Seniman Bisa Jual dan Kenalkan Karyanya Lebih Luas dengan Cara Ini

Lukisan Bunga sumber foto Pixabay
Sumber :
  • vstory

VIVA – Para seniman cukup terdampak oleh pandemi COVID-19. Beberapa galeri seni di kota besar memilih tutup untuk sementara waktu. Kini, ada cara yang lebih modern untuk para seniman mengenalkan dan menjual karyanya.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Etika Pelajar di Dunia Digital"

Cara tersebut mengadopsi teknologi Blockchain. teknologi ini telah lebih dulu digunakan di beberapa Cryptocurrency. Seperti Bitcoin, Binance, Ethereum, dan yang lainnya. Teknologi disebut tepat untuk menghindarkan setiap data yang disimpan dari kejahatan pemalsuan maupun pencurian data.

Secara umum, Non Fungible Token, atau yang lebih dikenal dengan NFT. Merupakan suatu teknologi Blockchain, yang mana semua aset digital, bisa disertakan dengan data maupun copyright. 

Kata Kritikus Seni Rupa soal Lukisan Artificial Intelligence Karya Denny JA

Sehingga semua pemilik gambar, foto, video, maupun karya virtual lainnya, bisa menyimpan data-data yang dimiliki berkaitan dengan karyanya tersebut, ke dalam sebuah buku besar, bernama Blockchain.

“Apa itu NFT? non-fungible token atau disebut NFT, adalah aset digital unik yang hidup di internet dan dikelola dengan distributed ledger technology (DLT). Aset-aset digital ini memiliki nilai tertentu, lengkap dengan sertifikat keasliannya yang permanen yang tidak dapat dibatalkan. Oleh karena itu, meskipun ada secara online, aset tersebut tidak akan pernah bisa digandakan”, ujar Jimmy Saputra, selaku CEO PT Tiga token Digital.

Cara Hapus Jejak Digital, Cocok buat yang Suka Buka Situs Berbahaya

Kini teknologi NFT telah digunakan dalam sebuah marketplace khusus penjualan karya-karya dari para seniman, konten kreator, digital art dan yang lainnya. Marketplace NFT yang satu ini dikenal dengan nama Neftipedia.

Dikutip dari akun Instagram @neftipedia, dengan menggunakan marketplace NFT Neftipedia, para seniman diberi kebebasan untuk memasarkan karya mereka dengan pasaran yang lebih luas lagi. Bahkan bisa menjangkau kawasan negara-negara di dunia. Karya-karya tersebut bisa berupa gambar, video, foto, maupun karya visual lainnya. 

Selain itu NFT juga memberikan penawaran yang menarik lainnya. Diantaranya, setiap seniman yang memasarkan karyanya di marketplace yang satu ini juga, akan diberikan kesempatan untuk mentokenisasi karya mereka, sehingga bisa menjadi lebih otentik.

NFT juga memberikan banyak pilihan media artworks yang bisa ditokenisasi. Seperti gambar digital, video, GIF hingga barang-barang koleksi. Bahkan ke depannya, Neftipedia juga berencana untuk memasukkan fashion, musik, kendaraan, properti hingga lainnya ke dalam kategori media yang bisa ditokenisasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya