Pelaku UMKM Diajak untuk Bantu Perangi COVID-19

Produk perajin UMKM tas jinjing. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Perjuangan keras untuk melawan pandemi COVID-19 belum berakhir. Penanganannya pun memerlukan peran aktif seluruh komponen bangsa. Pemerintah bersama-sama dengan masyarakat dan dunia usaha, harus bergandengan tangan agar penanganan pandemi bisa berjalan baik. 

Indonesian Economy Has Strength to Face Middle East Crisis

Didorong atas rasa kepedulian terhadap kondisi bangsa, Gan Konsulindo Grup turut mengambil langkah untuk ikut serta dalam upaya penanganan COVID-19. Perusahaan tersebut, ikut berdonasi melalui gerakan Pengusaha Peduli NKRI - Kadin Bersama Yayasan Buddha Tzu Chi.

"Fokus kami apa yang bisa kita lakukan untuk melawan COVID-19. Pandemi bukanlah persoalan mudah, ini harus diselesaikan secara bersama-sama dan bergandengan tangan sehingga dapat meringankan masyarakat yang terdampak, juga saudara kita yang sedang berjuang melawan sakit," kata Grup CEO Gan Konsulindo, Anthony Gan, dalam keterangannya, Kamis 29 Juli 2021. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Anthony turut mengajak pelaku usaha, baik level konglomerasi hingga UMKM untuk mau menyisihkan sedikit dari hasil usahanya dan memberikan donasi kepada masyarakat terdampak. 

Terlebih menurutnya, UMKM merupakan fondasi penggerak perekonomian nasional dengan lebih dari 65 juta UMKM, sehingga memiliki potensi yang besar bila bersama-sama bergerak dalam upaya mulia ini.

Anindya Bakrie: Ekonomi RI Kuat Hadapi Krisis Timur Tengah

"Harapannya dengan keterlibatan pelaku UMKM ini akan bisa menggerakkan perusahaan dan individu lainnya untuk bisa berkolaborasi meringankan beban masyarakat. Sebelumnya, kami menggandeng perusahaan swasta lainnya mengusung kampanye sosial bertajuk ‘Berbagi Kehebatan Untuk Indonesia’ memberikan bantuan berupa kebutuhan harian," lanjut dia. 

Anthony menambahkan, sebagai UMKM saatnya memberi bukan hanya meminta. Menurutnya, kolaborasi pelaku usaha baik level perusahaan besar maupun UMKM, perlu dilakukan pada saat seperti ini sehingga masyarakat bisa terbantu. 

"Alangkah baiknya bahwa di saat seperti ini perusahaan baik UMKM maupun perusahaan besar berkolaborasi untuk bersama-sama berusaha mengatasi pandemi COVID-19. Tentunya untuk para perusahaan rintisan digital jika dapat berkontribusi, maka akan dapat membantu mengurangi permasalahan pandemi ini,"  kata Anthony. 

Sebelumnya, Ketua Umum KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid, mengapresiasi solidaritas para pelaku usaha yang tetap menunjukkan kepedulian di masa yang sulit ini. 

"Di mana solidaritas dan kepedulian kepada sesama tetap terpelihara, meskipun sektor usaha juga tengah berupaya bertahan dari imbas pandemi," kata Arsjad.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya