Bikin Kuliner Indonesia Mendunia, Pebisnis Ini Sukses di AS

Pebisnis Peter Then.
Sumber :
  • Ist.

VIVA – Pebisnis Peter Then, jeli melihat potensi industri kuliner Asia di Amerika Serikat. Warga Indonesia pemilik restoran Borneo Kalimantan Cuisine dan tiga restoran lain bernama Uncle Fung Borneo Eatery itu mengungkapkan, sebagai negara multikultur industri kuliner di negeri Paman Sam akan terus bisa berkembang.

UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi Pemudik di Pekalongan

Kepada pewarta, Peter Then yang akrab disapa Koh Apung ini, menceritakan awal mula dirinya berbisnis di Amerika Serikat karena dorongan teman-teman dekatnya.

"Awalnya itu saran dari orang-orang Indonesia yang tinggal di Amerika, teman dan kenalan. Mereka bilang, saya sudah cukup dikenal orang-orang Indonesia yang tingga di Amerika sini, menurut mereka bagus kalau buka restoran, pasti restorannya bisa ramai gitu. Jadi dipikir-pikir, wah boleh juga nih. Ya sudah dicoba gitu," kata pria kelahiran Pemangkat, 23 September 1967 itu. 

Fakta-fakta Menarik tentang Pakistan, Negara dengan Jumlah Muslim Terbesar di Dunia

Ia menambahkan, kejelian melihat kebutuhan konsumen menjadi kunci keberhasilan bisnis kuliner. Kemampuan menyesuaikan keinginan konsumen di negara multikultural dan meracik rasa makanan, diterapkannya sejak kali pertama membuka restoran.

"Targetnya dari awal bukan untuk orang Indonesia. Maksudnya tetep ada orang Indonesia yang akan datang tapi targetnya untuk untuk orang-orang lokal sini, orang Amerika sini. Karena orang Indonesia kan terbatas, orang sini lebih banyak gitu. Jadi targetnya lebih besar untuk konsumen Asia dan Amerika. Sekalian memperkenalkan ragam makanan Indonesia," ujarnya.

Membanggakan! 5 Makanan dan Minuman Indonesia Sukses Pikat Hati UNESCO, Terbaru Ada Jamu

Peraih Michelin Guide
Peter Then berjuang menjadikan menu makanan Indonesia mendunia. Salah satunya dengan mendapatkan Micheline Guide, panduan yang dikenal di seluruh dunia sebagai standar emas untuk peringkat dan ulasan restoran mewah.

Sebuah restoran yang mendapat satu penghargaan Micheline Guide, berarti restoran tersebut layak dijadikan sebagai destinasi makan-makan dan sebagai tempat tujuan melakukan perjalanan khusus hanya untuk makan di sana. Borneo Kalimantan Cuisine, melalui menu masakan khas Indonesia, sukses meraih penghargaan itu di tahun 2019. 

"Ke depan saya ingin memperjuangkan makanan Indonesia untuk dapat penghargaan yang jauh lebih besar lagi," ujarnya menargetkan.

Lebih lanjut Peter mengatakan, dia melihat potensi besar kuliner Indonesia di Amerika Serikat. Ia pun mengaku fokus dengan usahanya yang sekarang. Ia bersiap menjadikan restoran-restoran yang dikelolanya menjadi layanan lebih tinggi dari sekarang dengan standar premium.

"Banyak pelanggan yang kasih saran, mereka bilang makanannya enak. Bisa dikembangkan ke kelas yang lebih naik. Dan yang bilang ini orang Amerika, jadi saya yakin konsep dan makanan yang kami kembangkan bisa diterima oleh mereka," imbuhnya.

Peter mengungkapkan, dia memilih sajian Indonesia, Malaysia dan Singapura di restoran yang dikelolanya, bukan tanpa alasan. 

"Sebenarnya, kenapa kita memasukan nama Malaysia dan Singapura, karena kan saya dari Kalimantan yang dulu namanya Borneo. Kebetulan Kalimantan dan Malaysia dekat tuh dari segi rasa makanan-makannnya, jadi sekalian kita masukin nama Malaysia dan Singapura," tutur Peter Then.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya