Universitas Bakrie Jadi PTS Pertama untuk Kerjasama Bidang Pendidikan

MoU antara Bappenas, Universitas Bakrie, Central Queensland University Australia
MoU antara Bappenas, Universitas Bakrie, Central Queensland University Australia
Sumber :
  • Dokumentasi Universitas Bakrie

VIVA – Bertempat di Kementerian PPN/Bappenas, Rektor Universitas Bakrie Prof.Ir.Sofia W.Alisjahbana M.Sc.,Ph.D dan Rektor Central Queensland University Australia  Prof.Nick Klomp, melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kementerian PPN/Bappenas, yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Utama Menteri PPN/Bappenas Dr. Ir. Himawan Hariyoga Djojokusumo, MSc, 31 Mei 2021 lalu.

Penandatanganan MoU ini merupakan payung kerjasama antara Bappenas, Universitas Bakrie dan Central Queensland University Australia dalam pelaksanaan program pendidikan Double Degree MM-MBA. Melalui MoU ini, Bappenas akan melibatkan Universitas Bakrie dan CQU Australia untuk peningkatan kapasitas Pegawai Negeri Sipil melalui Double Degree Program 
MM-MBA.

Dalam sambutannya, Sekretaris Utama Menteri PPN/Bappenas Dr.Himawan menyatakan bahwa penandatanganan MoU ini sangat bersejarah karena Universitas Bakrie menjadi PTS pertama yang dipilih oleh Bappenas untuk penyelengaraan program dalam bidang pendidikan ASN di Indonesia. 

Dr. Himawan mengungkapkan bahwa dengan reputasi yang dimiliki oleh Universitas Bakrie, sebagai PTS terbaik ke-2 Indonesia berdasarkan perankingan Times Higher Education 2021, Program MM-MBA akan difokuskan pada kajian Public Private Partnership. 

Pemilihan kajian tersebut didasari oleh adanya kebutuhan praksis di Bappenas terhadap kajian PPP yang menjadi model implementasi proyek-proyek nasional. 

Lewat rilis yang diterima VIVA, Dr. Himawan juga menyampaikan bahwa saat ini Pusat Studi Geopark Universitas Bakrie juga telah menjadi mitra Bappenas dalam pengembangan dan pembinaan berbagai Geopark yang ada di Indonesia. 

Dengan adanya MoU ini, Dr.Himawan berharap adanya keterlibatan yang lebih dalam dari Pusat Studi Geopark Universitas Bakrie untuk mendukung Bappenas dalam mengimplementasikan Rencana Aksi Nasional Pengembangan Geopark Indonesia yang telah ditetapkan oleh Bappenas.