8 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Paling Terkenal

Saung angklung Udjo.
Sumber :
  • angklung-udjo

VIVA – Perkembangan alat musik di dunia ternyata tidak memengaruhi pamor alat musik tradisional. Terutama bagi Indonesia yang kaya akan budaya dan keragaman alat musik tradisionalnya. Bahkan, ada beberapa alat musik tradisional Indonesia yang sudah mendunia dan diakui oleh masyarakat luar negeri.

PLN Siagakan 47 SPKLU Layani Pengguna Mobil Listrik di Sepanjang Tol Jateng, Ada Unit Charger Mobile

Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan budaya dan bahasa. Oleh karenanya, banyak alat musik yang bisa ditemui dan semuanya memiliki ciri khas masing-masing.

Alat musik tradisional

Pengemudi Mobil Marah-marah Usai Tabrak Dua Motor di Bogor
  1. Angklung

Photo :
  • Dokumentasi KBRI Seoul
Satu Jenazah Korban Kecelakaan KM 58 Tol Cikampek Teridentifikasi Wanita asal Bogor

Salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat ini sudah terkenal hingga mancanegara. Selain Jawa Barat, beberapa daerah di Indonesia juga banyak memainkan angklung seperti angklung Bali, angklung Banyuwangi, dan lain sebagainya.

Angklung terbuat dari bambu dan cara memainkannya dengan menggerakan tangan pada ujung bawah angklung. Setelah digoyangkan, maka bunyi angklung akan keluar. Hal ini karena benturan badan pipa bambu dan bunyi getar yang dihasilkan akan membentuk nada 2, 3, dan 4 nada dalam setiap ukuran bambu besar atau kecil.

  1. Kecapi

Photo :
  • Tangkapan layar instagram/yosep.pengrajinkendang

Kecapi adalah alat musik yang berasal dari Jawa Barat dan juga sudah dikenal oleh masyarakat luar negeri. Alat musik kecapi dimainkan sebagai alat musik utama dalam Tembang Sunda dan Kacapi Suling. Karena dimainkan dengan cara dipetik, kecapi dikategorikan sebagai alat musik kordofon.

  1. Gendang

Photo :
  • KBRI Lebanon

Alat musik tradisional ini mungkin sering didengar bahkan dijumpai. Gendang berasal dari Jawa Tengah dan merupakan salah satu instrumen dalam gamelan Jawa. Fungsi gendang dalam gamelan Jawa adalah mengatur irama musik gamelan. Oleh karenanya, gendang biasa dimainkan oleh para pemain profesional yang telah mendalami budaya Jawa.

  1. Kolintang

Photo :
  • Tangkapan layar instagram/putradwii

Kolintang adalah alat musik yang berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara dan alat musik ini juga sudah dikenal oleh masyarakat luar negeri. Bahkan permainan kolintang pernah memecahkan rekor dunia pada tahun 2009 lalu.

  1. Sasando

Photo :
  • http://len-diary.blogspot.co.id

Alat musik ini telah digunakan sejak abad ke-7 oleh masyarakat di Rote Nusa Tenggara Timur. Selain itu, alat musik yang mirip dengan gitar ini telah mendunia. Bagian utama sasando yang berbentuk tabung panjang terbuat dari bambu. Dalam bagian tengah alat musik ini berbentuk melingkar dari atas ke bawah.

Saat ini, alat musik sasando telah dimodifikasi sehingga menjadi alat musik elektrik. Meskipun dimodifikasi menjadi alat musik modern, sasando tetap mempertahankan bentuknya yang klasik. Di Indonesia sendiri, alat musik ini sudah terbilang langka karena berkurangnya minat anak muda.

  1. Slenthem

Photo :
  • Tangkapan Layar

Slenthem adalah salah satu instrumen musik dalam gamelan Jawa. Slentem terdiri atas lembaran logam tipis yang diuntai dengan tali dan direntangkan di atas tabung-tabung. Lembaran yang dipukul akan memunculkan dengungan atau gema yang berbeda.

Sama halnya dengan gamelan, alat musik ini terdiri atas versi slendro dan versi pelog. Slenthem slendro umumnya memiliki rentang nada C, D, E, G, A, C, sedangkan slenthem pelog memiliki rentang nada C hingga B.

  1. Tifa

Photo :
  • Tangkapan Layar

Alat musik yang berasal dari Maluku dan Papua ini juga sudah dikenal oleh masyarakat dunia. Alat musik ini dimainkan pada saat menggelar upacara adat atau pementasan tari. Tifa berbentuk klasik dan suaranya yang indah membuat alat musik ini banyak digemari oleh wisatawan lokal hingga wisatawan asing.

Tifa berbahan dasar kayu yang dilubangi pada bagian tengah. Cara memainkannya adalah dengan memukul bagian ujung tifa untuk mendengarkan bunyi yang dihasilkan.

  1. Gamelan

Photo :
  • gayahidup19.blogspot.com

Alat musik yang berasal dari Jawa Tengah ini kerap dijumpai di sekolah-sekolah sebagai mata pelajaran kesenian. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan dipukul menggunakan alat pemukul. Kata gamelan berasal dari bahasa Jawa gamel yang berarti memukul atau menabuh, diikuti dengan akhiran an yang menjadikannya kata benda.

Gamelan terdiri atas alat musik seperti kendang, bonang penerus, bonang burung, saron, rebab, dan demung. Orkes ini umumnya terdapat di pulau Jawa, Bali, Madura, hingga Lombok dengan berbagai jenis ukuran dan bentuk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya