagaimana asal muasal ramalan zodiak ini dan seberapa akurat menurut kacamata ilmiah?

Terpopuler: Hukum Memberikan Hadiah untuk Anak Agar Puasa sampai Janin yang Tiba-tiba Hilang

Zodiak sendiri sudah ada dari sejak zaman Mesir Kuno, yakni pada abad ke-4 sebelum Masehi. Kemudian konsep zodiak ini dikembangkan oleh bangsa Yunani yang merujuk kepada 6 rasi bintang dan kemudian dipecah menjadi 12.

Istilah Zodiak ini digunakan untuk menyebut rasi-rasi bintang di luar angkasa yang dilewati oleh sebuah lingkaran imajiner di langit yang berpusat pada lingkaran ekliptika. Asal kata zodiak berasal dari bahasa Yunani yakni Zoodiacos Cyclos yang memiliki makna ‘Lingkaran Hewan’. 

Ramalan Zodiak Rabu 27 Maret 2024: Bisnis Taurus Merugi, Kesabaran Pisces Diuji

Zodiak ini sendiri akan memberikan gambaran mengenai sifat, karakteristik, serta kekuatan dan kelemahan secara personal.

Seberapa akurat hubungan zodiak dengan kehidupan manusia?

Ramalan Zodiak Selasa 26 Maret 2024, Kehidupan Cinta Aries Tidak Berjalan Lancar

Menurut ilmu fisika dan astronomi, horoskop atau zodiak berkaitan dengan benda-benda langit. Padahal berdasarkan ilmu fisika, semakin jauh sebuah objek, dalam hal ini benda langit, dari kita, maka semakin kecil pula kekuatannya terhadap kita.

Oleh karena itu bisa ditarik kesimpulan, gravitasi benda-benda langit akan sangat sulit untuk mempengaruhi kita secara langsung sebagai individu karena jaraknya yang sangat jauh. 

Mengutip dari Zenius, menurut teori psikologi ada sebuah istilah yakni validasi subjektif yaitu dua peristiwa yang tidak terkait atau acak dianggap berhubungan karena keyakinan atau ekspektasi adanya hubungan antara dua peristiwa tersebut. Sebuah ramalan zodiak bisa menjadi akurat jika kita menghubung-hubungkan persepsi kita tentang kepribadian diri dengan isi ramalan zodiak yang telah dibaca sebelumnya.

Pada validasi subjektif, orang akan fokus kepada hal yang mereka anggap benar dari sejumlah analisis umum. Maka dari itu, ketika ada ramalan atau prediksi yang meleset kita cenderung untuk mengabaikannya, sementara jika ada ramalan yang kebetulan benar, kita langsung mempercayainya

Lalu apakah ramalan zodiak sebenarnya akurat atau bisa dipercaya? Secara ilmiah, jawabannya adalah tidak. Namun, tak ada salahnya untuk menjadikan ramalan zodiak sebagai inspirasi atau motivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Selengkapnya bisa baca di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya