8 Jenis Pencemaran Lingkungan yang Jarang Disadari

ilustrasi polusi dari pabrik
Sumber :
  • vstory

VIVA – Pencemaran lingkungan adalah salah satu masalah yang sedang dihadapi oleh masyarakat. Terutama untuk mereka yang tinggal di kota-kota besar. Karena untuk daerah-daerah terpencil atau jauh dari perkotaan tidak banyak orang yang tinggal sehingga pengendalian pencemaran lingkungan masih bisa dilakukan.

Land Rover Indonesia Hadirkan Defender Gallery di Senayan City

Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk di suatu wilayah atau daerah, maka akan membuat kondisi wilayah tersebut tidak kondusif dan pencemaran lingkungan dapat terjadi dengan cepat. Selain itu, kurangnya kesadaran masyarakat membuat lingkungan menjadi cepat tercemar. Nah, supaya kamu lebih memahaminya, simak ulasan berikut ini.

Pencemaran Lingkungan

Begini Cara Memilih Angkutan Bus yang Laik Jalan

Pengertian Pencemaran Lingkungan

Ilustrasi Polusi udara | Photo by Marek Piwnicki on Unsplash

Photo :
  • U-Report
Jasa Marga Catat 1,2 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabotabek Lewat 4 Gerbang Tol

Pencemaran lingkungan adalah perubahan faktor abiotik yang disebabkan oleh aktivitas yang melebihi ambang batas toleransi ekosistem biologis. Misalnya penggunaan kendaraan bermotor atau peralatan pengolahan bahan baku yang terkadang tidak memenuhi standar lingkungan.

Pencemaran lingkungan disebabkan oleh banyak faktor. Namun, faktor terbesar adalah manusia. Disadari atau tidak, kita semua telah berkontribusi pada proses pencemaran lingkungan. Berawal dari pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali, banyaknya sumber pencemar membuat alam tidak mungkin menetralisirnya.

Jenis-Jenis Pencemaran Lingkungan

Pencemaran Lingkungan

Photo :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

Terdapat delapan jenis pencemaran lingkungan yang terjadi. Hal ini perlu diwaspadai dan dihindari supaya tidak menimbulkan berbagai penyakit. Berikut jenis-jenis pencemaran lingkungan:

  • Pencemaran udara terjadi ketika polutan seperti gas beracun atau zat berbahaya berdifusi ke udara.
  • Pencemaran air adalah pencemaran yang terjadi di perairan seperti sungai, danau, kolam, dll.
  • Pencemaran tanah terjadi ketika wilayah tanah terkontaminasi, situasi ini akan menyebabkan pencemaran tanah.
  • Pencemaran suara terjadi saat kebisingan dan suara yang tidak nyaman dapat menyebabkan polusi suara.
  • Pencemaran plastik disebabkan oleh akumulasi sampah plastik di lingkungan tertentu.
  • Pencemaran cahaya adalah polusi yang disebabkan oleh sumber cahaya buatan manusia di malam hari akan menyebabkan polusi cahaya.
  • Pencemaran termal (temperatur) adalah perubahan suhu pada air dalam jumlah banyak akan mengakibatkan pencemaran termal.
  • Pencemaran visual terjadi ketika seseorang menghalangi pandangan orang lain dan tidak sedap dipandang, situasi ini disebut polusi visual.

Penyebab Pencemaran Lingkungan

Polusi Udara

Photo :

Asap dan Emisi dari Kendaraan Bermotor

Saat ini banyak kendaraan bermotor yang bisa dibeli dengan harga murah. Rendahnya harga kendaraan tersebut mengakibatkan banyak orang mampu membeli dan memiliki kendaraan sendiri. Karena jumlah motor dan mobil pribadi di jalan raya meningkat, hal ini menyebabkan peningkatan gas buang atau emisi dari kendaraan.

Polusi dari Industri dan Pabrik

Sumber pencemaran lingkungan selanjutnya adalah pencemaran limbah gas dari industri dan pabrik. Sejak awal revolusi industri, sektor ini telah menjadi sumber pencemaran lingkungan. Awalnya, industri dan pabrik mengandalkan batu bara sebagai bahan bakar untuk mengoperasikan mesin industri.

Buang Sampah Sembarangan

Kurangnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah dari tempat pembuangan sampah dengan benar, dan telah berhasil menyebabkan pencemaran lingkungan. Sampah yang dibuang sembarangan juga dapat menjadi sumber penyakit berbahaya, oleh karena itu setiap orang perlu mulai membuang sampah pada tempatnya.

Dampak Pencemaran Lingkungan

Kondisi udara di Jakarta yang penuh polusi.

Photo :
  • VIVAnews/ M Ali Wafa

Kualitas Udara Menurun

Di beberapa daerah kandungan karbon monoksida bisa mencapai 10 sampai 15 ppm. Jumlah ini dapat ditemukan di kota-kota besar yang padat penduduknya dan jumlah kendaraan yang lalu lalang di kota-kota. Karena kandungan karbon monoksida yang tinggi, pasti akan mempengaruhi masalah pernapasan setiap makhluk hidup di dalamnya.

Pencemaran pada Air

Pencemaran air biasanya disebabkan oleh berbagai sampah dan limbah yang dibuang ke sungai dan laut. Jika badan air sangat tercemar, banyak organisme air akan terpengaruh, seperti keracunan dan kematian.

Pencemaran Tanah

Tanah yang telah tercemar akan berdampak pada rusaknya kandungan humus dalam tanah sampai dapat menimbulkan bau yang kurang enak. Dampak secara langsung dari pencemaran tanah yang bisa kamu rasakan adalah lingkungan tempat tinggal menjadi penuh dengan lalat karena kotor dan kumuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya