3 Trik Dapatkan Beasiswa Kuliah Gratis, Nomor Dua Paling Penting

Ilustrasi sukses di jenjang pendidikan
Sumber :
  • http://panartproject.blogspot.com

VIVA – Keterbatasan biaya seharusnya tidak menjadi penghalang untuk meraih pendidikan tinggi. Masih ada cara yang bisa diupayakan untuk mendapatkan pendidikan tinggi secara gratis, salah satunya dengan mengikuti program beasiswa

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Namun sayangnya untuk mendapatkan beasiswa tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak upaya dan kerja keras yang harus dilakukan. Nah, untuk membantu kamu mendapatkan beasiswa kuliah yang diimpikan, berikut tiga trik yang bisa kamu coba. 

Rajin Cari Informasi Program Beasiswa
Kamu bisa bertanya pada pihak kampus. Biasanya kampus memiliki banyak koneksi dengan lembaga yang mengadakan program beasiswa. Jika ingin mendapatkan beasiswa kuliah gratis, jangan malas untuk mencari informasi seputar ini. 

Menko Polhukam Sebut 1.900 Mahasiswa Terindikasi Korban Perdagangan Orang di Jerman

Punya Prestasi Akademik yang Baik
Ini adalah poin yang sangat penting. Kebanyakan program beasiswa, biasanya menjadikan prestasi akademik yang bagus sebagai syarat utamanya.

Selain nilai yang bagus, kamu juga harus mencetak berbagai prestasi yang membanggakan selama kuliah. Termasuk, menguasai bahasa Inggris dengan baik 

Polri Bakal Keluarkan Red Notice 2 Tersangka TPPO Ribuan Mahasiswa ke Jerman

Penuhi Semua Persyaratannya
Penyelenggara beasiswa biasanya memberikan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Pastikan kamu telah memenuhi semua persyaratan yang diminta agar pengajuan beasiswa kamu bisa berjalan mulus.

Selain itu, kamu juga harus melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Di sisi lain, perusahaan teknologi ABB mengumumkan pemenang beasiswa Jurgen Dorman Foundation (JDF) 2021 di Indonesia.

Setelah melalui serangkaian seleksi ketat sejak awal 2021, empat mahasiswa Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung (STEI ITB) terpilih sebagai penerima beasiswa ABB-JDF 2021. 

Beasiswa tersebut meliputi biaya kuliah dan biaya hidup untuk maksimal lima tahun studi serta komputer pribadi di tahun pertama. Para penerima beasiswa tersebut, antara lain Fabian Savero Diaz Pranoto, I Gede Arya Raditya Parameswara, Marcellus Michael Herman Kahari, dan Maharani Ayu Putri Irawan.

Fabian merupakan mahasiswa STEI ITB angkatan 2019, sementara Arya, Marcellus, dan Maharani memulai studi mereka pada 2020.

Country Managing Director ABB Indonesia, Michael Hose, menyatakan kebanggaannya karena dapat membuka peluang bagi mahasiswa teknik di dunia untuk mengasah kemampuan dan meningkatkan keterampilan mereka melalui program beasiswa ABB-JDF. 

"Selamat kepada empat penerima beasiswa ABB-JDF tahun ini. Dan kami harap mereka dapat terus membuktikan diri sebagai mahasiswa-mahasiswa terbaik selama menempuh pendidikan di STEI ITB," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis 29 Juli 2021. 

ABB sendiri telah menyalurkan beasiswa melalui Jurgen Dorman Foundation for Engineering Education sejak 2007. Hingga kini, ratusan mahasiswa teknik dari belasan universitas mitra ABB di seluruh dunia telah tercatat sebagai penerima beasiswa ABB-JDF.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya