Bacaan Doa Sebelum Tidur dan Setelah Bangun Tidur, Latin dan Artinya

Ilustrasi tidur
Sumber :
  • pixabay.com

VIVA – Doa sebelum tidur hendaknya dibaca supaya tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Dalam agama Islam sendiri, semua aktivitas yang akan dilakukan hendaknya diawali dengan berdoa. Doa adalah wujud dari memohon dan meminta untuk mendapat perlindungan dan kemudahan dari Allah SWT.

Mak Vera Tepati Janji, Datang ke Makam Olga Syahputra Tengah Malam

Selain itu, doa juga bisa dikatakan sebagai salah satu bentuk dari ibadah. Allah SWT menyebutkan dalam Al Quran surah Ghafir ayar 60 yang artinya, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk Neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.”

Kebiasaan sebelum dan sesudah melakukan sesuatu harus diajarkan oleh orang tua kepada anak-anaknya sejak usia dini. Salah satu doa yang mudah untuk diajarkan kepada anak adalah doa sebelum tidur dan doa setelah bangun tidur.

Hal Ini yang Harus Dilakukan Agar Terhindar dari Santet Menurut Agama Islam

Lalu, bagaimana doa sebelum tidur dan sesudah tidur?

Doa Sebelum Tidur

Terpopuler: 3 Waktu Mustajab Dikabulkan Doa, Cara Ingatkan Orang Lupa Makan saat Lagi Puasa

Ilustrasi Tidur

Photo :
  • U-Report

Sebelum tidur, kita diwajibkan untuk membaca doa sebelum tidur supaya mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

Bismillahirrahmanirrahim

Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut

Artinya: “Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati”.

Selain itu, Rasulullah SAW juga mengajarkan beberapa sunah selain membaca doa sebelum tidur yang dianjurkan untuk dilakukan oleh semua orang Muslim:

  • Sebaiknya melakukan wudhu sebelum tidur dan tidak lupa untuk menjalankan sholat Isya.
  • Umat Muslim dianjurkan untuk membaca Al Quran walaupun hanya sepuluh ayat.
  • Umat Islam sebelum tidur bisa membaca doa dan dilanjutkan dengan membaca surat Al Fatihah, Al Ikhlas, Al Falaq, dan juga An Nas.
  • Dianjurkan juga untuk membaca ayat kursi.
  • Jika susah untuk tertidur, umat Muslim bisa melakukan dzikir dengan memperbanyak ucapan tasbih, tahmid, dan juga takbir.
  • Pada saat akan tidur, tidak dianjurkan untuk mengunyah makanan seperti permen atau yang lainnya.
  • Dianjurkan untuk menggosok gigi dan buang air kecil terlebih dahulu.
  • Bila mendapatkan mimpi buruk, segera ucapkan taawuz.
  • Membersihkan tempat tidur
  • Meniup telapak tangan dan mengusapkannya ke seluruh anggota tubuh serta memosisikan tubuh ke bagian kanan ketika hendak tidur

Doa Setelah Bangun Tidur

Ilustrasi bangun tidur

Photo :
  • U-Report

Muhammad bin'Abdullah bin Hafash At-Tusturi mengisahkan kepada kami, Ya'qud bin Hamid bin Kasib mengisahkan kepada kami, Syufan bin 'Uyainah mengisahkan kepada Ibnu'Ajla (Muhammad) dari Sa'id Al-Maqbari, dari Abu Hurairah R.A. dari Nabi SAW. Beliau bersabda yang artinya, “Apabila salah seorang di antara kamu bangun tidur, maka doalah: Segala puji bagi Allah yang telah mengembalikan ruh kepadaku, menyehatkan tubuhku, dan mempersembahkan aku untuk mengingat-Nya.”

Jadi, sama seperti sebelum tidur, ketika bangun dari tidur pun kita dianjurkan untuk membaca doa berikut ini:

Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah Dia ‘mematikan’ kami, dan kepada-Nyalah kami dikembalikan.”

Doa Saat Mimpi Buruk

Ilustrasi mimpi buruk.

Photo :
  • U-Report

Terkadang seseorang akan mengalami mimpi buruk ketika sedang tidur sehingga memunculkan ketakutan dan kegelisahan. Di dalam ajaran agama Islam, mimpi dibedakan atas tiga jenis, yaitu mimpi baik, mimpi buruk, dan juga mimpi dari diri sendiri.

Seperti yang telah dijelaskan dalam hadis riwayat Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda yang artinya “Ada tiga jenis mimpi: mimpi yang benar yang merupakan kabar gembira dari Allah, mimpi yang menyebabkan kesedihan adalah dari Setan, dan mimpi dari pikiran." (Sahih Muslim).

Bila seseorang mengalami mimpi buruk, hendaknya untuk bangun dari tidur. Setelah itu, lakukanlah hal-hal yang dijelaskan oleh Rasulullah SAW berikut:

"Jadi ketika salah satu dari Anda melihat mimpi yang tidak disukainya, ia harus meludah ke sisi kirinya tiga kali, berlindung kepada Allah dari Setan tiga kali, dan mengubah sisi tempat ia berbaring (Sahih Muslim) dan dalam narasi lain di Muslim, Nabi Muhammad SAW memberi tahu kami jika kami meludah tiga kali dan mencari perlindungan dari Allah maka itu (mimpi) tidak akan membahayakan mereka." (Sahih Muslim).

Mimpi yang baik itu datang dari Allah. Sedangkan mimpi buruk itu datang dari setan. Jika salah seorang dari kalian bermimpi yang tidak ia sukai, maka hendaknya ia meniup ke sebelah kirinya tiga kali dan membaca ta’awwudz sebanyak tiga kali. Kemudian setelah itu hendaknya ia membalik tubuhnya ke sisi yang lain, dengan demikian tidak ada lagi yang membahayakan dan jangan ceritakan kepada seorang pun mimpi tersebut.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Setelah mendapat mimpi buruk, kamu dianjurkan untuk membaca doa dan meminta perlindungan kepada Allah SWT. Berikut doa mimpi buruk:

Huwallahu, allahu rabbi, la syarika lahu. A‘udzu bikalimatillahit tammati min ghadhabihi wa min syarri ibadihi wamin hamazatis syayatini wa an yahdhuruni

Artinya: “Dialah Allah, Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan godaan setan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu”.

Kemudian untuk bacaan doa yang kedua adalah:

Allohumma inni a’zubika min ‘amalis syaithoni wa sayyi-atil ahlam

Artinya: “Ya Allah aku berlindung kepadaMu dari perbuatan setan dan buruknya mimpi.”

Manfaat Membaca Doa Sebelum Tidur dan Setelah Bangun Tidur

Ilustrasi bayi/anak/anak tidur.

Photo :
  • Freepik/javi_indy

Manfaat Doa Sebelum Tidur

Pada saat tertidur, manusia tentunya membutuhkan pertolongan dan perlindungan dari Allah SWT supaya terhindar dari mimpi buruk dan tetap bisa bangun keesokan harinya. Oleh sebab itu, Nabi Muhammad SAW mengajurkan kepada kita untuk membaca doa dan dzikir sebelum tidur supaya mendapat perlindungan dari Allah SWT.

Selain itu, dengan membaca doa sebelum tidur, maka akan menjadi benteng manusia supaya terhindar dari perbuatan buruk. Hal ini dijelaskan dalam hadist berikut ini:

Jabir bin Abdullah, “Apabila manusia berbaring di pembaringannya (akan tidur), malaikat dan syetan segera menghampirinya. Malaikat membisikkan, ‘Akhiri (malam-mu) dengan kebaikan,’ sedangkan syetan membisikan, ‘Akhiri (malam-mu) dengan keburukan.’ Apabila dia berdzikir menyebut nama Allah kemudian tidur, maka malaikat melindungi dia di malam itu.

Manfaat Doa Setelah Bangun Tidur

Ketika bangun dari tidur, hendaknya kita memanjatkan doa sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT sebab masih diberikan kesempatan untuk membuka mata dan juga menjalankan aktivitas sehari-hari.

Dengan berdoa juga akan melatih diri supaya selalu mengingat Allah SWT. Karena sebagai manusia kitab isa saja tidak dibangunkan kembali dari tidur. Selain itu, dengan membaca akan meningkatkan ibadah dan mendapatkan pahala. Oleh sebab itu, sudah seharusnya kita untuk mengamalkan doa tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya