Alat Musik Harmonis yang Jarang Diketahui Beserta Contohnya

Ilustrasi bermain gitar.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Setiap alat musik memiliki fungsi, bunyi, dan karakter yang berbeda sehingga menjadi ciri khas tersendiri yang memberi warna dalam dunia musik. Selain itu, alat musik dibagi ke dalam beberapa kategori mulai dari fungsi, cara memainkan dan sumber bunyi dari alat musik tersebut.

Rujuk dengan Adlila Jelita, Indra Bekti Ngaku Sempat Canggung

Jika dilihat dari fungsinya, alat musik dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu alat musik harmonis, alat musik melodis, dan alat musik ritmis. Selain itu, dalam musik yang memiliki lirik, lirik menjadi unsur keempat setelah tiga fungsi alat musik tersebut.

Sementara itu, melodis merupakan sekumpulan nada yang terdapat di dalam musik yang dikelompokkan secara bersamaan dengan suatu entitas. Contohnya, dalam sebuah band rock, bas, gitar, serta keyboard ketiganya memainkan melodinya masing-masing. Bahkan, drum juga memiliki melodinya sendiri.

BUMN Diharap Jadi Contoh Pelaksanaan Hubungan Industrial yang Harmonis

Kemudian, harmonis merupakan persatuan antara nada-nada dalam waktu bersamaan sehingga membentuk satu kesatuan yang kohesif. Misalnya dalam orkestra, pemain flute akan memainkan satu nada, pemain biola akan memainkan nada yang berbeda, dan pemain trombon akan memainkan nada yang berbeda pula. Ketika ketiga musik tersebut dimainkan dan terdengar bersama, saat itulah musik harmoni tercipta.

Lalu, apa saja alat musik harmonis?

Terpopuler: Keyakinan Satanik Soal Konflik Palestina-Israel sampai Cara Jaga Keharmonisan di LDR

Alat musik harmonis

Alat musik harmonis biasanya adalah alat musik yang dapat menghasilkan tiga nada atau lebih dalam waktu bersamaan. Susunan-susunan nada tersebut lalu diberikan nama chord. Jika dilihat berdasarkan karakteristiknya, alat musik harmonis dapat pula berfungsi sebagai alat musik melodis. Tapi, tidak semua alat musik melodis dapat dimainkan sebagai bagian dari alat musik harmonis.

Gitar

Ilustrasi bermain gitar.

Photo :
  • U-Report

Gitar adalah salah satu alat musik harmonis yang sangat populer dimainkan dalam berbagai macam genre. Alat musik senar tersebut menjadi alat musik harmonis dan juga termasuk ke dalam alat musik melodis. Ketika menjadi alat musik melodis, gitar dimainkan dengan cara dipetik satu persatu.

Keyboard

Keyboard Musik

Photo :
  • Yamaha Musik Indonesia

Keyboard adalah modernisasi dari piano. Cara memainkannya sama dengan menekan tuts hitam putih yang akan menghasilkan nada. Namun, keyboard memiliki program yang dapat menghasilkan berbagai suara dari instrumen lain (seperti drum, terompet, piano, gitar, dll.).

Cello

VIVA Militer: Serda Nurul Aisawa Mainkan Alat Musik Cello

Photo :
  • Youtube TNI AD

Alat musik petik lain yang masuk dalam alat musik harmoni adalah cello. Cello mirip dengan biola secara fisik dan cara memainkannya, hanya saja ukurannya lebih besar. Pitch yang dihasilkannya juga sering lebih rendah daripada biola. Cello adalah alat musik yang sering dimainkan dalam setiap pertunjukan musik klasik di Eropa.

Biola

Biola

Photo :
  • Pixabay.com

Dalam orkestra, biola merupakan salah satu alat musik petik yang dominan. Dari segi fisik, biola memiliki empat senar, dan setiap senar memiliki nada sendiri-sendiri, yaitu G-D-A-E bila disesuaikan dengan pengaturan standar. Biola akan memiliki nada dasar G, dengan pengaturan ini.

Harpa

Konser harpa Maya Hasan

Photo :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

Harpa adalah alat musik yang kerap dimainkan pada sebuah pementasan musik klasik. Harpa memiliki jumlah senar yang cukup banyak, mulai dari 22 senar hingga 47 senar. Senar-senar tersebut selanjutnya dipetik memakai kedua tangan agar menghasilkan nada.

Harmonika

Photo :
  • Pixabay.com

Terlihat jelas dari namanya bahwa alat musik ini memiliki teknik karena dapat dimainkan hanya dengan meniupnya atau menghisapnya memakai mulut. Walaupun terlihat lebih sederhana, tapi sebetulnya alat musik ini cukup sulit untuk dimainkan. Harmonika sering kali dimainkan sebagai alat musik harmonis dalam musik-musik country, solo, atau ansambel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya