Alasan dan Makna dari Mimpi Berhubungan Badan

Berhubungan seks
Sumber :
  • Asiaone

VIVA – Bermimpi menjadi satu hal yang umum terjadi di masyarakat. Sejumlah mimpi pun terkadang membuat kita takut atau bahkan bahagia. 

Dokter Boyke Ungkap Fetish Seks dengan Mayat hingga Penyebabnya

Misalnya saja bermimpi bertemu hantu atau bermimpi mendapatkan uang dalam jumlah besar. Tapi pernahkah Anda bermimpi tentang berhubungan seksual? Jika ya, ada baiknya membaca artikel berikut ini.

Dilansir dari laman Mens Health, terapis hubungan di GearHungry, Zoé Williams, menjelaskan mayoritas mimpi (90 persen) terjadi saat kita dalam keadaan tidur REM, tahap kelima dari tidur yang mengambil namanya dari Gerakan Mata Cepat yang dihasilkannya. 

Dokter Boyke Ungkap Ada Fetish Nyleneh, Terangsang Jika Cium Popok Bayi

Saat kita dalam keadaan ini, otak kita sama aktifnya dengan saat kita bangun di siang hari, meskipun para ilmuwan menghubungkan keanehan mimpi Anda dengan fakta, secara kimiawi, otak kita sepenuhnya terhubung kembali saat kita tidur. 

Lebih lanjut Zoe menjelaskan, area otak yang paling aktif selama REM adalah area yang mengontrol emosi, khususnya sistem limbik, yang bertanggung jawab untuk menciptakan dan mengendalikan emosi baik dan buruk.

Terpopuler: Negara Tanpa Malam hingga Olahraga Ringan Setelah Lebaran

"Bandingkan ini dengan bagian otak yang paling tidak aktif lobus frontal, yang bertanggung jawab atas aktivitas dan pikiran yang berfungsi lebih tinggi, dan Anda sekarang mengerti mengapa mimpi kita terkadang tidak menentu," kata dia.

Lebih lanjut, secara kimiawi, oksitosin (hormon cinta) menjadi pusat perhatian ketika mengalami mimpi kasih sayang atau ketertarikan seksual. Hipotalamus, inti yang mengawasi distribusi oksitosin terletak dekat dengan wilayah otak yang memantau gairah, dan yang lebih penting, kondisi tubuh saat tidur dan terjaga. Ini diteorikan sebagai salah satu alasan utama oksitosin begitu aktif selama tidur. 

Apa arti mimpi seks?

Photo :
  • U-Report

Psikoterapis, konselor pasangan dan penulis The Phone Addiction Workbook, Hilda Burke, mengatakan mimpi seks mungkin sebenarnya bukan tentang seks sama sekali, melainkan bisa menjadi cara untuk mengetahui emosi lain.  

"Jika Anda melihat simbolisme mimpi, ini adalah cara untuk menunjukkan koneksi dan bisa menjadi suatu kesatuan (tidak ada permainan kata-kata) dengan cara," kata Hilda Burke. 

Seperti yang dijelaskan Zoé, semua mimpi itu rumit, menjengkelkan, kabur, dan terkadang tidak logis. Burke menambahkan, memimpikan tentang hubungan seksual tidak selalu berarti Anda merindukan orang tersebut, tetapi ini bisa sesederhana saat Anda menganggapnya menarik secara tidak sadar. Di mana hal-hal menjadi sedikit lebih menarik adalah jenis mimpi seks yang Anda miliki dengan seseorang. 

Dia mengatakan, mimpi yang melibatkan figur otoritas (seperti guru atau bos) dapat menunjukkan keinginan untuk lebih mengontrol dalam hidup Anda. 

"Kontrol yang menurut Anda tidak dapat Anda berikan kepada diri sendiri, atau itu bisa berasal dari keinginan perhatian yang tidak Anda rasakan saat ini Anda dapatkan," kata Burke.

Mimpi seks di mana Anda memiliki jenis seks yang berbeda atau lebih suka berpetualang atau eksperimental yang biasanya dapat menunjukkan seseorang ingin melepaskan, dan keluar dari zona nyamannya, secara tidak sadar menginginkan kehidupan yang bebas dari penilaian diri sendiri.

Arti mimpi seks

Photo :
  • Times of India

Hilda menjelaskan apa mimpi seks yang paling umum dan apa artinya.

1.  Seks dengan seseorang dari masa lalu Anda

Hilda menjelaskan, jika Anda telah bekerja keras, impian Anda bisa saja menjadi kompilasi hari Anda. Ini hampir seperti pikiran Anda tidak dimatikan dan hanya melanjutkan apa pun yang Anda lakukan hari itu. 

Tetapi mimpi lain seperti berhubungan seks dengan seseorang dari sekolah yang belum pernah Anda lihat selama bertahun-tahun bisa lebih simbolis. 

"Saya tidak pernah ingin membayangkan tidur dengan orang ini IRL, itu bisa memiliki makna yang jauh lebih dalam," kata Hilda.

"Pikirkan, 'Apa yang diwakili orang itu? Seperti apa mereka di sekolah? Apakah mereka benar-benar populer atau yang culun? Bagaimana perasaanmu tentang itu?'" saran Hilda.  

2. Bercinta dengan selebriti

Hilda mengatakan ini adalah mimpi seks yang paling simbolis.

"Karena kami tidak mengenal mereka, apa yang kami pikirkan tentang mereka sangat menentukan nilai simbolis mereka. Kami memproyeksikan kualitas tertentu kepada selebriti," katanya.  

Jika impian Anda benar-benar hanya tentang selebriti yang Anda sukai dalam kehidupan nyata, maka itu tidak masalah. Tetapi jika tidak, Anda harus sekali lagi memikirkan tentang bagaimana mereka tampil sebagai pribadi dan bagaimana dengan mereka yang mungkin ingin Anda "dapatkan sedikit".

3. Berhubungan seks dengan orang lain selain pasangan Anda

Selingkuh dalam mimpi tidak selalu berarti Anda tidak bahagia dan ingin berhubungan seks dengan orang lain selain pasangan Anda. 

"Penting untuk mengetahui dengan siapa Anda selingkuh dalam mimpi," kata Hilda.  

Hilda melanjutkan, jika itu adalah seseorang yang Anda dambakan dalam kehidupan nyata maka itu bisa menjadi sesuatu yang tidak perlu Anda lihat  karena itu murni pemenuhan keinginan. Tapi, jika Anda membayangkan berhubungan seks  dengan orang acak yang tidak pernah Anda pikirkan secara seksual, maka Anda perlu memikirkan apa yang diwakili orang itu.

Dia mengatakan untuk bertanya pada diri sendiri apa sebenarnya yang Anda asosiasikan dengan orang itu. Mengetahui hal itu akan membantu Anda memahami mengapa Anda bermimpi tentang tidur bersama mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya