Unik, Edukasi Finansial untuk Anak Muda Berbentuk Pentas Musikal

Pentas bluMusical.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Belum lama ini, acara musikal bertajuk bluMusical tayang perdana bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus 2021.

Dari TikTok ke Kehidupan Nyata: Kisah Inspiratif Aisyah, Kreator Affiliate Sukses Bantu Keluarga

Menariknya, karena dipersembahkan oleh BCA Digital, acara musikal yang tayang di YouTube dan Instagram ini sarat dengan pesan-pesan edukasi finansial untuk para anak muda Tanah Air.

Mereka juga berkolaborasi dengan musisi Yura Yunita untuk menghadirkan bluMusical, di mana Yura didapuk sebagai vokalis dan pemeran utama.

Volume Transaksi BRImo Capai Rp 1.251 Triliun di Kuartal I-2024

Telah ditonton oleh lebih dari 150 ribu kali di berbagai platform media sosial, bluMusical menceritakan 10 anak muda dari berbagai latar belakang, yang memiliki beragam mimpi dan cita-cita, mulai dari niat menabung untuk bersekolah S2, membuka bisnis sendiri, hingga mengumpulkan dana pensiun untuk ayahnya.

Bingung harus mulai dari mana, para anak muda itu mendapat bantuan dari Yura Yunita yang mengajak mereka untuk #MulaiLangkahmu dengan berbagai tips-tips yang menarik dan bantuan dari aplikasi mobile bankingblu.

Indonesia Jadi Penghasil Sugar Daddy Terbanyak ke-2 di Asia Tenggara

Tak sendirian, Yura turut mengajak beberapa ikon anak muda inspiratif, seperti Jehian Panangian Sijabat sebagai CEO Menantea, Raymond Chin sebagai CEO Ternak Uang, dan Eva Alicia sebagai pelukis, content creator, sekaligus pengusaha muda, untuk berbagi cerita dan pengalaman.

Menurut Nurul Susantono, Director bluMusical #MulaiLangkahmu, inspirasi penulisan naskah musikal ini berangkat dari isu yang dekat dengan kehidupan sehari-hari.

“Bercermin dari momentum ketika beredar isu viral bahwa usia 25 tahun seharusnya sudah mempunyai uang Rp100 juta, banyak sekali sudut pandang menarik dari milenial yang turut mewarnai diskusi di media sosial," ucap Nurul.

"Kami mengambil sudut pandang yang berbeda-beda untuk 10 tokoh milenial yang akan berpetualang di zona blu. Dalam prosesnya, kami juga mendalami bagaimana hadirnya blu, dengan fitur-fiturnya, dapat menjadi tools bagi para milenial untuk mencapai tujuan finansialnya dengan lebih mudah dan menyenangkan,” tambahnya.

Ia juga mengatakan bahwa bluMusical dibuat bertujuan untuk meningkatkan literasi finansial generasi muda Indonesia dengan cara yang dinamis dan menyenangkan. Musikal ini juga penuh dengan pesan-pesan penyemangat dan inspiratif, yang mengajak penonton untuk memulai langkah demi mencapai tujuan-tujuan hidupnya dengan semangat #YangPentingLakuin.

Sebagai informasi, menurut survei terbuka yang dilakukan tim BCA Digital pada awal Agustus 2021, 61 persen responden mengaku telah familiar dengan topik manajemen keuangan, namun tidak bisa menjelaskan atau menerapkan praktiknya dengan baik dalam keseharian. Sementara 34 persen mengaku bingung dan belum memahami cara mengatur keuangan.

“Melalui bluMusical, kami berharap bisa terus mengedukasi para nasabah dengan pendekatan yang lebih menyenangkan tentang literasi finansial, sekaligus memperkenalkan berbagai fitur dalam aplikasi perbankan blu yang bisa membantu mereka mengelola keuangan dengan lebih baik, agar bisa mencapai tujuan-tujuan hidupnya," ucap Lanny Budiati, Direktur Utama BCA Digital.

Yang perlu diketahui pula, nominal tabungan janganlah dijadikan fokus utama dari pencapaian cita-cita. Seperti yang diungkapkan oleh Raymond Chin, CEO TernakUang, di acara bluMusical.

“Semua orang itu unik, punya talenta dan tujuan masing-masing. Yang penting bukan hanya berapa nominal uang yang ada di rekening kita, tapi juga sejauh apa kita bisa berkembang. Apalagi kalau bisa membantu orang lain dan membuat mereka semakin berkembang juga,” ujar Raymond.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya