Kapan Waktu Aman untuk Menindik Telinga Bayi?

Ilustrasi bayi/anak/parenting.
Ilustrasi bayi/anak/parenting.
Sumber :
  • Freepik/bristekjegor

VIVA – Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menindik bayi. Salah satunya adalah waktu yang tepat untuk menindik bati. Selain itu, ada beberapa hal yang biasanya ditakuti para orangtua terkait menindik bayi yang bau lahir.

Hal paling ditakuti dalam menindik bayi baru lahir adalah terjadi risiko infeksi, meski tergolong kemungkinannya sangat minim. Hal ini juga diakui Niyo sebagai Founder Piercing Indonesia.

"Bagaimanapun, tindik telinga memiliki risiko. Tapi, risiko dapat diminimalkan dengan melakukan tindik telinga secara hati-hati, pada waktu dan perawatan yang tepat," kata Niyo saat dihubungi baru-baru ini.

"Jika bayi yang sehat berusia kurang dari satu tahun mendapat semacam infeksi, biasanya ia harus masuk rumah sakit dan diberi antibiotik selama 48 jam," katanya lagi.

Niyo berharap para orang tua baru dapat bersabar untuk tidak menindik bayi perempuannya dengan segera. Menurut Niyo, tidak ada faktor mendesak yang mengharuskan mereka menindik bayi mereka dari lahir.

"Sebagai penindik professional, gua menyarankan agar tindik telinga dilakukan saat anak sudah cukup usia untuk merawat tindikannya sendiri, usia 6-11 tahun adalah pilihan terbaik," katanya.

Selain itu, menindik di usia yang cukup, dapat menghindari posisi lubang tindik yang tidak pas. Hal ini guna menghindari menindik ulang ketika sudah dewasa karena hasil yang tidak pas sebelumnya.