Niat Sholat Tahajud Lengkap dengan Etika dan Doanya

Ilustrasi berdoa
Ilustrasi berdoa
Sumber :
  • Pixabay/ Chiplanay

VIVA – Niat sholat tahajud adalah salah satu ibadah sunah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah kepada umat-Nya. Dikutip dari digilib.uinsgd.ac.id tahajud artinya bangun dari tidur. Dalam terminologi Al Quran, tahajud adalah ibadah tambahan yang dilaksanakan pada malam hari, baik di awal, tengah, atau akhir malam.

Mengenai sholat tahajud, Allah SWT berfirman yang artinya, “Dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Isra: 79).

Lalu, bagaimana niat sholat tahajud?

Waktu sholat tahajud

Waktu sholat sunah tahajud adalah sejak dari selesainya waktu sholat isya hingga sholat subuh. Selain itu, dalam surah Al Muzzammil ayat 3-4 Allah menjelaskan dengan perkataan “Separuh malam, kurang atau lebih”. Hal ini berarti bahwa Allah SWT menyerahkan kepada Rasulullah untuk memilih beberapa waktu sholat tahajud yang tepat sesuai dengan kelonggaran yang ada dalam diri Rasulullah.

Jika diinterpretasikan ke dalam waktu Indonesia, sepertiga malam itu kira-kira pukul 22.00 WIB, hingga pukul 23.00 WIB, seperdua malam diperkirakan sekitar pukul 00.00 WIB, hingga pukul 01.00 WIB, dan dua pertiga malam itu kira-kira pukul 02.00 WIB atau pukul 02.00 WIB hingga waktu sebelum fajar atau masuk waktu subuh.

Tapi, menurut hadis yang sahih, sebaik-baiknya waktu untuk melaksanakan sholat tahajud adalah pada sepertiga malam yang terakhir. apabila diinterpretasikan ke dalam waktu Indonesia yaitu sekitar pukul 02.00 WIB atau pukul 03.00 WIB, hingga sebelum waktu subuh.