Makna Logo Hari Pramuka Ke-60 yang Dirayakan Tanggal 14 Agustus

Logo Pramuka
Logo Pramuka
Sumber :
  • Dok.pramukadiy.or.id

VIVA – Hari pramuka diperingati setiap tanggal 14 Agustus. Tahun 2021 ini, hari pramuka jatuh pada, Sabtu, 14 Agustus 2021. Logo hari pramuka 2021 yang ke-60 tahun secara resmi Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka telah diumumkan. Perlu diketahui juga bahwa logo ini memiliki makna yang sangat mendalam.

Inilah Makna Logo Hari Pramuka Ke-60 yang Dirayakan Tanggal 14 Agustus 2021

Berikut makna logo hari pramuka yang ke-60 Tahun Gerakan Pramuka melalui SK Kwarnas yang dikeluarkan per tanggal 23 Februari 2021 yang dilansir dari laman Kwartil Daerah Gerakan Pramuka Yogyakarta:

  1. Warna Merah memiliki arti berani dan kesatria, sedangkan putih memiliki arti rela dan tulus dalam berbakti.
  1. Angka 60 melambangkan tahun keenam puluh hadirnya Gerakan Pramuka, dengan angka “6” yang tangkainya berkombinasi daun nyiur yang menunjukkan kecintaan Pramuka pada tanah air.
  1. Lambang WOSM di tengah angka “0” menunjukkan Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan di lndonesia dan satu-satunya yang diakui oleh organisasi kepanduan dunia.

Dalam logo 60 tahun Gerakan Pramuka yang ditetapkan oleh Kwarnas tersebut tertera pula slogan yang berbunyi “Berbakti Tanpa Henti,” yang tentunya bermakna seluruh anggota Gerakan Pramuka selalu siap sedia untuk berbakti sampai kapanpun.