6 Manfaat Memelihari Tanaman Kaktus di Dalam Ruangan

Ilustrasi tanaman hias/kaktus.
Sumber :
  • Freepik/senivpetro

VIVA – Menanam tanaman hias tengah menjadi tren di tengah pandemi. Selain janda bolong dan monstera, kaktus juga menjadi tanaman hias yang mulai banyak dilirik masyarakat untuk dipelihara. 

Berapa Lama Rata-rata Umur Hidup Orang Indonesia? Ternyata Sampai Angka Ini

Bukan hanya mempercantik sudut rumah, kaktus juga memberikan efek kesehatan untuk penghuninya. Apa saja manfaatnya? Berikut ini ulasannya.

1. Meningkatkan kualitas udara dalam ruangan

Ramalan Zodiak Kamis 18 April 2024: Taurus Alami Krisis Keuangan, Virgo Harus Menjauhi Orang Negatif

Kaktus menyerap karbon dioksida yang ada di dalam rumah dan mengubahnya menjadi oksigen segar dan bersih. Sebuah penelitian NASA dilakukan pada tahun 1973 lalu terhadap lebih dari 107 senyawa organik yang mudah menguap. 

Dalam penelitian tersebut, terbukti bahwa jumlah senyawa volatile organic compound turun drastis bahkan nyaris hilang.  Artinya, dengan memelihara kaktus di dalam rumah, ternyata bisa membantu meningkatkan kualitas udara di dalam rumah menjadi lebih baik.

Sidak Layanan Kesehatan Usai Libur Lebaran, Pj Wali Kota Tangerang Minta Jam Operasional Ditambah

2. Meningkatkan kebahagiaan

Memikiki tanaman seperti kaktus di dalam ruangan dapat membawa perasaan kita lebih tenang dan juga meningkatkan mood. Beberapa penelitian juga menyebutkan, tampilan kaktus yang mungil disebut bisa membantu menghilangkan stres dan juga mengurangi depresi terkait stres.

3. Membuat lebih produktif

Selain meningkatkan mood, manfaat meletakkan kaktus dalam ruangan juga bisa membuat Anda merasa lebih enerjik dan siap menjalani hari.

4. Mengajarkan tanggung jawab

Bagi si kecil, merawat kaktus di rumah akan memberi mereka kesempatan untuk belajar tanggung jawab saat mereka menyiram dan memeriksa
kondisi kaktus, seperti memastikan kaktus menerima cukup cahaya dan tidak terkena suhu yang dingin.

Untuk mengetahui ulasan selengkapnya klik tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya