Contoh Teks Eksposisi Beserta Ciri dan Strukturnya

Ilustrasi menulis I Photo by Jason Tharsiman on Unsplash
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Contoh teks eksposisi merupakan sebuah penyampaian pendapat yang tidak memiliki tujuan untuk memengaruhi. Dilansir dari repo.undiksha.ac.id teks eksposisi adalah sebuah paragraf atau karangan yang menyajikan sejumlah informasi dan pengetahuan yang disajikan secara akurat, singkat, dan padat.

Meneropong Kebijakan Kurikulum Merdeka

Selain itu, pendapat lain menjelaskan bahwa teks eksposisi adalah ragam teks yang memiliki fungsi untuk menyampaikan gagasan-gagasan yang berupa pemikiran mengenai sebuah topik. Penulis menyajikan teks eksposisi yang berisi gagasan atau fakta mudah dipahami oleh pembaca.

Untuk memperjelas uraian, penulis juga bisa melengkapi dengan grafik, gambar, atau statistik. Meskipun banyak orang yang menulis teks eksposisi hanya berisi tentang langkah/cara/proses kerja.

Mengembangkan Potensi Guru Melalui Platform Merdeka Mengajar

Contoh Teks Eksposisi

Ciri teks eksposisi

Pendidikan Inklusif: Menakar Pembaharuan Sistem Pendidikan di Indonesia
  • Akurat, singkat, dan padat.
  • Berusaha menjelaskan sesuatu.
  • Gaya bersifat informatif.
  • Fakta dipakai sebagai alat distribusi.
  • Fakta dipakai sebagai alat konkritasi.
  • Biasanya menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana.

Struktur Teks Eksposisi

  1. Judul

Judul harus menggambarkan sesuatu yang akan dibahas dalam teks Eksposisi. Judul harus ditulis menggunakan kata-kata yang singkat, menarik dan sarat akan makna.

  1. Pernyataan Umum atau Tesis

Bagian ini memiliki fungsi untuk memperkenalkan topik sekaligus menempatkan pembaca pada posisi tertentu. Karena dengan teks yang dipakai penulis itu akan mengemukakan pendapat, maka pembaca dapat berada pada posisi yang sependapat atau pada posisi yang bersebrangan dengannya.

  1. Argumentasi atau alasan

Bagain selanjutnya dari teks Eksposisi adalah argumen atau alasan. Panjang atau pendeknya bagian ini tergantung pada jumlah argumen yang telah Anda kenalkan secara garis besar di dalam pernyataan umum. Kemudian Anda sebutkan ulang dan menjabarkan argumen tersebut dalam beberapa paragraf. Pengembangan argumen ini bisa menjadi paragraf yang dilakukan melalui penyajian contoh dan alasan.

  1. Penegasan Ulang Pendapat (Simpulan)

Pengulangan tersebut bisa dilakukan dengan berdasarkan pada argumen yang telah disajikan di dalam bagian sebelumnya. Pengulangan opini bersifat pilihan, sehingga tidak semua teks Eksposisi memilikinya.

Contoh teks eksposisi

Contoh 1

Secara umum, peran pasar modal sangat besar, mencakup dua hal. Pertama, menjadi tempat pertemuan informasi tentang keadaan pasar sekuritas.

Kedua, menjadi tempat pertemuan dan alat untuk memahami pinjaman jangka panjang seperti obligasi dan saham. Dengan meningkatnya volume perdagangan dan bertambahnya jumlah perusahaan yang aktif di bursa menunjukkan bahwa perekonomian nasional akan semakin membaik, yang berarti keadaan ini dapat terjadi karena perusahaan memiliki peluang investasi yang lebih luas.

Pada akhirnya akan mendorong pertumbuhan investasi dalam produksi di peningkatan daya beli masyarakat berarti peningkatan produksi yang pada gilirannya akan mampu menciptakan lapangan kerja, dan pada saat yang sama perekonomian rakyat akan merata serta dapat meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi, keadaan ini adalah sebuah konsekuensi logis dari sehatnya aktivitas ekonomi yang ada di dalam masyarakat.

Contoh 2

Pendidikan adalah senjata ampuh untuk mengubah dunia. Karena pendidikan adalah sarana di mana kita bisa belajar banyak hal yang sangat bermanfaat.

Di Indonesia, tingkat pendidikannya cukup baik. Pemerintah menghabiskan banyak uang untuk membangun gedung sekolah dan menyediakan sekolah gratis.

Sekarang hanya siswa yang harus memiliki keinginan untuk belajar dan menyadari. Untuk membentuk semangat ini, mereka harus memberikan pelayanan terbaik untuk negara dan negara, karena pendidikan semakin diberikan oleh pemerintah.

Ketika fasilitas dan peran aktif mahasiswa disatukan, gelar di Indonesia kemungkinan akan lebih diakui dunia. Mungkin juga akan banyak investor asing untuk meningkatkan perekonomian dalam negeri. Guru yang berkualitas dan berkompeten juga akan sangat berperan dalam kemajuan pendidikan di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya