10 Cara Mengecilkan Paha dengan Mudah dan Anti-Gagal

Ilustrasi berolahraga/olahraga/berkeringat.
Sumber :
  • Freepik/drobotdean

VIVA – Cara mengecilkan paha sering kali menjadi tolak ukur dari bentuk tubuh yang membuat sebagian besar orang menjadi minder dan tidak percaya diri. Salah satunya adalah bentuk paha yang besar.

Nyeri-Pegal Usai Olahraga? Yuk Kenalan dengan DOMS

Bukan hanya berat badan yang umumnya menjadi perhatian banyak orang, bentuk paha yang ideal pun sering kali menjadi impian seseorang terutama bagi kaum Hawa.

Paha yang terlalu besar merupakan masalah yang cukup krusial bagi perempuan karena akan mengganggu penampilan. Salah satunya adalah mempersulit dalam mencari celana yang tepat sehingga terkadang menjadi kurang serasi.

Garmin Run 2024 Fasilitasi Peserta Disabilitas

Bahkan banyak orang yang rela melakukan apa saja demi mendapatkan bentuk paha yang ideal. Namun, pada dasarnya untuk mendapatkan bentuk paha yang ideal diperlukan olahraga dan latihan yang rutin. Selain untuk membentuk paha, olahraga juga memberikan dampak positif bagi tubuh salah satunya untuk kesehatan kita.

Apabila mengalami masalah demikian, jangan khawatir karena kami akan menyajikan beberapa cara mengecilkan paha yang dikutip dari healtline.com.

Terpopuler: Negara Tanpa Malam hingga Olahraga Ringan Setelah Lebaran

Cara mengecilkan paha

Mengatur pola makan

Menu diet

Photo :
  • Times of India

Sebelum melakukan beberapa olahraga yang akan dijelaskan, hal utama yang harus dilakukan oleh Anda adalah mengatur pola makan. Mengatur pola makan bisa mengecilkan paha dan betis. Mulailah dengan cara mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat, gula, dan makanan yang digoreng. Apabila Anda sudah mengurangi ketiga jenis ini, maka secara perlahan lemak yang ada di kaki dan betis akan berkurang.

Squat

squat

Photo :
  • U-Report

Squat adalah salah satu cara terbaik untuk bisa menghilangkan lemak yang dalam paha. Latihan ini sangat mudah dan praktis karena tidak memerlukan barang tambahan dalam melakukannya. Squat bisa dilakukan dimana saja termasuk di rumah. Caranya, berdiri dengan tegak, lalu kedua kaki dibuka dengan lebar. Setelah itu, posisikan kedua tangan di depan dan lutut di tekuk. Tahan beberapa detik hingga Anda merasa pegal. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai harapan.

Jogging

Jogging pakai masker.

Photo :
  • Times of India.

Jogging adalah salah satu olahraga kardio yang bisa dilakukan untuk mengecilkan bentuk paha secara alami. Ketika Anda berlari secara stabil, maka lemak yang terdapat dalam paha akan terbakar secara efektif. Lakukan olahraga ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal selama 30 menit. Selain itu, jogging juga akan melatih pernafasan kita agar selalu terjaga dengan baik.

Berenang

Berenang.

Photo :
  • U-Report

Olahraga sekaligus sarana rekreasi ini bisa juga dimanfaatkan untuk mengecilkan paha. Berenang akan melibatkan seluruh anggota tubuh seperti lengan, paha, kaki, hingga perut. Berenang dipercaya bisa mengecilkan paha secara alami karena adanya pergerakan pada paha atau kaki. Namun, agar tidak terjadi kram saat berenang, usahakan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu agar otot-otot menjadi lentur.

Sprint

Sprinter Indonesia, Muhammad Zohri melakukan sesi latihan di Stadion Madya, komplek Gelora Bung Karno

Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Lari cepat atau sprint umumnya dilakukan oleh orang-orang yang memiliki tubuh sehat dan proporsional. Karena spirt dilakukan secara cepat dan sangat efektif untuk membakar lemak yang ada di paha atau betis.

Yoga

Ilustrasi yoga.

Photo :
  • Pixabay/AndiP

Banyak sekali manfaat dari latihan yoga, seperti meditasi. Namun, latihan ini juga bisa dipakai untuk mengecelikan paha seperti pada gerakan warrior pose dan anantasana. Warrior pose adalah gerakan membuka lebar kedua kaki, di mana salah satu kaki ditekuk dan yang satunya lagi diluruskan ke belakang.

Kemudian anantasana adalah gerakan yang dilakukan dengan cara merebahkan tubuh pada posisi miring lalu kaki kanan digerkan ke atas dan digapai oleh tangan kanan. Tahan selama beberapa detik dan lakukan beberapa kali.

Naik turun tangga

Ilustrasi olahraga

Photo :
  • U-Report

Runititas naik turun tangga dapat mengecilkan paha karena bisa membakar lemak yang ada di paha dan betis. Apabila Anda sering melakukan gerakan ini, maka paha dan betis Anda akan mengecil dan lebih kencang.

Bersepeda

Ilustrasi olahraga bersepeda di masa pandemi

Photo :
  • vstory

Hobi bersepeda selain untuk menjaga kesehatan juga akan mengecilkan paha secara alami. Selain itu, hobi ini juga akan mengencangkan otot-otot paha dan betis karena pergerakan pedal sepeda. Bersepeda juga akan membuat pikiran Anda menjadi lebih fresh, menurunkan stress, serta melancarkan sirkulasi darah.

Lompat tali

Lompat tali.

Photo :
  • U-Report

Lompat tali atau yang lebih dikenal sebagai skipping adalah sebuah latihan yang sangat mudah dilakukan untuk mengecilkan paha dan betis secara alami dan cepat. Latihan ini bisa dilakukan dimana saja termasuk di rumah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan gerakan ini selama 20-30 menit setiap hari.

Calf raises

Calf Raises

Photo :
  • Tangkapan Layar

Calf raises adalah salah satu gerakan latihan yang dilakukan dengan cara berdiri tegak dan kaki dalam keadaan rapat. Setelah itu, angkat badan ke atas dengan cara mengangkat tumit sedikit ke atas layaknya gerakan balet dan gunakan ujung kaki sebagai tumpuan berat badan. Tahan gerakan ini selama beberapa detik dan lakukan beberapa kali untuk hasil maksimal.

Ilustrasi olahraga/push up.

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Pemanasan adalah serangkaian latihan ringan yang dilakukan sebelum berolahraga utama. Aktivitas ini membantu menyiapkan tubuh secara fisik dan mental untuk aktivitas yang

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024