Teks Ceramah: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri, Struktur, dan Contohnya

Ilustrasi Berbicara
Sumber :
  • pixabay.com

VIVA – Ceramah merupakan salah satu kegiatan yang kerap dijumpai dalam kehidupan sehari-hari misalnya di kantor, rumah ibadah, sekolah, serta dalam berbagai lingkup kegiatan formal lainnya. Teks ceramah berisi deretan paragraf yang mengandung sebuah informasi tentang sesuatu atau pengetahuan yang harus disampaikan kepada masyarakat atau pendengar.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Kegiatan berbicara di muka umum untuk membahas atau menyampaikan suatu hal dinamakan sebagai ceramah. Melalui ceramah, kitab isa membagikan dan memberikan informasi yang cukup penting untuk diketahui oleh khalayak ramai.

Lalu, Apa Itu Teks Ceramah?

Polda Metro Jaya Dalami Soal Laporan Dugaan Penistaan Agama Pendeta Gilbert

Pengertian Teks Ceramah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia V online, ceramah adalah pidato oleh seseorang di hadapan banyak pendengar, mengenai suatu hal, pengetahuan, dan sebagainya. Adapun untuk orang yang melakukan ceramah dinamakan sebagai penceramah.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Seorang penceramah diharuskan untuk memiliki wawasan dan ilmu pengetahuan luas atau merupakan pakar yang telah menguasai bidang terkait. Kegiatan ceramah ditujukan supaya didengar oleh orang-orang. Sebuah teks ceramah juga biasanya mengandung pesan yang berisi nasihat, petuah, dan petunjuk.

Tujuan Teks Ceramah

  1. Memberikan informasi mengenai sebuah hal sehingga pendengar bisa memahaminya.
  2. Mengajak pendengar supaya mengikuti apa yang disampaikan.
  3. Untuk menggembirakan pendengar.
  4. Untuk meyakinkan pendengar mengenai apa yang dibicarakan.
  5. Guna melukiskan atau menggambarkan tentang sebuah keadaan.
  6. Guna menceritakan suatu hal kepada para pendengar.

Ciri-Ciri Teks Ceramah

Teks ceramah memiliki berbagai ciri-ciri sebagai pembeda dari teks-teks yang lainnya. berikut adalah ciri-ciri teks ceramah:

  1. Seorang penceramah merupakan seseorang yang memiliki keahlian khusus atau pakar pada bidang terkait.
  2. Mengandung suatu hal yang penting untuk diinformasikan dan dijelaskan kepada khalayak ramai guna memperluas pengetahuan.
  3. Adanya komunikasi dua arah atau banyak arah antara penceramah dan pendengar yang berupa dialog atau tanya jawab.
  4. Mengandung ajakan atau persuasi untuk mengubah sikap atau tindakan mengenai materi yang dibicarakan.
  5. Memiliki fakta dan data untuk memperkuat topik pembicaraan.
  6. Mengandung argumen yang bisa menguatkan topik pembicaraan.

Struktur Teks Ceramah

Pembuka

Pada struktur ini terdapat pengenalan isu, masalah, pengetahuan sampai pandangan penceramah tentang topik yang akan dibahas.

Isi

Berbentuk rangkaian argumen penceramah mengenai topik yang dibicarakan dalam pembuka. Pada bagian ini biasanya menjelaskan pula tentang fakta dan data untuk memperkuat argumen.

Penutup

Berupa penegasan kembali tentang apa yang telah disampaikan dalam ceramah. Hal ini memiliki tujuan supaya tidak memberikan kekeliruan dari apa yang dibicarakan dan supaya diingat oleh pendengar.

Contoh Teks Ceramah Covid-19

Pembuka

Selamat siang. Terima kasih Tuhan atas cinta dan kasih sayang-Nya. Terima kasih juga kepada semua orang yang memberi saya kesempatan untuk memberikan pidato. Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan peran pemuda dalam memerangi Covid-19.

Isi

Kita sering mendengar komentar atau pertanyaan tentang kontribusi anak muda untuk negara dan negara. Komentar ini sering merendahkan. Tapi ini bukan hari yang kecil. Saya percaya bahwa peran negara dan negara tidak hanya berupa tindakan besar atau luar biasa. Peran bisa berupa tindakan kecil dan sederhana, tetapi sangat berarti. Kita bisa memulainya dari lingkungan sekitar rumah masing-masing. Sebagai generasi muda, mohon ingatkan orang tua atau orang yang lebih muda dari kita untuk selalu mematuhi prosedur kesehatan. Liga pemuda di kampung halaman saya juga meluncurkan kampanye penyemprotan disinfektan. Mereka melakukannya secara sukarela.

Tindakan sederhana lainnya yang dapat kita lakukan adalah menyaring informasi untuk keluarga dan komunitas kita. Anak muda zaman sekarang sangat dekat dengan teknologi. Anda tahu lebih jelas informasi mana yang dapat diandalkan dan mana yang salah. Remaja dapat berbagi cara mendeteksi misinformasi atau informasi palsu. Hal ini sangat masuk akal, karena misinformasi tentang Covid-19 dapat membahayakan nyawa banyak orang.

Penutup

Karakter-karakter ini mungkin sederhana dan terkesan tidak heroik, tetapi sebenarnya sangat berarti. Terus gunakan kemampuan mereka. Jangan abaikan ujaran kebencian yang menyerang semangat anak muda. Hanya ini yang bisa saya katakan. Tetap sehat dan semoga harimu menyenangkan.

Contoh Teks Ceramah Narkoba

Pembuka

Assalamualaikum wr. wb.

Puji syukur mari kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya, kita dipertemukan dalam pertemuan yang penuh berkah ini, dan Tuhan menghendaki. Kedua, kita panjatkan shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membimbing kita dari kegelapan menuju jalan yang baik.

Isi

Akhir-akhir ini penggunaan zat-zat terlarang seperti narkoba semakin meningkat. Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat-obatan terlarang. Barang haram tersebut masih banyak dijual di Indonesia.Sebagai warga negara yang baik dan orang yang percaya kepada Yang Maha Kuasa, sebaiknya kita menjauhi barang haram tersebut. Narkoba tidak hanya merusak organ tubuh, tetapi juga merusak keyakinan dan keyakinan kita. Yang pasti, ganjaran neraka bagi pecandu narkoba tidak diragukan lagi.

Penutup

Dapat disimpulkan bahwa narkoba adalah komoditas ilegal dan akan menempatkan kita dalam situasi yang buruk, jadi kita tidak boleh mencoba. Sekian yang dapat saya sampaikan, terima kasih atas perhatiannya, tidak lebih.

Wassalamualaikum wr. wb.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya