Arti Gabut Dalam Bahasa Gaul? Jangan Sampai Enggak Tahu Loh!

Arti kata gabut
Sumber :
  • pixabay.com

VIVA – Arti gabut dalam bahasa gaul yang sekarang sudah berkembangan di kalangan generasi milenial dan generasi Z, di Indonesia, Jangan sampai enggak tahu!

Lari Ibarat Bahan Bakar Roket

Photo :
  • pixabay.com

Arti gabut dalam bahasa gaul mungkin sudah tak asing di telinga kalangan muda di Indonesia, gabut sudah menjadi istilah yang lumrah, tapi tahukah kamu di balik terkenalnya kata gabut itu apa?

Ramalan Kiamat Bikin Orang Jadi Mager

Yuk Kenali Arti Gabut yang Dipakai Anak-anak Gaul di Indonesia

Selain gabut banyak Bahasa gaul seperti gabut,mager,atau baper,dan kata-kata gaul lainnya. Kata-kata tersebut termasuk kekayaan Bahasa yang ada di Indonesia. Bahasa gaul sering digunakan oleh anak muda zaman sekarang. Namun saking banyak kata-katanya, mungkin jadi bingung dan enggak tahu artinya. Tapi Bahasa gaul ini membuat percakapan terasa santai dan memudahkan pesan tersampai. Tahukah kamu apa arti kata gabut yang sebenarnya? 

Pandemi Usai, Gaya Hidup 'Mager' Mulai Ditinggalkan

Arti kata gabut adalah salah satu dari istilah Bahasa gaul yang popular di Indonesia. Selain kata gabut, masih banyak istilah-istilah lainnya yang berkembang di lingkungan anak muda. Nahh, berikut arti kata gabut dan kata gaul lainnya yang biasa kita dengar.

Gabut: Gaji Buta

Arti kata gabut merupakan gabungan dari dua kata yaitu gaji buta. Isitilah gaji buta ini sudah ada sejak lama, makna gaji buta sendiri yaitu seseorang yang berkerja namun tidak melaksanakan tugas-tugasnya tapi tetap menerima gaji.

Gabut : Tak Melakukan Apa-apa

Namun arti kata gabut mulai banyak digunakan kaum milenial dan generasi Z. Arti kata gabut semakin berkembang menjadi beberapa arti yang awalnya hanya dimaknakan sebagai gaji buta, tapi sekarang arti gabut untuk mewakili perilaku seseorang yang tidak melakukan aktivitas apapun dan bingung ingin melakukan apa. Arti kata gabut menggambarkan pada perasaan seseorang yang tidak jelas dan tidak tahu harus berbuat apa.

Nah ini beberapa arti Bahasa gaul Indonesia popular lainnya:

Mager


Umumnya, arti mager sendiri, merupakan singkatan dari 2 kata yaitu ‘males gerak’. Bahkan kata gaul yang satu ini sudah masuk dalam KBBI, lhoo. Menurut KBBI mager berarti malas (ber)gerak; enggan atau sedang tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas apapun.
Mager menggambarkan seseorang yang enggan atau tidak bersemangat melakukan aktivitas apapun. kebanyak orang mager malas untuk bergerak atau PW (posisi wenak) dan tidak ingin melakukan apapun.

Halu


Kata ini adalah singkatan dari halusinasi, biar lebih gampang dan cepet aja saat ngomongnya. Halu adalah pengalaman sensorik yang tampak nyata, namun sayangnya hal tersebut oleh pikiran .Halusinasi adalah perasaan dimana seseorang yang berfikir atau berakata terlalu tinggi tapi tak bisa dibuktikan kebenarannya.

Gaje


Gaje adalah singkatan dari Bahasa gaul dari kata gak jelas atau enggak jelas. Gaje sendiri menggambarkan keadaan tidak jelas atau tidak menentu. Arti gaje sendiri lebih merujuk pada situasi tertentu atau perasaan seseorang yang tidak jelas maunya apa.

Kicep


Kicep merupakan situasi dimana seseorang diem atau tidak bisa membalas perkataan lawannya. Nah, kicep juga masuk dalam KBBI, diartikan sebagai “diam karena takut atau gelisah.”

Bucin


Kata bucin tak asing untuk seseorang yang baru saja pacarana atau sedang jatuh cinta kepada lawan jenisnya, bucin adalah pendekan dari istilah budak cinta. Singkatan gaul ini lebih merujuk pada seserorang yang tergila-gila akan cinta, dimana orang tersebut mau melakukan apapun demi orang yang dicintai.

Baper


Baper adalah istilah yang sering digunakan ketika seseorang menganggap serius setiap perkataan orang. Istilah baper bisa muncul seseorang yang sedang difase PDKT, emosi, atau dalam situasi iba.
Baper adalah singkatan Bahasa gaul yang kepanjanganya adalah bawa perasaan. Istilah ini sering diucapkan ketikan seseorang yang memasukkan kehati atau perasaan segala ucapan atau perbuatan orang lain. Biasanya seseorang yang baper menggunakan emosi disetiap kejadian yang ia lalui. 

Takis


Takis merupakan istilah baru didalam Bahasa gaul, takis sendiri adalah kata yang dibalik dari kata ‘sikat’, kata ini sering digunakan untuk seseorang yang mencoba PDKT terhadap  lawan jenisnya.  Biasanya kata ini lebih dirujuk kepada laki-laki yang jatuh hati pada wanita disatu tempat dan pada pandangan pertama.

Mantul 


Mantul adalah singkatan gaul dari mantap betul. Kata ini sering digunakan sebagai apresiasi, seperti ungkapan kagum atau pujian kepada seseorang yang melakukan aktivitas yang tak biasa atau bisa juga digunakan ketika sedang mencicip makanan atau minuman tertentu.

Pansos


Pansos merupakan singkatan dari panjat sosial. Pansos dapat dimaknakan sebagai usaha seseorang dalam melakukan pencintraan diri agar mendapatkan perhatian dan memiliki status sosial yang tinggi.

Gercep


Merupakan singkatan dari gerak cepat. Singkatan ini adalah anjuran untuk melakukan sesuatu hal yang lebih cepat dari biasanya. Gercep adalah tanggapan yang cepat oleh seseorang terhadap sesuatu dalam melakukan suatu aktivitas atau kegiatan apapun.

Otw


Otw adalah kependekan dari Bahasa inggris yaitu “one the way” jika diartikan dalam Bahasa Indonesia adalah sedang dalam perjalanan, seperti itulah ucapan yang digunakan anak muda sekarang, jika ingim mengajak bertemu dan menanyakn posisinya sudah ada dimana. Namun arti kata otw sendiri sebenernya mencakup banyak hal.

Kepo


Kepo merupakan singkatan dari knowing every particular object. Bahasa gaul satu ini juga masuk kedalam KBBI, didefinisikan sebagai rasa ingin tahu seseorang kepada suatu hal kepentingan atau urusan orang lain. Kata ini diucapkan pada orang yang sangat penasaran terhadap suatu hal dan sangat ingin tahu dengan hal tersebut.

Komuk


Komuk merupakan singkatan gaul istilah dari kondisi muka. Kata komuk digunakana dalam Bahasa kehidupan sehari-hari dikalangan kaula muda mulai dari kaum melinial dan generasi Z untuk menggambarkan kondisi wajah seseorang.

Japri


Japri merupakan singkatan gaul, kata ini istilah dari ‘jalur pribadi’. Japri ini biasa digunakan seseorang saat seseorang saling berkomunikasi secara online seperti bertukar pesan secara pribadi, sms, whatsapp dan pesan dimedia sosial lainnya.


GWS


GWS adalah singkatan kalimat dalam Bahasa inggris yang memiliki kepanjangan “get well soon”. Yang memiliki arti semoga cepet sembuh. Kalimat ini biasa digunakan ketika ada teman atau kerabat yang sedang sakit atau tidak enak badan.

LOL


LOL adalah singkatan dari “loud of laugh” yang berarti tertawa keras (ngakak), kata ini digunakan sebagai pesan teks ketikan percakapan ada yang lucu.
Namum walaupun seseorang mengirim kata LOL, aslinya belum tentu mereka sedang tertawa dengan percakapan yang mereka bicarakan.

Woles


Woles ini merupakan kata balik dari selow, dan selow adalah plesetan dari slow dalah Bahasa inggris slow berarti lambat atau pelan, kata ini digunakan ketika seseorang sedang terburu-buru  atau dalam keadaan didesak untuk mengerjakan sesuatu atau melakukan aktivitas namun tidak suka untuk didesak.

Itulah arti kata gabut, mager, halu, gaje, kicep, bucin, baper, takis, mantul, pansos, gercep, OTW, kepo, komuk, japri, GWS, LOL, dan woles yang  sedang popular dikalangan anak muda diindonesia, kalian jangan sampai enggak tahu makna dari kata-kata gaul tersebut dizaman sekarang, khususnya untuk generasi milenial dan generasi Z.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya