Arti Nama Shaka dalam Berbagai Bahasa, Unik dan Bermakna Positif

Ilustrasi anak
Sumber :
  • Freepik/gpointstudio

VIVA – Sedang mencari nama bayi laki-laki tapi masih bingung? Nama 'Shaka' agaknya bisa menjadi salah satu pilihan tepat. Selain unik, arti nama Shaka juga memiliki banyak makna positif dalam berbagai bahasa lho.

Indah Permatasari dan Arie Kriting Ungkap Nama Anak

Kata Shaka diambil dari bahasa Sansekerta. Kata awal pembentukan nama Shaka ini adalah sakyamuni yang memiliki arti sebagai 'orang bijak dari Sakya'. Ini merupakan julukan untuk Buddha. 

Nah, variasi kata Shaka ini sendiri sebenarnya merupakan sebutan julukan Buddha sakyamuni dalam bahasa Jepang. Sementara itu, dalam bahasa Arab, kata Shaka memiliki arti 'seseorang yang murah hati', serta 'seseorang yang memiliki pandangan terbuka'. Kata Shaka juga kerap beberapa kali muncul dalam Alquran.

Kiki Amalia dan Suami Akhirnya Umumkan Nama Anak Pertama, Artinya Bagus Banget

Sementara itu, kata Shaka ditemukan dari kamus bahasa Inggris Oxford. Dalam kamus tersebut, Shaka memiliki makna sebagai lambang persetujuan dan persaudaraan.

Variasi penulisan Shaka juga cenderung beragam dalam berbagai bahasa. Beberapa di antaranya adalah Shaka, Sakha, Saka, Syaka, ataupun Shakah. Meski begitu, arti dari variasi penulisan tersebut tetap memiliki makna positif yang serupa.

Terpopuler: Ria Ricis-Teuku Ryan Dikabarkan Rujuk hingga Nama Anak Kiki Amalia

Fakta nama Shaka

Di Hawaii, Shaka merupakan sebutan untuk gestur saat warga di sana menyapa seseorang. Gestur tersebut mirip seperti gerakan tangan saat menelepon dengan ponsel genggam. Ketiga jari di bagian tengah dikepalkan, sementara jari kelingking dan jempol dibiarkan terbuka.

Tak hanya itu, gestur tersebut pun populer pada zaman Perang Dunia II. Saat itu, gestur tersebut bukan untuk menyapa, melainkan memiliki arti victory atau kemenangan.

Popularitas

Shaka merupakan salah satu nama bayi laki-laki modern yang penggunaannya cukup populer di berbagai negara. Di negara-negara Afrika, misalnya. Kata Shaka kerap digunakan dengan tujuan menghormati Raja Zulu, yakni Shaka Zulu.

Selain Afrika, nama Shaka juga populer digunakan di negara Barat seperti Amerika Serikat, juga beberapa negara lainnya seperti India, Singapura, Malaysia, dan tentunya Indonesia.

Untuk penggunaannya sendiri, nama Shaka sebenarnya termasuk ke dalam nama unisex. Artinya, nama ini bisa-bisa saja disematkan pada anak laki-laki maupun perempuan. Hanya saja, dalam segi popularitas, kata Shaka lebih sering digunakan untuk anak laki-laki.

Nah, jika ingin mengetahui sifat dan karakter dari nama Shaka ini, silakan klik tautan ini, ya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya