Contoh Cover Makalah: Pengertian, Syarat, dan Poin-Poin Penting

Ilustrasi bekerja di rumah, ilustrasi makalah
Sumber :
  • www.pixabay.com/jeonghwaryu0

VIVA – Bagi mereka yang sedang berkecimpung di dunia pendidikan tentunya sudah tak asing lagi dengan makalah. Umumnya makalah merupakan sebuah karya ilmiah yang harus dikerjakan oleh siswa atau mahasiswa guna memenuhi tugas salah satu pelajaran.

Ambil Contoh Situasi Laut China Selatan, ISDS Gelar Lomba Penulisan Tentang Kedaulatan

Dalam makalah terdapat bagian yang cukup penting yaitu cover makalah. Nah,dibawah ini akan dibahas mengenai contoh cover makalah.

Contoh cover makalah banyak sekali jenisnya, mulai dari makalah penelitian, pendidikan, atau yang lainnya. Cover sangat penting karena inilah bagian pertama yang akan dilihat oleh guru atau dosen Anda. Maka tidak boleh membuat cover yang asal jadi.

Bill Gates Bersama 15 Ribu Ilmuwan Sebut Jadwal Kiamat Sudah Ada

Makalah merupakan sebuah media yang digunakan untuk menyampaikan hasil penemuan berupa riset maupun hasil pemikiran seseorang. Agar makalah terlihat bagus dan rapi, penulis harus memerhatikan cover makalah yang baik dan benar.

Meski kadang dipandang sebelah mata, cover makalah sangat penting untuk memberikan identitas bagi penulis.

Viral Aksi Mahasiswa Datangi Pernikahan Dosen, Bukan Bawa Kado Malah Makalah Laporan Penelitian

Lalu, bagaimana contoh cover makalah?

Pengertian cover makalah

Cover makalah merupakan bagian paling penting yang berada di depan sebuah karya tulis yang menyuguhkan informasi singkat, mengenai judul, logo, penulis, dan nama institusi.

Cover atau sampul makalah umumnya terdiri atas beberapa komponen. Namun, komponen tersebut biasanya berbeda-beda setiap institusi sesuai format yang digunakan.

Syarat Cover Makalah

Ketika Anda akan membuat sebuah cover makalah, maka sebelumnya Anda harus menentukan tema dan keseluruhan topik yang akan dibuat. Akan lebih baik, apabila Anda membuat cover makalah setelah penulisan makalah selesai dibuat. Sehingga pembuatan judul akan sesuai dengan isi makalah.

Pembuatan cover makalah di akhir sebagai antisipasi agar Anda tidak perlu melakukan revisi apabila ditemukan ketidaksesuaian isi dengan judul.

Namun, ada juga yang menyarankan bahwa penulisan cover makalah harus dibuat paling awal sebagai antisipasi bahwa cover juga bisa berperan sebagai batasan dalam menulis karya ilmiah. Untuk itu, perlu dilakukan perencanaan matang sejak awal saat akan membuat judul makalah.

Selain itu, cover makalah tentu harus berada di halaman awal. Cover makalah juga tidak boleh lebih dari 2 halaman, cukup dibuat 1 halaman saja dengan mencakup seluruh komponen yang dibutuhkan.

Poin-poin Penting dalam Cover Makalah

Terdapat beberapa poin-poin penting yang harus ada dalam sebuah cover makalah.

  1. Judul makalah

Semua cover makalah harus disertai dengan judul, agar terlihat dan terbayang apa yang ditulis dalam makalah. Judul diletakan di tengah dengan dicetak tebal atau bold untuk standar format Indonesia.

Judul merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh pembaca. Oleh karena itu, judul harus menarik, jelas, dan juga berkesinambungan dengan isi dari makalah. Umumnya font huruf pada judul cover makalah adalah Calibri, Arial, atau Times New Roman. Intinya sesuaikan dengan aturan di instansi Anda. Selain itu, standar penulisan Indonesia, judul menggunakan huruf kapital.

  1. Tujuan Makalah

Tujuan ini bukan merupakan bagian yang wajib dalam penulisan makalah di Indonesia. Bagian ini adalah bagian opsional yang dipilih oleh penulis terhadap karya tulisnya.

Tujuan makalah berisi alasan atau latar belakang mengapa makalah tersebut menjadi penting untuk penulis. Untuk penulisannya, menggunakan huruf yang lebih kecil dari judul makalah. Biasanya menggunakan ukuran font 12pt.

  1. Logo Makalah

Untuk standar penulisan cover makalah di Indonesia, logo menjadi bagian yang cukup penting dan harus hadir sebagai identitas dari sebuah institusi. Untuk penempatannya terletak di tengah cover dengan ukuran 5x5 cm untuk kertas yang berukuran A4.

Namun, Anda juga harus mengatur penempatan logo agar sesuai, sehingga tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Terkait dengan pemilihan warna, Anda harus menyesuaikan dengan aturan terkait, bisa menggunakan logo hitam putih ataupun berwarna.

  1. Penulis Makalah

Bagian ini merupakan bagian yang sangat penting. Semua orang yang turut dalam penulisan makalah berhak untuk dicantumkan Namanya secara lengkap dalam cover makalah.

Umumnya penulisan huruf menggunakan Times New Roman dengan ukuran 12pt. Fungsi dari pembubuhan nama ini sebagai identitas dari sebuah makalah dan akan memudahkan guru atau dosen dalam memberikan nilai kepada penulis.

  1. Nama Instansi

Selain itu, nama instansi juga perlu dimasukkan dalam sebuah cover makalah. Nama instansi bisa berupa nama jurusan, nama fakultas, dan nama universitas.

Penulisan nama instansi terletak di bagian paling bawah cover, setelah penulisan nama penulis. Nama instansi ditulis dengan huruf kapital dan dicetak tebal.

Apabila penulis masih berstatus sebagai pelajar, maka cukup cantumkan nama sekolahnya saja. Selain itu, di bawah nama instansi, umumnya dicantumkan juga kota tempat instansi tersebut berasal.

  1. Tahun Penulisan Makalah

Selain nama instansi, dalam sebuah cover makalah juga harus memuat tahun penulisan makalah yang terletak setelah nama instansi. Manfaat dari penulisan ini sebagai informasi untuk para pembaca mengenai tahun penulisan makalah. Dengan begitu, pembaca akan memilih makalah yang paling terbaru untuk risetnya.

Contoh Cover Makalah

Contoh 1

Contoh 2

Contoh 3

Contoh 4

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya