5 Alasan Perempuan Harus Pakai Pembalut Kain Saat Menstruasi

Pembalut kain
Sumber :
  • VIVA.co.id- Jo Kenaru/ Manggarai-NTT

VIVA – Sepanjang sejarah manusia, topik menstruasi perempuan menjadi rahasia dengan banyak stigma. Hal ini menyebabkan perkembangan model pembalut juga tidak sepesat benda-benda fashion lainnya. Namun penemuan tekhnologi terus mengejar dan pada tahun 1986 muncul pembalut menstruasi untuk pertama kalinya. 

Membudayakan Gaya Hidup Ramah Lingkungan dengan Panel Surya

Sekarang perempuan sudah akrab dengan berbagai macam jenis pembalut mulai dari pembalut sekali pakai hingga menstrual cup. Di antara jenis-jenis pembalut, pembalut kain menjadi salah satu pilihan primadona bagi perempuan karena bisa dipakai berulang kali dan tidak menyebabkan iritasi.

Salah satunya adalah pembalut kain merk Perfect Fit produksi kelompok perempuan Ite Molas, Manggarai,  Flores Nusa Tenggara Timur. Pembalut yang terbuat dari kain ini bisa menjadi alternatif saat datang bulan.

Merawat kulit dari Bahan Vegan

Berikuti ini lima alasan mengapa produk pembalut kain ini direkomendasikan buat kaum perempuan adalah:

Solusi bagi yang punya masalah kenyamanan dan menstruasi rawan ‘tembus’

6 Tips Keuangan Hemat dan Berkah di Bulan Ramadhan

"Produk Perfect Fit terbuat dari bahan kain pilihan yang terbukti mempunyai daya serap yang bagus dan tidak menyebabkan rasa lembab di daerah kewanitaan," ujar senior Project Manager Ayo Indonesia, Eni Setyowati ketika berbincang dengan VIVA, Rabu 2 Juni 2021.

Menurutnya desainnya dibuat mengikuti lengkung feminine perempuan sehingga menjamin kenyamanan saat pemakaian.

"Meskipun di kedua sisi wings atau bagian sayap dikait dengan kancing, pembalut tidak mudah bergeser ataupun lepas sehingga perempuan tetap bisa bebas beraktivitas," tuturnya. 

Eni yang adalah pencetus ide Perfect Fit menjelaskan, lapisan dry fit mengunci cairan darah menstruasi sehingga tidak gampang merembes keluar.  Setelah dipakai, pembalut direndam sebentar, noda darah keluar dengan sangat mudah sebelum dicuci seperti biasa.

Dibuat oleh perempuan untuk perempuan

Disebutkan Eni, Perfect Fit di desain dan diperkenalkan oleh tiga lembaga pemerhati perempuan yaitu Kopernik, SIMAVI dan Ayo Indonesia. Setelah itu dilanjutkan produksinya oleh kelompok perempuan KOMAT (Komunitas Menstruasi sehat). 

"Karena dibuat oleh sama-sama perempuan, Perfect Fit sangat memperhatikan kenyamanan, keawetan dan pemilihan bahan yang berkualitas. Pembalut dilengkapi dengan pouch cantik sehingga kebersihannya terpelihara sekaligus tampilannya tetap fashionable," ujar Eni.

Ramah lingkungan (zero waste)

Pembalut Perfect Fit masuk dalam kategori produk yang tidak menghasilkan sampah dan ramah lingkungan. Jangka waktu pemakaian bisa mencapai lebih dari dua tahun jika dirawat dengan baik. 

Bisa dibuat sesuai pesanan (costum made)

Perfect Fit mengerti jika perempuan mempunyai tingkat kenyamanan yang berbeda disesuaikan dengan tubuh dan model yang dikehendaki.  Oleh karenanya, calon konsumen bisa memesan ukuran yang disesuaikan dengan lebar pinggang, modifikasi model dan motif pembalutnya. Dengan pelayanan penjualan seperti itu, diharapkan perempuan bisa lebih percaya diri dan merasa lebih nyaman.

Mengusung konsep social entrepreneurship 

Perfect Fit berkomitmen untuk tidak hanya menjual dengan 100% profit oriented tetapi juga berkontribusi untuk perempuan lainnya. Perfect Fit aktif menyebarkan informasi lewat medsos, kegiatan off air seperti seminar, workshop dan lainnya.

Laporan: Jo Kenaru/ Manggarai-NTT

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya