10 Pilihan Situs dan Aplikasi untuk Terjemahkan Semua Bahasa

Terjemahan
Sumber :

VIVA – Sampai saat ini, Google Translate masih menjadi pilihan banyak pengguna internet di penjuru dunia sebagai alat penerjemah, baik berupa situs maupun aplikasi ponsel.

Kim Seon Ho dan Han So Hee Dikabarkan Bakal Main Drama Bareng Karya Penulis Hotel Del Luna

Namun, faktanya Google Translate bukan satu-satunya alat penerjemah bahasa. Ada sepuluh alternatif aplikasi dan situs penerjemah selain Google Translate yang bisa menjadi pilihan untuk kamu.

Terjemahan yang dinaungi oleh Google ini sudah memiliki database hingga 103 bahasa di dunia, termasuk bahasa daerah di Indonesia seperti bahasa Jawa dan Sunda. Tak heran jika hal ini membuat Google Translate diminati oleh banyak orang.

Berikut 10 situs dan aplikasi penerjemah alternatif Google Translate dengan fitur yang memberikan hasil terjemahan yang akurat:


1. Microsoft Translator

Jangan Sampai AI jadi Teknologi Liar

Microsoft Translator memiliki dua versi yaitu business dan personal. Aplikasi ini tersedia di sistem operasi iOS, Android dan Windows,

Microsoft Translator dapat membantu kamu dalam menerjemahkan gambar, tangkapan layar, teks, dan terjemahan suara untuk lebih dari 60 bahasa. Selain itu, terjemahan ini juga dapat diunduh berbentuk dokumen dan dapat pula dibaca secara offline.

Microsoft Translator menyediakan integrasi dengan aplikasi Microsoft lainnya seperti MS Office dan Skype, bahkan Microsoft Translator juga tersedia di jam tangan pintar (smartwatch).


2. iTranslate

Catat, Situs Translate Jawa Indonesia yang Perlu Diketahui!

Situs dan aplikasi alternatif Google Translate berikutnya adalah aplikasi iTranslate yang dikembangkan oleh perusahaan Sonico Mobile. Situs dan aplikasi ini membantu Anda menerjemahkan teks, situs web atau kata-kata pencarian dengan makna bahkan konjugasi kata kerja lebih dari 100 bahasa.

Aplikasi iTranslate dapat digunakan di semua jenis sistem operasi seperti Windows, iOS, Mac, Google Play, dan Kindle fire. Salah satu alternatif Google Translate ini merupakan perangkat lunak yang dapat menerjemahkan apa pun hanya dengan mengetik teks atau ucapan voice-to-voice.


3. Linguee

Linguee merupakan layanan berbasis web yang diluncurkan tahun 2009, yang memungkinkan kamu dapat menerjemahkan kata atau kalimat tunggal sebagai pengganti paragraf dan mendukung lebih dari 25 dialek.

Persis dengan penerjemah bahasa lainnya, kamu juga dapat menggunakannya secara offline. Sayangnya, perangkat lunak ini hanya mendukung tiga bahasa yaitu Jerman, Prancis, dan Belanda.


4. Babylon Translator

Babylon memiliki lebih dari 1.700 glosarium dan kamus dalam berbagai bahasa. Situs terjemahan ini sudah ada sejak 19 tahun lalu dan diklaim dapat memberikan hasil yang akurat dalam hal tesaurus atau kamus.

Tidak seperti perangkat lunak terjemahan lainnya, Babylon menerjemahkan dokumen berupa MS Office tanpa menghilangkan atau mengubah format aslinya. Babylon memungkinkan kamu menerjemahkan lebih dari 77 bahasa termasuk Belanda dan Inggris.


5. Reverso Translation

Situs dan aplikasi alternatif Google Translate berikutnya adalah Reverso Translation adalah perangkat lunak intuitif lainnya yang dikembangkan oleh perusahaan Softissimo Inc. Software ini diklaim telah digunakan lebih dari enam juta pengguna di seluruh dunia.

Kamu juga dapat belajar tentang kata dan ekspresi dengan mudah ke dalam berbagai macam bahasa seperti Inggris, Prancis, Jerman, Spanyol, Polandia, Ibrani, Italia, Arab, dan lainnya.

Reverso Translation adalah penerjemah yang juga dapat memungkinkan kamu mencari frasa idiomatik dan kata-kata sugestif saat mengetik teks.

Dengan Reverso, kamu bisa membagikan hasil terjemahan kamu dengan orang lain baik melalui email maupun media sosial seperti Twitter, Facebook dan media sosial lainnya.


6. TripLingo Translator

TripLingo adalah salah satu aplikasi terbaik yang kerap kali digunakan wisatawan asing. Kamu juga dapat mempelajari frasa penting, menerjemahkan catatan suara kamu dengan cepat. Selain itu, kamu juga mendapatkan kursus singkat tentang budaya lokal saat bepergian ke berbagai negara.

TripLingo mendukung terjemahan berbasis suara maupun teks dalam lebih dari 42 bahasa. Uniknya ada fitur yang menarik perhatian yaitu alat penerjemah ini menyediakan nomor darurat 911.


7. Memsource

Memsource adalah platform terjemahan yang berbasis cloud, dibangun untuk mendukung penerjemah yang aman dan lancar.

Perangkat lunak ini juga menawarkan alat terjemahan yang intuitif bagi mereka yang menggunakan untuk mendukung produktivitas kerja.


8. Yandex Translate

Memiliki tampilan yang hampir sama dengan Google Translate, Yandex Translate juga dipercaya sebagai salah satu situs penerjemah terbaik dan akurat yang berasal dari Rusia. Yandex sendiri juga dapat dikatakan sebagai 'Google'-nya Rusia.

Yandex Translate juga memiliki fitur dan fungsi yang hampir sama dengan penerjemah lainnya. Yaitu menerjemahkan kata atau kalimat dari satu bahasa ke bahasa lainnya.

Tampilan dari Yandex Translate juga terlihat sederhana dengan nuansa berwarna kuning. Untuk mengakses Yandex Translate memiliki dua cara yaitu bisa mengaksesnya lewat situs ditranslate.yandex.comdan aplikasi yang bisa diunduh melalui Play Store maupun App Store.


9. Translate.com

Situs penejermah yang tak kalah akurat lainnya yaitu Translate.com. Situs ini memiliki penerjemahan dari satu bahasa ke bahasa lainnya, seperti layanan penerjemah pada umumnya dengan cara yang praktis dan sederhana.

Translate.com menawarkan tiga macam cara yang bisa dipilih untuk menerjemahkan yaitu gambar, suara, dan teks.

Selain itu, dokumen asing juga dapat diterjemahkan langsung dengan memotret dan mengunggah melalui situs tersebut. Kemudian secara otomatis, situs tersebut bisa langsung menerjemahkan kata-kata yang ada di dalam gambar atau foto tersebut.


10. Bing Translator

Salah satu pesaing Google Translate lainnya yaitu Bing Translator, Bing Translator juga tidak mau kalah dengan mengeluarkan fitur penerjemah yang diberi nama Bing Translator. Bing Translator diketahui menjadi layanan penerjemah bahasa terbaik selain Google Translate.

Uniknya, keakuratan Bing Translator lebih memadai dalam beberapa kasus penerjemahan sebuah kalimat dibanding dengan Google Translate.

Melalui Bing Translator, penggunanya juga dapat memasukkan URL dari sebuah situs yang ingin diterjemahkan. Hal ini tentu lebih praktis dan mudah untuk dilakukan. Untuk menggunakan Bing Translator, pengguna bisa mengunjungi situs dibing.com/translator.

Itulah sepuluh pilihan alternatif situs dan aplikasi untuk terjemahkan semua bahasa yang bisa kamu gunakan jika ingin mendapatkan pengalaman serta fitur yang berbeda. Selamat mencoba!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya