17 Makanan Khas Sunda yang Paling Terkenal dan Menggugah Selera

Masakan Sunda
Sumber :
  • Instagram/Halte ke Halte

VIVA – Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan tradisi, budaya, dan sukunya. Salah satu suku terbesar di Indonesia adalah suku Sunda. Selain itu, kekayaan jenis makanan dan cita rasa yang kuat merupakan ciri khas makanan Indonesia.

10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

Hampir seluruh makanan yang ada di Indonesia menggunakan rempah-rempah seperti kemiri, cabai, lengkuas, jahe, kunyit, dan lain sebagainya.

Berbicara makanan Indonesia, Anda pasti sudah tak asing dengan makanan khas Sunda. Di daerah Sunda ini masih banyak makanan khas yang masih ditemukan sampai saat ini. Tak heran apabila Jawa Barat dijadikan sebagai sentra wisata kuliner bagi banyak orang.

4 Sosok Jenderal Bintang 4 Kelahiran Tanah Sunda, Pernah Jadi KSAD dan Panglima TNI

Selain itu, banyak orang yang beranggapan bahwa makanan khas Sunda identik dengan rasanya yang manis. Padahal jika kita menilik lebih dalam, makanan Sunda tidak didominasi oleh rasa yang manis, tapia da juga rasa yang gurih, asam, asin, segar, dan pedas.

Lalu, apa saja makanan khas Sunda?

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Nasi liwet

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Nasi liwet adalah makanan Sunda yang paling terkenal di beberapa kota di Indonesia. Nasi liwet dimasak menggunakan beberapa rempah seperti, bawang putih, bawang merah, salam, ikan asin jambal roti, hingga serai. Pada umumnya hidangan ini disantap dengan ikan asin sebagai pelengkapnya.

Karedok

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Hidangan selanjutnya yang juga tidak asing di telinga masyarakat Indonesia adalah karedok. Makanan ini terbuat dari bahan dasar berupa sayur-sayuran seperti kubis, tauge, kacang Panjang, terong hijau, dan timun lalu disiram dengan bumbu kacang. Semua sayur-sayuran ini dalam keadaan mentah sehingga akan menimbulkan rasa segar ketika dinikmati.

Lotek

Photo :
  • U-Report

Lotek tak jauh berbeda dengan gado-gado karena sama-sama menggunakan sayuran seperti kangkung, kol, dan tauge, lalu disiram dengan bumbu kacang. Yang membedakan lotek dan gado-gado adalah tambahan kencur dalam bumbunya. Selain itu, untuk menikmati lotek, masyarakat biasanya menambahkan lontong dan kerupuk.

Nasi tutug oncom

Photo :
  • U-Report

Dari namanya, makanan ini pasti beraromakan tradisional sunda, karena menggunakan bahan oncom. Makanan ini adalah sajian nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau oncom bakar. Nasi tutug oncom akan sangat enak dan gurih apabila dimakan dalam keadaan hangat. Kemudian untuk menu pelengkap lainnya adalah lalapan sayur, tempe goreng, ayam goreng, dan sambal terasi.

Nasi timbel

Photo :
  • U-Report

Makanan khas Sunda yang satu ini memiliki cita rasa yang unik dan kuat. Sebab, nasi timbel memiliki banyak versi yang dapat dipilih untuk menikmatinya. Keunikan dan cita rasa nasi timbel terletak pada sajiannya yang menggunakan daun pisang. Kemudian menu pelengkap dari nasi timbel adalah pepes ikan, ikan asin, ayam goreng, empal, dan tawes.

Tumis genjer oncom

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Tanah Sunda terkenal dengan bahan makan oncom, maka banyak sekali makanan yang menggunakan bahan ini sebagai pelengkapnya. Salah satu makanan yang menggunakan bahan ini adalah tumis genjer oncom. Cita rasa oncom dipadukan dengan rasa manis dan pedas yang terdapat dalam genjer yang memiliki tekstur lunak tapi renyah saat digigit. Makanan ini banyak disajikan oleh rumah makan Sunda.

Bakak hayam

Photo :
  • VIVA/ Lutfi Dwi Pujiastuti

Menu bakakak hayam adalah salah satu menu yang paling sering ditemukan di tanah Sunda. Bagi Sebagian orang, mungkin nama makanan ini akan terdengar lucu bahkan aneh. Tapi, meskipun begitu, makanan layak di coba oleh Anda. Bakakak hayam adalah sebuah makanan yang menggunakan bahan utama ayam utuh yang dibumbui oleh bumbu khas Sunda lalu dipanggang sampai matang. Selain itu, makanan ini juga harus dilengkapi dengan berbagai sambal seperti sambal merah atau sambal hijau.

Gepuk daging sapi

Photo :
  • Cookpad/dapurVY

Makanan khas Sunda ini ini pasti sudah tak asing lagi di telinga kita. Gepuk daging sapi adalah makanan yang sangat terkenal di tanah Sunda. Bahkan, makanan ini merupakan makanan wajib tersaji di rumah makan Sunda. Sesuai namanya, gepuk, terbuat dari daging sapi yang di geprek atau gepuk lalu dimasak dengan bumbu yang bercita rasa manis. Setelah itu, daging di ungkep hingga bumbunya meresap dan matang.

Photo :
  • http://astrimakanmakan.blogspot.com

Bandung adalah pusat kuliner yang ada di Jawa Barat, salah satu kuliner yang terkenalnya adalah soto bandung. Soto bandung merupakan masakan soto khas Bandung yang hampir mirip dengan dengan soto-soto di daerah lain. Perbedaannya terletak pada bahan utama yang menggunakan tetelan sapi dan bumbu yang digunakan biasanya menggunakan serai, lengkuas, jahe, garam, gula, bawang putih, bawang merah, dan merica. Selain itu, soto bandung juga biasanya disajikan dengan lobak yang telah direbus, daun seledri, daun bawang, dan bawang goreng.

Mie kocok bandung

Photo :
  • U-Report

Makanan khas Sunda selanjutnya adalah mie kocok Bandung. Mie ini menggunakan bahan dasar mie kuning yang dihidangkan bersama dengan kuah kaldu sapi. Kemudian makanan ini dilengkapi dengan tauge, bakso, irisan kikil, daun seledri, daun bawang, dan bawang goreng. Selain itu, banyak orang yang juga menambahkan babat sapi sebagai pelengkapnya. Makanan ini lebih enak apabila disantap dalam keadaan panas.

Kupat tahu

Photo :
  • U-Report

Kupat tahu adalah salah satu makanan yang mengombinasikan lontong dengan irisan tahu, tauge, dan bumbu kacang. Kupat tahu adalah salah satu makanan yang menyesuaikan selera orang-orang. Apabila ingin manis, tinggal menambahkan kecap, dan kalau mau pedas tinggal menambahkan sambal.

Asinan bogor

Photo :
  • Cookpad/Shamila Achyar

Asinan bogor adalah salah satu makanan yang paling terkenal di bogor. Makanan ini terbagi atas tiga macam yaitu asinan buah, asinan sayur, dan asinan campur. Asinan buah adalah jenis asinan yang paling banyak digemari karena rasanya yang sangat segar karena terdiri atas buah mangga muda, nanas, bengkoang, jambu, dan kedondong.  Sementara asinan sayuran terdiri atas kol, timun, sawi, tauge, daun antanan, wortel dan tahu.

Baso tahu

Photo :
  • U-Report

Baso tahu adalah salah satu makanan yang paling terkenal di Bandung. Baso tahu terbuat dari ikan tenggiri yang digiling dan dibumbui kemudian dimasukkan ke dalam tahu. Makanan ini biasanya disajikan dengan siomay, kentang rebus, telur rebus, kol rebus, dan pare. Cita rasa dalam makanan ini diperoleh dari bumbu kacang yang dipadukan di dalamnya.

Batagor

Photo :
  • U-Report

Makanan khas Sunda selanjutnya adalah Batagor, batagor dibuat dari bahan baku daging ikan tenggiri, telur, tepung sagu, dan kulit pangsit. Setelah itu untuk membuat cita rasa pada batagor ditambahkan bumbu yaitu garam, gula pasir, merica, dan bawang putih.

Semua bahan tersebut dibungkus menggunakan kulit pangsit lalu digoreng. Setelah matang, batagor kemudian disiram menggunakan bumbu kacang dan kecap manis.

Surabi

Photo :
  • U-Report

Surabi merupakan makanan yang berasal dari Jawa Barat. Surabi adalah kue yang terbuat dari tepung beras dan dibakar menggunakan tungku kayu. Nama surabi bahkan sudah dikenal hampir di seluruh kota di pulau Jawa.

Pada umumnya, surabi memiliki rasa asin dengan kombinasi telur dan sambal. Tapi, seiring berjalannya waktu, surabi disajikan dengan rasa manis dan toping pilihan seperti keju, susu, stroberi dan lain lain.

Tahu sumedang

Photo :
  • Instagram Rumah Makan Tahu

Sumedang merupakan salah satu kota yang terletak di Jawa Barat. Sumedang memiliki kuliner khas yang diberi nama tahu sumedang. Bahkan tahu ini sudah berada di beberapa wilayah luar Jawa Barat. Tahu sumedang sangat terkenal karena memiliki rasa yang gurih dan lezat dilengkapi dengan cabai rawit yang menggugah selera.

Cireng

Photo :
  • Cookpad/@heshidayat

Cireng merupakan kepanjangan dari ‘aci digoreng’. Makanan ini banyak dijumpai di seluruh pulau Jawa. Makanan yang terbuat dari aci atau tepung tapioka ini memiliki terkstur yang cukup kenyal tapi tidak alot.

Saat ini cireng sudah dimodifikasi dengan menambahlan isian seperti sosis, bakso, kornet, abon, ayam, dan lain-lain. Selain itu, untuk menambah cita rasa, cireng biasanya disajikan dengan bumbu kacang atau cabai rawit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya