Rayakan HUT RI, Mengenal Sosok WR Supratman Melalui Cara Ini

Film WR Supratman
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam memperingati HUT RI. Salah satunya adalah mengenal lebih dekat dengan para pahlawan. Ada satu acara yang bisa mendukung hal itu.

Momen Penonton Auto Nyanyi Dari Sabang Sampai Merauke Saat Lagu Kebangsaan Prancis Digaungkan

Adalah pameran Melodi Bangsaku yang diselenggarakan Museum Sumpah Pemuda. Mengingat pandemi yang masih melanda Indonesia, acara tersebut diadakan secara daring.

Pamerean tersebut akan menyuguhkan informasi mengenai WR Supratman. Seperti diketahui, W.R. Supratman adalah pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya. Ia memperkenalkan pertama kali lagu kebangsaan Indonesia Raya pada momentum penutupan Kongres Pemuda II 28 Oktober 1928 di Gedung Indonesische Clubgebouw yang kini telah menjadi Museum Sumpah Pemuda.

Makin Go International, JO1 Ingin Nyanyikan Lagu Bahasa Indonesia dan Kolaborasi dengan Musisi Lokal

Selain Indonesia Raya, W.R. Supratman juga menciptakan beberapa lagu lainnya yakni Ibu Kartini, di Timur Matahari, dan Dari Barat sampai ke Timur. Karya-karya WR Supratman menyentuh seluruh lapisan masyarakat agar senantiasa mencintai Tanah Air Indonesia.

W.R. Supratman merupakan seorang wartawan di era pergerakan nasional yang bekerja untuk surat kabar Tionghoa, Sin Po. Ia berjuang dengan biolanya, menjadi inspirasi bagi para pemuda-pemudi Indonesia untuk mengabdi bagi bangsa dan negara secara konsisten dan tanpa pamrih.

Kejutkan Penggemar, WayV Bawakan Lagu Indonesia Milik Kaleb J

"Berbicara mengenai Wage Rudolf Supratman atau W.R. Supratman rasanya tepat dan sesuai dengan momentum Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia kali ini yang mengusung tema Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh. W.R. Supratman adalah sosok tangguh yang mencerminkan nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme," kata Direktur Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek), Hilmar Farid, Ph.D, melalui keterangan tertulisnya.

Pameran daring ini berlangsung mulai 19 Agustus sampai dengan 24 September 2021. Pembukaan
Pameran ini disiarkan melalui kanal YouTube Muspada pada hari Kamis, 19 Agustus 2021.

Rangkaian pembukaan pameran ini juga akan dimeriahkan dengan penampilan kesenian musik dan tari oleh Voice Corner Vocal Group Madiun, Color Guard Jawa Timur, Goong Prada Management, BTM Dance Crew, serta penampilan teatrikal Kongres Pemuda oleh Cinemaxxi Teater Surabaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya