5 Negara Produsen Berlian Terbesar di Dunia, Mana Saja?

Ilustrasi berlian.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Berlian pertama di dunia diyakini terbentuk 900 tahun lalu dan pertama kali ditemukan di India pada abad keempat sebelum masehi (SM). Namun, negara mana saja yang kini menjadi produsen berlian terbesar di dunia?

10 Negara Terluas di Dunia, Indonesia Ada di Urutan Berapa?

Berlian sendiri merupakan salah satu jenis batu permata yang sering kali digunakan sebagai perhiasan, seperti kalung dan cincin. Karena daya tahan dan kilauan keindahannya, 80 persen berlian yang ditambang digunakan untuk keperluan penelitian dan aplikasi industri.

Menjadi bahan terkeras di bumi, berlian kerap digunakan untuk memotong, menggiling, maupun mengebor bahan keras lainnya. Menurut data dari Statista, sekitar 147 juta karat berlian ditambang pada tahun 2018 dengan nilai pasar di seluruh dunia mencapai US $76 miliar.

7 Negara yang Miliki Toilet Netral Gender di Dunia, Mayoritas di Asia!

Melansir NS Energy Business, berikut ini 5 negara yang merupakan produsen berlian terbesar di dunia.

1. Rusia
Rumah bagi sumber daya berlian terkaya dan terbesar di dunia, Rusia menempati urutan teratas dengan lebih dari 12 tambang terbuka. Memulai penambangan sejak tahun 1947, Rusia kini berhasil memuncaki daftar produsen berlian terbesar.

Bakal Stop Beroperasi di Medan, SPBU Shell: Terima Kasih Buat Semua Pelanggan Setia Kami

Berdasarkan volumenya, negara ini juga merupakan pengekspor berlian kasar terbesar di dunia. Pada tahun 2014, Rusia berhasil menambang 38-39 juta karat berlian, sementara pada tahun 2018, jumlahnya meningkat hingga 43 juta karat.

2. Botswana
Produsen berlian terbesar di Afrika, Republik Botswana menduduki urutan kedua sebagai produsen berlian terbesar di dunia. Sejak tahun 1870-an, sebagian besar batu permata berkualitas telah ditambang di Afrika.

Pada tahun 2017, nilai ekspor berlian dari negara-negara Afrika di pasar dunia telah mencapai nilai US $9,65 miliar. Eksplorasi berlian di Botswana dimulai pada tahun 1950-an, tetapi penambangan baru resmi dimulai pada tahun 1971. Meski menempati urutan kedua, berlian yang ditambang di Afrika memiliki kualitas yang lebih baik dari Rusia.

3. Republik Kongo
Menempati urutan ketiga, diperkirakan ada sekitar 700.00 penambang artisanal yang bekerja di pertambangan yang ada di sana. Walaupun menempati urutan ketiga, jumlah produksi berlian di Republik Kongo mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir.

Akan tetapi, di samping penurunannya, negara ini memiliki potensi untuk menghasilkan lebih banyak berlian. Sebab, hingga saat ini, penambangan hanya dilakukan dalam skala kecil dengan area eksplorasi yang kecil juga.

4. Australia
Memulai penambangan sejak 1981, Australia telah menambang jutaan karat berlian setiap tahunnya. Tambang berlian terbesar di sana, Argyle, yang terletak di wilayah Kimberley Timur di Australia Barat, merupakan produsen berlian terbesar Negeri Kanguru itu.

Setiap tahunnya, Argyle bisa memproduksi hingga 12 juta karat berlian indah dengan warna-warna alami.

5. Kanada
Berada di urutan terakhir dalam daftar produsen berlian terbesar di dunia, Kanada telah memulai penambangan sejak tahun 1998 setelah menemukan kandungan berlian di sebuah pipa di Wilayah Barat Laut tahun 1991.

Pada tahun 2013, Kanada berhasil mengekstraksi 10,6 juta karat berlian senilai US $1,9 miliar. Tahun 2018, produksinya meningkat menjadi 23 juta karat bernilai US $2,7 miliar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya