7 Manfaat Ampas Kopi untuk Tubuh Hingga Tanaman

Ampas kopi
Sumber :
  • popsci.com

VIVA – Sebagian besar dari kita tidak akan bisa memulai hari tanpa secangkir kopi panas. Eit, jangan dibuang ampas kopinya setelah Anda menghabiskan secangkir kopi di pagi hari ya. 

Tiga Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang Brandstrom di Inggris

Nah, berikut ini sejumlah manfaat ampas kopi yang penting diketahui dikutip dari theasianparent, so jangan dibuang ya ampasnya. 

1. Sebagai pupuk 

Pupuk Kaltim Gelontorkan Rp 3 Miliar Gelar Safari Ramadhan 2024 di Bontang

Ampas kopi ternyata bermanfaat sebagai pupuk alami. Seperti kita ketahui tanaman juga membutuhkan nutrisi. Adapun zat yang dibutuhkan antara lain natrium, fosfo, magnesium, kalium, kalsium serta belerang. 

Dalam studi pada 2019 yang dilansir dari Medical News Today, ampas kopi efektif dalam peningkatan gizi tanaman selada. Selain itu juga ampas kopi bisa digunakan sebagai pestisida alami. 

Mudik Gratis BUMN, PKT Fasilitasi Ratusan Pemudik Rute Bontang ke Samarinda hingga Banjarmasin

2. Pengempuk daging

Karena kopi mengandung asam dan enzim proteasea yang berfungsi menguraikan serat dalam daging, maka ampas kopi bisa dijadikan sebagai pengempuk daging. 

Caranya: Balurkan ampas kopi pada daging dan tunggu sekitar satu jam. 

3. Untuk scrub 

Buat Anda yang suka merawat kecantikan, ampas kpi ternyata bisa dijadikan scrub atay eksfoliator alami. Butiran ampas kopi mampu mengangkat sel-sel kulit mati pada lapisan epidermis kulit. 

4. Penghilang bau

Kafein dalam ampas kopi ternyata dapat menumpas bau dengan cara menyerap molekul hidrogen sulfida dari udara. 

Selain itu ampas kopi bisa disimpan di kantong yang dapat digunakan sebagai pengusir bau pada sepati. 

5. Obat serangga 

Kopi ternyata mengandung senyawa yang ditakuti serangga yakni senyawa diterpen. Senyawa ini merupakan racun bagi serangga. Nah, jadi ampas kopinya pun dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengusir serangga. 

6. Mengurangi selulit 

Photo :
  • U-Report

Selulit bagi perempuan memang menjadi persoalan karena mengganggu penampilan. Na untuk mengatasinya bisa pakai ampas kopi loh. 

Kafein dari ampas kopi akan bekerja dengan merangsang enxim pemecah lemak atau proteasea untuk mengurangi selulit di epidermis kulit. 

7. Merangsang pertumbuhan rambut

Ampas kopi bisa digunakan untuk perawatan rambut loh. Bagaimana caranya ya? Campur ampas kopi dengan sedikit air hingga membentuk pasta, balurkan ke rambut dan pijat perlahan di kulit kepala. Tunggu satu jam lalu bilas dengan air bersih, lalu cuci bersih dengan shampoo. 

Artikel ini bisa juga dilihat di sini: 
https://id.theasianparent.com/manfaat-ampas-kopi?utm_source=apps&utm_medium=TAPXVIVA

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya