Mumpung PPKM, Ini 3 Cara Kembangkan Minat dan Potensi Diri

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Freepik/lookstudio

VIVA – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), yang terus diupayakan pemerintah membuat kita harus tetap produktif dari rumah. Selagi banyak beraktivitas di rumah, tak ada salahnya mencoba hal baru untuk mengembangkan bakat bahkan mencari hobi baru. 

Ada Destinasi Eduwisata Baru, Gemes! Bisa Dilatih Langsung Sama Pembatik Cilik

Lalu, kira-kira, apa saja inspirasi pengembangan dan potensi diri yang bisa kamu praktikkan di rumah? Berikut tiga cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan minat dan potensi diri, yang dipaparkan oleh Country Head of Operations Helo Indonesia, Indira Melik. 

Mencoba jadi konten kreator
Kemunculan platform digital membuat masyarakat memiliki banyak opsi untuk mencari sumber informasi. Media sosial membuka peluang bagi siapa saja untuk menjadi kreator konten yang memproduksi konten bersifat menghibur atau edukatif ke target audiens yang telah disesuaikan. 

Swiss German University Dukung Revolusi Industri 4.0 di Indonesia!

"Bagi kamu yang memiliki kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi yang baik, kamu bisa mencoba hal baru dengan menjadi kreator konten. Kamu bisa memulainya dengan mengunggah informasi atau konten yang orisinal, informatif, dan menarik tentang sesuatu yang kamu sukai. Di sini kemampuan storytelling kamu juga diasah, lho," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat 30 Juli 2021. 

Selain mengunggah konten yang informatif, Indira mengatakan, penting untuk terus memperbaharui pikiran dengan informasi terkini dan mengikuti tren setiap harinya. Cara paling mudah yang dapat dilakukan adalah dengan memantau topik-topik populer dan viral di kalangan masyarakat sebagai ide kontenmu.

Kiat Bijak Memilih Layanan Pinjaman Fintech: Produktif atau Konsumtif?

Mengeksplorasi hal baru sesuai minat
Lebih banyaknya waktu yang dihabiskan di rumah secara tidak sadar membawa dampak positif bagi kita. Waktu luang kini dapat kita manfaatkan untuk eksplorasi minat dan menemukan hobi baru. 

"Meskipun kondisi saat ini tidak menentu, pandemi bisa menjadi masa yang tepat untuk menggali minat. Kamu dapat mencari inspirasi, berbagi bakat, dan bahkan mengekspresikan kreativitas mulai dari kategori kuliner, komedi, hiburan, olahraga, sampai game," kata dia. 

Inspirasi juga dapat kamu gali di media sosial. Siapa tahu, semakin dalam mengeksplorasi dan memahami minat tertentu, kamu bisa mengambil kesempatan dan mencari peluang baru di tengah pandemi. Apalagi jika bisa mendapat pekerjaan sampingan dari minat personalmu, tentu ini akan sangat menyenangkan. 

Mengikuti diskusi komunitas untuk menambah wawasan
Diskusi seputar minat atau tren tertentu dengan mudah dilakukan secara virtual. Aplikasi Helo dapat menghubungkan pengguna dengan orang yang memiliki minat yang sama dalam satu diskusi komunitas.

Diskusi komunitas secara online dapat menambah wawasan dan teman baru. Dengan bertemunya orang yang memiliki minat yang sama, maka akan terjadi diskusi yang seru dan bermanfaat satu sama lain. 

"Helo memungkinkan terciptanya ruang diskusi yang menyenangkan bagi kamu, untuk belajar melalui konten tulisan, suara, video, bahkan humor (meme) yang menghibur," tuturnya. 

"Aplikasi ini adalah tempat yang menyenangkan bagi siapapun untuk mengembangkan potensi diri. Pengguna dapat terus up to date dengan fitur-fitur yang memberikan kemudahan akses topik yang sedang trending dan minat yang bisa dipersonalisasi," sambung Indira Melik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya