10 Cara Memandikan Kucing Agar Tidak Berontak

Ilustrasi kucing.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Mungkin di antara kamu kesulitan untuk memandikan kucing. Nah ini ada tips dan cara memandikan kucing agar tidak berontak saat dimandikan.

Viral Pemudik Taruh Kucing di Atap Mobil, Netizen: Kendaraan Elit Kandang Sulit

Kucing merupakan hewan peliharaan yang sangat menggemaskan. Mulai dari tubuhnya yang imut dan juga tingkah lucunya yang bikin geleng kepala.

Di sosial media, tidak sedikit yang membuat konten tentang kucing. Mereka mengabadikan kesehariannya, hingga tingkah uniknya yang bikin tertawa dan menjadi moodbooster tersendiri.

Bocor? No Worries! Merk Cat Ini Berikan Solusi dan Tips Ampuh

Tentu saja bagi kamu yang memiliki kucing harus sangat perhatian terhadap kebersihan kandang dan Kesehatan kucing ya. Agar terhindar dari penyakit dan tetap terawat.

Salah satu merawat kucing yaitu dengan menjaga kebersihan badannya. Memang untuk memandikan kucing sangat sedikit kesusahan karena tidak menyukai air, atau tidak suka dimandikan.

Kenali dan Waspadai Kejahatan Digital yang Sering Terjadi

Maka dari itu ada Sebagian pemelihara kucing lebih memilih untuk dimandikan di petshop. Namun tentu hal tersebut sangat menguras dompet kamu.

Untuk menghemat pengeluaran, kamu bisa memandikan kucing peliharaanmu di rumah dengan tips dan cara tertentu agar tidak berontak saat dimandikan yang dikutip dari berbagai sumber.

Tips dan cara memandikan kucing agar tidak berontak

1. Memilih waktu yang tepat

Pastikan untuk memandikan kucing kamu dalam keadaan perut sudah terisi, sudah makan sebelum mandi.
Jadwalkan waktu mandi saat kucing sedang keadaan tenang dan lembut. Salah satu waktu yang bisa dipilih setelah kucing kamu bermain. Setelah bermain kucing akan merasa kelelahan sehingga waktu tersebut tepat untuk dimandikan.

2. Pastikan kuku kucing sudah terpotong

Untuk perlindungan kamu, ASPAC (American Society for the Prevention of Cruelty to Animals) merekomendasikan memandikan kucing ketika kuku tajamnya sudah terpotong. Maka sangat disarankan untuk memotong kuku kucing terlebih dulu demi keamanan kamu saat memandikannya.

3. Gunakan bulu sikat lembut dan tutup telinga kucing

Siapkan bulu sikat kucing yang lembut dan jangan lupa menutup telinga kucing dengan kapas yang lembut agar air tidak masuk ke lubang telinga. 

4. Gunakan air hangat

Untuk memandikan kucing kamu, gunakan ember plastik besar dengan air hangat yang cukup untuk memandikan kucing. Karena kucing tidak menyukai atau sensitif dengan air dingin. Pastikan air hangat bukan panas. Dengan menggunakan air hangat, maka mampu meminimalisir pemberontakan pada kucing.

5. Hati-hati ketika menyiram tubuh kucing

Gunakan selang semprot untuk membasahi kucingmu. Pastikan untuk tidak menyemprot langsung ke telinga, mata, dan hidung kucing. Kamu juga bisa menggunakan gayung sebagai alternatif.

6. Gunakan sampo khusus kucing

Gunakan sampo khusus kucing dan pijat dengan lembut tubuh kucing kesayanganmu. Lakukan dari kepala ke ekor, ke arah pertumbuhan bulu. Hati-hati untuk menghindari bagian wajah, telinga, dan mata.

7. Bilas secara menyeluruh

Bilas sampo kucing secara menyeluruh dengan selang semprot atau gayung. Pastikan airnya mengalir ke seluruh tubuh kucing hingga bagian kaki dan kukunya. 

Jangan sampai meninggalkan busa yang masih menempel pada tubuh kucing. Karena bisa menimbulkan iritasi kulit dan menjadi magnet bagi kotoran. Jangan sampai terkena bagian mata dan telinganya ya.

8. Bersihkan bagian wajah

Gunakan waslap untuk menyeka bagian wajah kucing kamu. Pakai air biasa tidak masalah selama wajahnya tidak terlalu kotor. Kalau menggunakan sampo pastikan cairannya lebih encer, jangan terlalu banyak sampo, hati-hati di sekitar mata dan telinganya karena sangat pedih.

9. Keringkan tubuh kucing

Jika sudah selesai, keringkan tubuh kucing dengan menggosok menggunakan handuk lembut ke tubuh kucing kamu dari kepala hingga kaki. Setelah itu, bawa kucing kamu di ruangan yang hangat dan jangan biarkan dia keluar sampai dia benar-benar kering.

Kamu juga bisa mengeringkan bulu-bulunya dengan menggunakan blower atau pengering rambut. Atau bisa juga menjemurnya di bawah sinar matahari dengan keranjang kucing.

10. Berikan kasih sayang

Setelah memandikan kucing, usap lembut kucing kamu supaya dia merasa rileks lagi dan tidak takut jika kamu ingin memandikan kucingmu lagi. Kamu juga bisa memberikan makanan dan cemilan kesukaannya sebagai bentuk apresiasi.

Membersihkan telinga kucing

Alangkah baiknya jika setelah memandikan kucing, kamu juga membersihkan bagian telinga kucing. Telinga kucing yang kotor memang tidak merasakan sakit, namun akan menimbulkan infeksi pada telinga kucing
Cara membersihkan telinga kucing bisa menggunakan Cotton buds atau kapas yang telah dicampur dengan baby oil.

Cara membersihkanya sama layaknya seperti membersihkan telinga manusia. Lakukan dengan perlahan, agar kucing tidak merasakan sakit.

Pastikan untuk tidak terkena bagian dalam telinga kucing, usap perlahan dengan kapas di bagian lipatan telinga kucing. Lakukan rutin sekitar 2 hingga 4 minggu sekali untuk membersihkan telinga kucing atau ketika telinga kucing sudah terlihat kotor.

Itulah cara memandikan kucing dan tipsnya agar saat kucing dimandikan tidak memberontak. Membersihkan kucing dengan penuh kasih sayang dan benar dapat membuat kucing nyaman dan terhindar dari penyakit yang dapat menyerang kucing. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya