Semarak PON XX Papua, Ini 5 Rekomendasi Olahraga Ringan di Rumah

Olahraga ringan
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Semarak Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan digelar di Jayapura, Papua, akan segera dilaksanakan pada bulan depan. Untuk itu menyemangati para atlet, tak ada salahnya kita sebagai masyarakat Indonesia juga turut berolahraga di rumah.

Rumah Digruduk Warga, Via Vallen Tetap Santai Update Sosmed Tentang Kehamilan

Menyambut PON XX, Rumah Perdamaian Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan webinar bertema "Penyelenggaraan PON Papua dan Semangat Bangkit dari Pandemi’’. 

Menurut Ketua Rumah Perdamaian UI, Muhammad Sya’roni Rofii, penyelenggaraan webinar ini diharapkan bisa menjadi penyemarak penyelenggaraan PON Papua yang digelar bulan depan. Kegiatan itu menjadi bukti komitmen pemerintah dalam membangun seluruh penjuru Indonesia, tak terkecuali Papua.

Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, AKP Heru: Diduga Ada Bahan Mercon Sebanyak 1 Kg

“Sebab ada persepsi di publik Papua mereka terpinggirkan dari agenda pembangunan pemerintah pusat. Padahal faktanya pemerintah sedang berusaha membangun secara terencana tanpa membeda-bedakan daerah,” ujarnya, dikutip dari keterangan persnya.

Lebih dalam, penyelenggaraan PON di Papua bisa menjadi momentum untuk bangkit dari pandemi. Sebab, selama dua tahun terakhir bangsa Indonesia diselimuti oleh ketidakpastian karena pandemi.

Polres Malang Bongkar Home Industry Sabu di Jatim

“Ajang PON bisa menjadi perekat solidaritas nasional, apalagi berdekatan dengan Hari Sumpah Pemuda,” imbuhnya.

Sementara dalam paparannya, Jaleswari mengatakan PON pertama di ‘Bumi Cendrawasih’ ini merupakan momentum pemerataan pembangunan di Papua. Event olahraga bisa meningkatkan geliat infrastruktur di daerah seperti hotel, transportasi, dan fasilitas olahraga.

PON XX juga melibatkan atlet disabilitas yang merupakan simbol Indonesia ramah terhadap penyandang disabilitas. Ia menyebut Papua merupakan penghasil atlet dengan semangat dan bakat yang luar biasa, seperti Boaz Solossa yang menjadi inspirasi anak muda.  

“Ini merupakan kehormatan bagi Papua untuk menjadi momentum meningkatkan prestasi di kancah nasional dan Internasional, momentum mempercepat vaksinasi nasional, perhatian besar dari pemerintah pusat untuk kesuksesan PON Papua merupakan hal yang terus di apresiasi,” jelasnya.

Dari segi keamanan, Kombes Faizal mengatakan persiapan pengamanan PON Papua berjalan dengan sangat baik, melibatkan seluruh stakeholder Polri dari pusat hingga daerah. Untuk persiapan difokuskan ke dua hal yakni pengamanan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dan Kelompok Radikal.

Nah, untuk ikut menyemangati para atlet yang akan bertanding bulan depan, kita dapat melakukan olahraga ringan yang mudah dilakukan di rumah.

Selain itu, ini juga aman dan menyehatkan untuk dijalani di masa pandemi COVID-19. Berikut 5 rekomendasinya dikutip dari laman Fatherly.

Sit-Up
Ini olahraga dasar, tapi efektif. Targetkan 20 untuk memulai, dan tingkatkan hingga 50 setelah Anda menjadi lebih pro. Jangan menyelipkan kaki di bawah kursi atau meja untuk meminta bantuan, untuk mendapatkan efek yang maksimal.

Sepeda
Berbaring telentang lalu angkat kaki di udara, lutut ditekuk seperti mengayuh sepeda. Letakkan tangan Anda di belakang kepala. Mulailah memompa kaki Anda dalam gerakan sepeda klasik, dengan penuh semangat, selama satu menit.

Squat
Tak sekedar squat namun punggung juga harus lurus, kaki sedikit keluar. Jatuhkan kursi Anda setinggi lutut. Lakukan dua set 10. Versi lanjutan untuk yang memiliki anak, lakukan ini dengan meletakan si kecil di punggung Anda.

Jumping Jack
Saatnya meningkatkan detak jantung Anda. Pastikan untuk mengangkat tangan Anda di atas kepala setiap kali lompat, dan pertahankan olahraga kardio ini setidaknya selama satu menit.

High knee
Joging atau lari di tempat selama satu menit. Namun, angkat lutut setinggi mungkin setiap Anda bergerak lari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya