Doa Setelah Adzan Lengkap Beserta Manfaatnya

Azan di Pondok Pesantren Tajul Alawiyyin Pimpinan Al Habib Bahar Bin Smith.
Sumber :
  • Repro video.

VIVA – Adzan merupakan panggilan bagi umat Islam untuk melaksanakan sholat. Adzan berasal dari bahasa Arab yang secara linguistik berarti panggilan. Adzan dikumandangkan lima kali sehari untuk memberi tahu umat Islam tentang sholat wajib (fardhu) lima waktu.

10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

Pada awal sejarah Islam, ketika adzan belum dikumandangkan, para sahabat berdiskusi satu sama lain tentang bagaimana mengetahui waktu sholat.

Abdullah bin Zaid melihat dalam mimpinya bahwa adzan telah dikumandangkan. Dia kemudian memberi tahu Nabi SAW mimpinya tentang seorang pria yang menyuruhnya mengumandangkan adzan. Nabi SAW menjawab:

Luar Biasa, Ternyata Ini Tugas Nabi Muhammad SAW Diutus ke Dunia

“Ini adalah mimpi yang benar, maka bangunlah kamu bersama Bilal karena ia lebih merdu dan lebih panjang suaranya dibanding kamu, lalu kamu diktekan padanya apa yang dikatakan padamu (dalam mimpi).” (HR. Imam Abu Daud)

Doa Detelah Adzan

Buya Yahya Bongkar Hukum Memakai Baju Baru Ketika Lebaran, Ternyata Begini

Manfaat Doa Setelah Adzan

Membaca doa setelah adzan memiliki banyak manfaat. Manfaatnya adalah sebagai berikut:

  1. Menerima Syafaah (syafaat) Nabi Muhammad SAW

Jabir bin ‘Abdullah RA diriwayatkan bahwa barang siapa membaca doa ini setelah adzan dikumandangkan, maka Rasulullah SAW berkata:

“Dia akan menerima syafaatku di hari kiamat” (HR. Bukhari)

  1. Doa akan diterima

Sesungguhnya Allah SWT mendengar setiap doa. Namun, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan doa kita ditolak seperti ketidaktulusan, kesombongan atau kekurangan lainnya yang tidak terlihat. Ini mengajak kita untuk mencari waktu dan niat yang didorong untuk berdoa seperti yang diajarkan oleh Nabi dan pengikutnya yang saleh.

“Doa yang dibuat antara adzan dan iqamah tidak tertolak.” (HR. Imam Abu Daud)

Do'a setelah Adzan

Allahumma Rabba hadzihid-da‘wati at-tammati, wash-shalatil-qaimati, ati sayyidana Muhammad al-washilah wal fadlilah, wad-darajatar rafi’ah wab’atshu maqaman mahmudan alladzi wa’adtah, innaka la tukhliful-mi‘ad.

Artinya: “Ya Allah Tuhan yang memiliki seruan yang sempurna dan sholat yang tetap didirikan, kurniailah Nabi Muhammad wasilah (tempat yang luhur) dan kelebihan serta kemuliaan dan derajat yang tinggi dan tempatkanlah dia pada kependudukan yang terpuji yang telah Engkau janjikan, sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji, wahai Dzat Yang Paling Penyayang.”

Doa setelah adzan shubuh

Allahuma hadza iqbalu naharika wa idbaru lailika wa ashwatu du 'aika faghfir lii.

Artinya: "Ya Allah, ini adalah (saat) datangnya siang-Mu, dan perginya malam-Mu, dan terdengarnya doa-doa untuk-Mu, maka ampunilah aku."

Doa setelah adzan maghrib

Allahumma hadza iqbalu lailika wa idbaru naharika wa ashwatu du'aika faghfir lii.

Artinya:

"Ya Allah, ini adalah (saat) datangnya malam-Mu, dan perginya siang-Mu, dan terdengarnya doa-doa untuk-Mu, maka ampunilah aku,"

Doa lainnya untuk dibaca setelah mendengar Adzan

  1. Jawab Adzan

Dengan membaca kata-kata yang sama dari Muazin, kita menjawab adzan (panggilan untuk sholat). Bacaan ini dimaksudkan untuk dibaca selama adzan dan bukan setelah adzan itu sendiri. Nabi SAW disebutkan dalam sebuah hadis:

“Ketika kalian mendengar adzan maka ucapkanlah seperti yang sedang diucapkan muadzin.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

  1. Membaca Selawat atas Nabi Muhammad SAW

Allahumma salli 'ala Muhammad wa-'ala ali Muhammad

Membaca selawat setelah Adzan berdasarkan hadis berikut:

"Jika kalian mendengar muazin, maka jawablah seperti apa yang ia katakan, kemudian bershalawatlah untukku, karena barangsiapa yang bershalawat untukku, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Kemudian mintakanlah kepada Allah untukku alwasilah, karena ia adalah satu kedudukan di surga yang tidak pantas diperoleh kecuali untuk seorang hamba Allah; dan aku berharap, (bahwa) akulah hamba Allah itu. Barangsiapa yang memohonkan untukku alwasilah, maka akan mendapat syafaatku." (HR. Muslim).

  1. Ucapkan Do'a yang tulus

Yang dimaksud di sini adalah melafalkan doa secara umum. Seseorang dapat meminta kepada Allah SWT dari lubuk hatinya yang terdalam untuk kebaikan dunia dan akhirat, seperti meminta kesejahteraan, perlindungan dan pengampunan untuk diri kita sendiri dan orang tua kita. Selain itu, waktu ini juga dianggap sebagai salah satu waktu yang diberkati untuk berdoa.

Hujan lebat melanda Kota Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

Hujan Badai di Dubai: Muazin Ubah Lafadz Azan, Netizen: Merinding!

Ini merupakan rekor curah hujan tinggi yang turun di Dubai selama 24 jam terakhir hingga jam 9 malam. Sekaligus curah hujan terbesar dalam 75 tahun terakhir.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024