12 Tips Memilih Asuransi yang Tepat di Tengah Pandemi COVID-19

Ilustrasi asuransi
Sumber :

VIVA –  Pandemi COVID-19 yang sudah terjadi selama satu tahun ini membuat masyarakat semakin sadar untuk menjaga kesehatan. Hal ini lantaran, setiap orang tetap memiliki risiko terpapar COVID-19 terutama bagi mereka yang masih menjalankan rutinitas pekerjaannya.

Bukan hanya menjaga tubuh tetap fit saja, kesadaran masyarakat akan pentingnya memproteksi diri dengan asuransi juga meningkat. Data AAJI pada kuartal IV 2020 menunjukkan peningkatan pendapatan asuransi jiwa dari Kuartal III Tahun 2020 ke Kuartal IV Tahun 2020 sebesar 82%.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Bahkan dari data AAJI yang sama menunjukkan bahwa Total Pendapatan Premi Baru melalui saluran bancassurance meningkat dari Rp63 triliun di Kuartal IV Tahun 2019 menjadi Rp71 triliun di Kuartal IV Tahun 2020.

Minat masyarakat Indonesia terkait asuransi di tengah pandemi juga terungkap dalam Survei Manulife Asia Care 2020 yaitu, sebanyak 72% nasabah yang telah memiliki asuransi mengatakan bahwa mereka berencana membeli tambahan asuransi dalam 18 bulan ke depan.

Hal ini jauh lebih tinggi dari rata-rata di kawasan Asia yakni sebesar 62%. Keinginan responden di Indonesia untuk menambah perlindungan produk asuransi jiwa tercatat sebesar 30%. Lantas bagaimana tips memilih asuransi yang tepat di tengah pandemi COVID-19 seperti saat ini?

Begini Penampakan Mengerikan Belut Besar yang Ditemukan Hidup di dalam Perut Seorang Pria

Dilansir dari laman Moneycontrol membeli rencana asuransi kesehatan, tanpa memandang usia, adalah langkah cerdas untuk dilakukan. Investasi dalam asuransi kesehatan di tahun-tahun awal kehidupan agak bermanfaat dan melayani tujuannya di tahap selanjutnya. Namun, saat menemukan pertanggungan, penting untuk mengetahui beberapa poin berikut sebelum memilih polis.

1.Cari opsi cakupan

Pastikan Anda memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang termasuk dan tidak termasuk dalam sampul. Jelajahi Mediclaim/Family floaters, polis yang berfokus pada COVID-19, polis asuransi kesehatan komprehensif, rencana penyakit kritis antara lain

2. Rumah sakit terdaftar

Akan selalu lebih baik untuk mengetahui jaringan rumah sakit yang mengcover biaya pengobatan Anda dan periksa apakah sistem asuransi Anda akan mengganti uang yang telah Anda keluarkan jika Anda berobat di luar jaringan rumah sakit yang terdaftar

3. Bandingkan paket

Membandingkan paket kesehatan yang tersedia di pasar sangat penting untuk memutuskan apakah kebijakan tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda

4. Penyelesaian klaim lebih cepat

Penyelesaian klaim adalah 'Moment of Truth' untuk setiap perusahaan asuransi dan karenanya rasio penyelesaian klaim perusahaan asuransi harus diperiksa. Ini, bersama dengan rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan klaim, akan meyakinkan Anda tentang potensi perusahaan untuk menyelesaikan klaim dengan cepat dan mudah.

5.Pembayaran bersama, sub-batas, batasan sewa kamar

Anda harus memastikan bahwa polis dengan jelas menyatakan batasan ini, jika ada, dan idealnya memilih polis tanpa batasan sewa kamar dan tanpa batasan penyakit/prosedur

6.Memilih polis asuransi yang tepat

Setelah Anda memiliki gagasan yang lebih jelas tentang apa yang Anda cari dalam pertanggungan polis, pastikan bahwa Anda memahami berbagai polis yang tersedia dan apakah pertanggungan yang Anda pilih memenuhi kebutuhan individu atau keluarga yang Anda tentukan.

Salah satunya adalah Danamon dan Manulife Indonesia yang baru-baru ini meluncurkan produk Proteksi Prima Masa Depan (PPMD), asuransi dwiguna individu yang diperuntukkan mempersiapkan peninggalan berharga bagi keluarga maupun generasi masa depan.

"Asuransi dwiguna inovatif ini hadir sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat Indonesia untuk memiliki peninggalan berharga yang optimal demi kemapanan masa depan orang-orang tersayang. Asuransi ini juga memungkinkan pemegang polis memperoleh 100% dari Dana Masa Depan pada Manfaat Akhir Masa Pertanggungan serta tersedia manfaat meninggal akibat kecelakaan. Dengan memiliki produk ini, persiapan peninggalan berharga akan semakin terencana dengan baik terutama untuk generasi selanjutnya,” papar CEO & Presiden Direktur Manulife Indonesia, Ryan Charland dalam keterangannya.

Beberapa produk yang ditawarkan memiliki beragam keunggulan antara lain, Polis fleksibel yang dapat dilanjutkan untuk generasi penerusnya, polis bisa terbit hingga usia 70 tahun. Selain itu, total hingga 600% Dana Masa Depan berupa Manfaat Pembayaran Tunai Tahunan & Manfaat Akhir Masa Pertanggungan

Kemudian, tambahan manfaat tunai akhir ,masa pertanggungan hingga 1500% dana masa depan. Tersedia asuransi tambahan perlindungan jiwa, advanced life protector extra, dan tersedia manfaat kecelakaan.

7. Polis asuransi kesehatan komprehensif

Jika Anda mampu, Anda harus mempertimbangkan rencana kesehatan yang lebih komprehensif yang mencakup COVID-19 atau infeksi virus apapun, 30 hari sejak dimulainya polis. Paket kesehatan yang komprehensif akan menanggung untuk biaya rawat inap akibat penyakit akut atau kronis dan bahkan cedera yang tidak disengaja

8. Paket Kesehatan Individu

Paket ini harus dibeli atas nama masing-masing individu – pasangan, anak-anak, orang tua dll. Ini berarti, premi akan sesuai dengan usia masing-masing individu serta uang pertanggungan masing-masing dan tidak memengaruhi anggota keluarga lainnya jika satu individu harus mengajukan klaim

9.Family floater health plan

Pada dasarnya, lebih dari satu anggota dapat ditanggung dalam satu polis dengan uang pertanggungan yang akan mencakup semua anggota dalam keluarga

10.Kebijakan khusus COVID-19

Semua perusahaan asuransi kesehatan menawarkan kebijakan kesehatan ganti rugi standar yang diamanatkan IRDAI Corona Kavach. Namun, mereka yang mencari kebijakan jangka pendek dapat mempertimbangkan Corona Kavach.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Titik harga untuk kebijakan ini lebih rendah dari kebijakan kesehatan yang komprehensif dan dapat dibeli hanya untuk melindungi dari COVID-19 karena alasan keterjangkauan

11.Rencana penyakit kritis

Penyakit kritis selalu dikaitkan dengan peningkatan biaya pengobatan seiring dengan proses pemulihan yang lama dan mahal. Oleh karena itu, polis ini dirancang untuk memenuhi dukungan keuangan jangka panjang, karena polis tersebut membayar manfaat lump-sum kepada penanggung atas diagnosis penyakit Kritis yang terdaftar di bawah polis.

12.Paket top-up

Paket kesehatan Top-up atau Super Top-up adalah paket ganti rugi dengan uang pertanggungan yang lebih tinggi, jika biaya rawat inap melewati batas ambang tertentu yang disebut 'dapat dikurangkan', yang dipilih oleh pelanggan saat membeli kebijakan.

Biasanya, seseorang harus memilih paket kesehatan super top-up untuk meningkatkan cakupan yang ada. Polis top up memiliki harga yang wajar, menjadikannya terjangkau dan berguna jika terjadi klaim bernilai tinggi

Kebijakan Corona Kavach tidak boleh dianggap sebagai pengganti perlindungan kesehatan komprehensif yang normal. Sistem perawatan kesehatan cukup menantang untuk di navigasi di saat-saat terbaik. Tugasnya sedikit lebih membosankan selama pandemi.

Adalah bijaksana untuk berinvestasi dalam salah satu kebijakan untuk memastikan bahwa tabungan Anda tidak terkena pukulan besar jika terjadi keadaan darurat kesehatan yang tidak terduga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya