Kebugaran Jasmani: Pengertian, Unsur-Unsur dan Manfaatnya untuk Tubuh

Ilustrasi olahraga/lari.
Sumber :
  • Freepik/master1305

VIVA – Kebugaran jasmani adalah faktor penting yang harus terpenuhi supaya kita bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik dan lancar. Apabila tubuh dalam keadaan sehat dan bugar, maka seluruh aktivitas bisa dilakukan dengan lancar.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Kebugaran jasmani memiliki tujuan untuk mempertahankan, meningkatkan, dan mengembangkan, kesehatan seseorang. Apabila melakukan hal tersebut, maka tubuh dapat melaksanakan aktivitas secara mandiri misalnya berjalan jauh, mengangkat beban dan lain sebagainya. Nah, supaya kamu lebih paham mengenai kebugaran jasmani, simak ulasan berikut ini ya!

Kebugaran Jasmani

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

Dilansir dari eprints.uny.ac.id, terdapat beberapa arti kebugaran jasmani yang disampaikan oleh para ahli berikut ini:

PVMBG Beberkan Kronologi Kenaikan Aktivitas Gunung Ruang Sebelum Meletus

Muhajir

Kebugaran jasmani adalah kemampuan dan kesanggupan tubuh dalam melaksanakan penyesuaian (adaptasi) mengenai pembebasan fisik yang diberikan untuknya (dari kerja yang dilaksanakan sehari-hari) tanpa memunculkan rasa lelah yang berlebihan.

Joko Pekik Irianto

Kebugaran jasmani adalah kebugaran fisik (Physical Fitness) yaitu “Kekuatan tubuh dalam melakukan aktivitas sehari-hari secara tepat tanpa memunculkan rasa lelah berlebihan sehingga masih bisa menikmati waktu luangnya”.

Sadoso Sumosardjuno

Kesegaran jasmani merupakan kemampuan seseorang guna melaksanakan kewajiban sehari-hari dengan mudah tanpa merasakan lelah yang berlebihan.

Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani

Kekuatan

Kekuatan atau strength merupakan kondisi tubuh ketika memakai otot untuk memaksimalkan tenaga dalam melaksanakan sebuah aktivitas fisik. Untuk mendapatkan otot yang kuat bisa dilatih dengan latihan berat secara rutin dan konsisten. Contoh latihan ini adalah push-up, sit-up, dan back-up.

Daya Otot

Daya otot atau muscular power adalah salah satu unsur kebugaran jasmani yang bersangkutan dengan kekuatan otot guna mendukung aktivitas fisik sehari-hari. Daya otot berkaitan dengan sistem anaerobik ketika proses pemenuhan kebutuhan energi. Contoh latihannya adalah angkat beban.

Daya Tahan

Merupakan kemampuan tubuh ketika melaksanakan gerak dengan seluruh anggota tubuhnya dalam waktu yang lama, tempo, dan frekuensi sedang hingga cepat tanpa menimbulkan rasa sakit dan kelelahan berat yang berarti dinamakan dengan daya tahan atau endurance. Contoh latihannya adalah lari santai selama 15-30 menit.

Kecepatan

Adalah kemampuan untuk pindah dari satu posisi ke posisi yang lain dalam waktu yang singkat dan cepat. Ketika seseorang menggunakan waktu yang sedikit, maka orang tersebut memiliki kecepatan yang baik. Contoh latihannya adalah lari sprint.

Kelenturan

Keleluasaan gerakan terutama pada bagian otot persedian dinamakan sebagai kelenturan atau flexibility. Contoh latihannya adalah senam, yoga, atau renang.

Koordinasi

Koordinasi merupakan kemampuan seseorang dalam melakukan berbagai gerakan berbeda dan bisa mengkoordinasikan seluruh tubuh dengan tepat. Contoh latihannya adalah memantulkan bola tenis kemudian menangkapnya lagi.

Keseimbangan

Keseimbangan atau balance adalah kemampuan seseorang dalam mengendalikan tubuh sehingga gerakan yang dilakukan bisa dimunculkan dengan baik dan benar. Contoh latihannya adalah berdiri sikap jinjit atau sikap lilin.

Kelincahan

Kelincahan adalah kekuatan tubuh dalam menyesuaikan gerakan dari satu posisi ke posisi lain, misalnya dari kiri ke kanan atau dari depan ke belakang. Untuk melatihan kelincahan dapat dilakukan dengan melakukan naik turun tangga atau lari pola zigzag.

Reaksi

Raksi atau reaction merupakan kemampuan seseorang supaya segera bertindak dan menanggapi sebuah gerakan, rangsangan atau stimulus yang ditangkap melalui panca indera. Contoh latihannya adalah bermain bola basket.

Ketepatan

Ketepatan merupakan kekuatan tubuh dalam mengendalikan gerak-gerak bebas terhadap sebuah sasaran. Contoh latihan ketepatan adalah bowling, memanah, dan basket.

Manfaat Kebugaran Jasmani

Ketika kamu melakukan aktivitas kebugaran jasmani, maka kamu akan mendapatkan beberapa manfaat berikut ini:

Menjaga Berat Badan dan Menghindari Obseitas

Obesitas dapat terjadi karena penimbunan zat-zat makan dan energi berlebih yang tertimbun dalam tubuh. Selain itu, kegemukan juga dapat terjadi karena tubuh kurang beraktivitas.

Dapat Mencegah Penyakit diabetes

Latihan kebugaran jasmani memiliki manfaat untuk mencegah dan menahan laju penyakit diabetes.

Mencegah penyakit jantung

Pada saat tubuh melakukan olahraga, aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh dan dari seluruh tubuh ke jantung akan sangat lancar ketimbang saat tubuh diam. Oleh sebab itu, latihan kebugaran bisa mencegah penyakit jantung.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi bisa menimbulkan berbagai gangguan Kesehatan bagi tubuh misalnya penyakit jantung koroner, storeke sampai gagal jantung.

Meningkatkan kualitas hormon

Latihan kebugaran jasmani bisa memengaruhi produktivitas hormon dalam tubuh.

Menurunkan gejala depresi dan kegelisahan

Dengan melakukan latihan kebugaran jasmani, tubuh akan menjadi lebih rileks. Kondisi tersebut akan memengaruhi depresi.

Melindungi dari osteoporosis

Banyak ahli yang menyebutkan bahwa anak-anak yang banyak melakukan gerakan akan memiliki tulang yang kuat.

Meningkatkan mood

Latihan kebugaran merupakan sebuah cara yang dapat menghilangkan rasa bosan. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa olahraga aerobic bisa mengurangi ketegangan dan memunculkan semangat.

Membuat awet muda

Manfaat selanjutnya adalah membuat orang terlihat awet muda karena terhindar dari stress.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya