16 Jurusan Kuliah Paling Diminati Tahun 2021 dan Potensi Pekerjaannya

Jurusan kuliah paling diminati tahun 2021.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Memilih jurusan kuliah memang tidak bisa sembarangan. Sebab, sering kali jurusan kuliah menentukan karier seseorang di masa depan. Karenanya, penting untuk melakukan riset terkait jurusan kuliah paling diminati tahun 2021 sebelum mendaftarkan diri di perguruan tinggi.

Menko Polhukam Sebut 1.900 Mahasiswa Terindikasi Korban Perdagangan Orang di Jerman

Dengan pertimbangan yang matang, kamu bisa terhindar dari rasa menyesal dan salah jurusan di kemudian hari. Bagi kamu yang tengah mencari tahu terkait jurusan kuliah paling diminati tahun 2021 dan potensi pekerjaan masing-masing jurusan, kamu bisa membaca artikel ini sampai selesai.

Melansir situs mydegreeguide.com, berikut ini 16 jurusan kuliah yang memiliki paling banyak peminat dan paling dibutuhkan di masa depan.

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya

Jurusan kuliah paling diminati tahun 2021

1. Teknik Perminyakan

Polri Bakal Keluarkan Red Notice 2 Tersangka TPPO Ribuan Mahasiswa ke Jerman

Menempati urutan pertama, teknik perminyakan merupakan jurusan kuliah yang paling diminati dan paling dibutuhkan di masa depan. Walaupun untuk masuk ke jurusan ini terbilang kompetitif, lulusan jurusan ini memiliki prospek gaji yang tinggi saat bekerja.

Jika kamu memiliki latar belakang yang baik dalam pelajaran matematika dan sains, kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih jurusan ini.

2. Fisika

Memiliki gelar sarjana dari jurusan Fisika dapat membuka banyak peluang ke depannya. Sebagai contoh, kamu bisa melanjutkan pendidikan master atau S2 dan bekerja di fasilitas penelitian. 

Selain itu, lulusan jurusan ini juga bisa berprofesi sebagai insinyur. Peran fisika dalam penelitian memang sangat dibutuhkan. Jadi, tak heran jika jurusan ini selalu ramai peminat dan masuk daftar jurusan terbaik.

3. Teknik Kimia

Meski kerap dianggap sulit oleh kebanyakan pelajar, Teknik Kimia merupakan salah satu jurusan yang ramai peminat dan memiliki prospek karier yang bagus, lho. Pekerjaan yang paling umum untuk lulusan jurusan ini adalah ahli kimia.

Namun, biasanya untuk mempermudah perjalanan karier ke depannya, seorang lulusan Teknik Kimia akan melanjutkan studinya untuk mendapatkan gelar master dan doktoral.

4. Teknologi Informasi

Sudah bukan hal yang mengejutkan lagi jika jurusan ini memiliki banyak peminat. Apalagi dengan kondisi saat ini, di mana semua hal makin bergantung dengan teknologi. Artinya, jurusan ini sangat menguntungkan untuk ke depannya.

Menuntut ilmu di jurusan Teknologi Informasi bisa membuka banyak pintu untuk potensi pekerjaan di masa yang akan datang. Beberapa pekerjaan yang paling dicari dari lulusan jurusan ini adalah programmer, pengembang perangkat lunak, dan lain-lain.

5. Ilmu Komputer

Mirip dengan jurusan Teknologi Informasi, jurusan Ilmu Komputer adalah bidang keahlian yang terus berkembang dan memiliki banyak peluang kerja. Pasalnya, jurusan ini memang selalu dibutuhkan oleh perusahaan manapun.

Sejumlah proyek yang biasanya ditangani oleh sarjana jurusan ini adalah industri otomotif, penambangan data, keamanan siber, dan kecerdasan buatan.

6. Teknik Mesin

Teknik Mesin adalah jurusan lainnya yang paling diminati dan dibutuhkan tahun 2021. Di perkuliahan, mahasiswa akan mempelajari banyak hal untuk memastikan mereka siap untuk terjun langsung ke dunia kerja saat lulus nanti.

Kebutuhan tenaga kerja dari lulusan Teknik Mesin selalu tinggi, peluang untuk mendapatkan pekerjaan bagi lulusannya pun luas. Adapun sejumlah opsi alternatif lainnya bagi lulusan Teknik Mesin, yaitu desain produk dan proyek manajemen.

7. Keperawatan

Salah satu jurusan terbaik untuk masa depan adalah jurusan Keperawatan. Peminat jurusan ini memang tidak pernah sepi peminat. Pasalnya, karier di masa yang akan datang untuk jurusan ini selalu terbuka lebar.

Berdasarkan Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat (AS), kebutuhan akan lulusan dari jurusan Keperawatan akan meningkat hingga 12 persen dalam 10 tahun ke depan.

8. Teknik Industri

Teknik Industri masih terus menjadi jurusan yang paling banyak diminati dari dulu hingga saat ini. Mata kuliah yang ada di jurusan ini akan mengajarkan mahasiswa untuk mengembangkan sistem yang akan membantu pembuatan produk dan menyediakan layanan dalam berbagai cara.

Karenanya, lulusan Teknik Industri memiliki kemungkinan untuk bekerja pada berbagai sektor. Profesi paling umum sarjana Teknik Industri adalah menjadi seorang insinyur. Tetapi, jurusan ini juga membuka banyak peluang lainnya.

9. Ekonomi

Memilih jurusan Ekonomi merupakan salah satu langkah yang bisa diambil para siswa dan siswi SMA yang baru lulus sekolah. Sebab, jurusan ini sangat dibutuhkan untuk masa depan. Tak hanya terbatas akan ekonomi, jurusan ini juga akan membantu mengasah skill para mahasiswanya.

Gelar sarjana dari jurusan ini dapat membuka berbagai potensi untuk karier di masa depan. Selain itu, pekerja yang memiliki gelar ini sering kali memiliki penghasilan yang kompetitif.

10. Ilmu Komunikasi

Sudah bukan hal yang baru lagi jika jurusan ini disebut-sebut sebagai jurusan kuliah paling diminati, terutama di kalangan siswa jurusan IPS. Di jurusan ini, mahasiswa akan belajar berbagai mata kuliah, mulai dari media, hubungan masyarakat, dan lain-lain.

Tujuan pembelajaran mata kuliah tersebut adalah untuk mempersiapkan mahasiswa untuk menjangkau potensi karier yang lebih luas, seperti di media dengan pekerjaan sebagai jurnalis dan hubungan masyarakat.

11. Marketing

Sebagai mahasiswa marketing, kamu akan belajar cara menganalisis dan melakukan riset terkait bisnis yang bertujuan untuk mempromosikan, menjual, dan mendistribusikan produk serta pelayanan kepada konsumen.

Peminat terhadap jurusan ini tidak pernah sepi. Di sini, kamu akan belajar psikologi, periklanan, komunikasi, penjualan, dan prinsip keuangan. Lapangan pekerjaannya sangat luas, beberapa di antaranya adalah administrasi, hubungan masyarakat, digital marketing, penulisan konten, dan desain grafis.

12. Akuntansi

Akuntan merupakan salah satu profesi yang selalu dibutuhkan. Namun, lapangan pekerjaan di jurusan ini tidak terbatas dengan itu saja. Gelar sarjana dari jurusan Akuntansi juga bisa membuka kemungkinan lapangan pekerjaan lainnya. 

Beberapa pekerjaan yang paling umum yang ditekuni oleh sarjana Akuntansi adalah auditor, pemeriksa pajak, dan akuntan perusahaan.

13. Administrasi Bisnis

Jurusan kuliah yang paling diminati tahun 2021 berikutnya adalah jurusan Administrasi Bisnis. Di jurusan ini, mahasiswa tidak hanya belajar cara melihat bisnis secara lebih luas, tetapi juga membangun semangat entrepreneur.

Jurusan ini sangat cocok bagi kamu yang ingin memulai bisnisnya sendiri di masa depan atau bagi kamu yang memiliki minat terhadap dunia bisnis.

14. Manajemen

Manajemen merupakan jurusan yang ideal bagi kamu yang berencana untuk menekuni pekerjaan manajemen di masa mendatang. Mempelajari manajemen akan memberikan mahasiswa paparan berbagai topik, termasuk keuangan, pemasaran, dan sumber daya manusia.

Jenis pekerjaannya pun beragam, bisa menekuni pekerjaan di bagian keuangan, ritel, perhotelan, atau bahkan di pemerintahan.

15. Pendidikan

Apakah kamu suka mengajari orang lain? Jika iya, maka jurusan Pendidikan merupakan jurusan yang bisa kamu pertimbangkan. Memiliki lapangan pekerjaan yang cukup luas untuk ke depannya, jurusan ini juga masuk ke dalam daftar jurusan paling diminati.

Pendidikan merupakan jurusan terbaik bagi seseorang yang menyukai tantangan dan dapat menyampaikan informasi yang mudah dipahami oleh orang lain.

16. Bahasa Inggris

Bahasa Inggris ternyata juga merupakan jurusan yang paling dibutuhkan di masa depan. Sebab, di sini kamu akan mempelajari banyak skill yang akan berguna bagi banyak pekerjaan. 

Sejumlah sektor yang banyak menerima lulusan jurusan Bahasa Inggris adalah media, penerbitan, marketing, dan pendidikan. Sementara itu, jenis pekerjaannya bisa berupa guru bahasa Inggris, jurnalis, maupun penerbit.

Itulah daftar jurusan kuliah paling diminati tahun 2021 yang bisa kamu pertimbangkan untuk ke depannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya