Bacaan Doa Qunut Lengkap Beserta Arti & Keutamaannya

Ilustrasi membaca doa qunut.
Ilustrasi membaca doa qunut.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Bacaan doa qunut sendiri menjadi doa sunah saban salat subuh dan witir. Bacaan doa qunut dibaca saat rakaat terakhir setelah iktidal. Masih belum banyak orang yang mengetahui bahwa doa qunut memiliki banyak keutamaan. Bacaan doa qunut salah satunya dapat menghindarkan diri kita dari penyakit.

Bacaan qunut itu sendiri merupakan amalan yang dijaga oleh Nabi Muhammad SAW hingga sepeninggalnya. Doa qunut sendiri dibagi menjadi tiga macam, yaitu qunut shubuh, qunut witir di separuh akhir bulan Ramadhan, dan qunut nazilah.

Hukum bacaan doa qunut sendiri menjadi sunah menurut mazhab Syafi'i dan Maliki. Pendapat ini sendiri berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Imam An Nasa'i, Imam Abu Daud, dan Imam Tirmidzi:

Salah satu lafal doa qunut adalah wa’aafini fii man hadaiit yang memiliki arti memberi pelindungan berbentuk keselamatan. Bentuk keselamatan di sini yang berarti berupa kesehatan, di mana setiap hamba Allah SWT yang bertakwa akan mendapatkan pelindungan dari berbagai penyakit.

Selain itu, doa qunut juga dapat memberikan petunjuk, memberikan perlindungan, dan meningkatkan rasa syukur atas apa yang didapat.

Keutamaannya tersebut membuat bacaan doa qunut senantiasa dilafalkan Rasulullah SAW sampai akhir hayatnya. Bacaan doa qunut merupakan sunah menurut mazhab Syafi’i dan Maliki.

Berdasarkan dari pendapat tersebut adalah hadis yang diriwayatkan dari Anas bin Malik, yaitu Rasulullah SAW senantiasa melakukan doa qunut pada salat subuh sampai beliau meninggalkan dunia, (HR. Ahmad).