8 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut agar Lebih Berkilau

Lidah buaya.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Manfaat lidah buaya untuk rambut mungkin tidak banyak disadari oleh orang-orang. Padahal lidah buaya merupakan salah satu obat yang sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai kondisi rambut selama ribuan tahun. Tanaman ini juga sangat mudah ditemui di Indonesia.

5 Minuman Sehat Sebelum Tidur untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Lidah buaya sangat aman digunakan secara langsung ke rambut kamu. Namun, apabila tidak ingin repot-repot mengolah lidah buaya, kamu bisa membeli produk yang sudah jadi seperti gel rambut. Lidah buaya mengandung banyak vitamin A, C, E, dan B12, asam lemak, asam amino esensial, zinc, dan mineral tembaga.

Sebab, memiliki rambut yang sehat tanpa ketombe adalah harapan setiap orang, maka tak heran apabila setiap orang mencari cara untuk merawatnya. Salah satunya dengan memanfaatkan khasiat dari lidah buaya. Nah berikut manfaat lidah buaya yang dikutip dari berbagai sumber.

Tiga Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang Brandstrom di Inggris

Lalu, apa manfaat lidah buaya untuk rambut?

Memperbaiki rambut yang rusak

Potret Terakhir Babe Cabita Sebelum Meninggal Dunia, Botak Tanpa Rambut Kribonya

Rambut rusak biasanya ditandai dengan kekeringan, kekasaran, dan ujung bercabang. Kondisi ini dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari, penggunaan produk perawatan rambut yang salah, atau seringnya menata rambut.

Kamu bisa merawat rambut rusak dengan mengoleskan lidah buaya. Sebab, kandungan vitamin dan kolagen yang tinggi pada lidah buaya dipercaya dapat memperbaiki rambut rusak. Inilah manfaat lidah buaya untuk rambut selanjutnya.

Mengatasi rambut berminyak

Manfaat lidah buaya adalah mengatasi rambut berminyak. Biasanya, masalah rambut berminyak terjadi karena produksi minyak berlebih di kulit kepala dan sisa produk perawatan rambut yang kamu gunakan.

Cara mendapatkan manfaat lidah buaya sangat sederhana. Oleskan saja lidah buaya sebagai masker rambut alami secara menyeluruh pada rambut. Kemudian diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini secara rutin dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

Merangsang pertumbuhan rambut

Seperti yang kita ketahui bersama, manfaat lidah buaya untuk rambut adalah untuk merangsang proses pertumbuhan rambut. Saat kamu mengoleskan lidah buaya ke rambut dan kulit kepala, aliran darah ke kulit kepala akan meningkat. Hal ini akan membantu mempercepat pertumbuhan rambut.

Membuat rambut lebih mudah diatur

Manfaat lidah buaya berikutnya adalah membuat rambut lebih lembut dan mudah diatur. Cara mendapatkan keuntungannya sangat mudah. Oleskan saja lidah buaya ke seluruh helai rambut hingga kulit kepala, pijat sebentar, diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air.

Mencegah dan mengatasi ketombe

Lidah buaya mengandung sifat anti jamur yang dapat mencegah dan mengobati ketombe di kulit kepala. Perawatan lidah buaya ini membantu menghilangkan ketombe dari kulit kepala lebih cepat. Tak heran jika banyak produk sampo yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan utamanya.

Mengurangi Rambut Rontok

Manfaat lidah buaya selanjutnya adalah untuk mengurangi kerontokan rambut, oleskan lidah buaya ke akar rambut sesering mungkin dan pijat perlahan secara bersamaan. Dengan begitu, akar rambut akan lebih lembab, dan rambut tidak akan mudah rontok, dan rambut akan lebih tebal.

Mengurangi rasa gatal di kulit kepala

Lidah buaya juga bisa bermanfaat untuk mengurangi rasa gatal pada kulit kepala kamu. Rasa gatal pada kulit kepala dapat diakibatkan oleh dermatitis seboroik atau ketombe. Ketombe merupakan sebuah kondisi yang terjadi karena kulit kepala mengelupas dan meradang. Akibatnya munculah ketombe dan peradangan tersebut dapat dikurangi dengan cara memakai lidah buaya untuk rambut.

Mengatasi rambut kering

Lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengatasi rambut kering. Hal ini disebabkan oleh aloe vera yang mengandung pelembab alami sehingga akan membuat kulit kepala dan rambut lebih lembab. Selain itu, sebuah studi telah menemukan bahwa tanaman lidah buaya memiliki kandungan asam lemak dan bersifat antiradang sehingga dapat membuat kondisi kulit kepala terasa lebih baik.

Demikianlah manfaat lidah buaya untuk rambut. Semoga bermanfaat!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya