Ini 12 Tips Menabung yang Terbukti Memangkas Uang Penghasilan

Cara menabung yang benar (unsplash.com/@spanic)
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tips menabung atau menghemat uang baik keuangan pribadi atau rumah tangga untuk kebutuhan setiap hari harus dipahami dengan benar. Karena dengan tips menabung yang baik, maka pundi-pundi rupiahmu akan semakin bertambah seiring berjalannya waktu.

BUMN Indofarma Belum Bayar Gaji Karyawan: Benar, Kami Belum Memiliki Kecukupan Dana

Kamu bisa melakukannya dengan cara mengatur bajet makan, minum, sampai pengeluaran untuk liburan. Banyak juga tips sederhana yang mungkin orang sepelekan. Padahal, jika dilakukan secara konsisten setiap hari dapat berdampak besar pada kesehatan keuangan.

Selain membuat keungan menjadi lebih sehat, efek baik lainnya adalah tabungan akan semakin bertambah dan membuat cepat kaya raya. Nah untuk lebih jelasnya mengenai tips menabung yang disadur dari ramseysolutions.com, simak ulasan berikut ini, ya!

3 Cara Menjual Uang Koin Rp1.000 Melati Biar Untung, Bisa Capai Rp100 Juta?

Lalu, Apa Saja Tips Menabung?

Ucapkan selamat tinggal pada hutang

Tuntutan Gaji Ivan Toney Bikin Kapten Bruno Fernandes Kesal

ilustrasi utang

Photo :
  • U-Report

Pembayaran utang bulanan adalah penyedot uang terbesar dalam hal menabung. Hutang merampas penghasilan kamu! Jadi, sudah saatnya kamu menyingkirkan hutang itu. Cara tercepat melunasi hutang adalah dengan melunasi hutang kamu secara berurutan dari yang terkecil hingga yang terbesar. Kedengarannya agak intens, bukan? Jangan khawatir, ini lebih tentang perubahan perilaku daripada angka. Setelah itu, kamu akhirnya dapat menggunakan penghasilan untuk membuat kemajuan pada tabungan.

Kurangi anggaran belanjaanmu

Ilustrasi belanja.

Photo :
  • vstory

Kebanyakan orang — setelah mereka membuat anggaran — terkejut mengetahui berapa banyak yang sebenarnya mereka belanjakan di toko kelontong setiap bulan. Dan jika kamu adalah sebuah keluarga dengan rata-rata anggota keluarga terdiri dari empat orang (dengan dua anak berusia 5 tahun ke bawah), kamu mungkin menghabiskan sekitar Rp5 juta perbulan. Sangat mudah untuk berjalan melalui lorong-lorong itu, mengambil sekantong Oreo di sini dan beberapa kantong keripik di sana, dan kemudian melengkapinya dengan barang-barang menyenangkan di kasir. Tetapi pembelian kecil itu - alias penghancur anggaran - bertambah sedikit dan akhirnya menghabiskan anggaran setiap bulan.

Mulai penganggaran uang makan

Ilustrasi usaha dapatkan uang.

Photo :
  • vstory

Hemat uang untuk belanjaan dengan merencanakan makanan kamu setiap minggu dan perhatikan baik-baik apa yang sudah kamu miliki di dapur kamu sebelum pergi ke toko. Karena mengapa kamu ingin membeli lebih banyak dari apa yang sudah kamu miliki? Dan jika kamu benar-benar ingin tetap pada daftar kamu, tinggalkan anak-anak di rumah.

Ingin tau tips menabung uang dan waktu? Coba pengiriman barang makanan secara online. Sebagian besar toko kelontong besar menawarkannya akhir-akhir ini (kadang-kadang bahkan gratis), dan dapat tips menabung banyak uang. Mengambil bahan makanan kamu menghilangkan godaan yang akan kamu alami ketika kamu mencium aroma kue coklat yang baru dipanggang yang mengambang di lorong. Dengan kata lain, kamu dipaksa untuk tetap berpegang pada daftar kamu dan menghindari pengeluaran impulsif itu.

Batalkan langganan dan keanggotaan otomatis.

Netflix vs Disney Plus.

Photo :
  • The EYE

Kemungkinannya adalah, kamu membayar untuk beberapa langganan seperti Netflix, Spotify, keanggotaan gym, dan lain sebagainya. Saatnya untuk membatalkan langganan yang tidak kamu gunakan secara rutin. Dan pastikan kamu mematikan perpanjangan otomatis saat melakukan pembelian.

Dan untuk langganan yang ingin kamu pertahankan, pikirkan tentang berbagi keanggotaan dengan beberapa keluarga atau teman. Banyak layanan streaming, seperti Netflix dan Viu, memungkinkan kamu menonton acara favorit dari dua layar atau lebih (dengan akun yang ditingkatkan). Dengan begitu, semua orang bisa menyaksikannya.

Putuskan langganan TV kabel

Ilustrasi TV berbayar.

Photo :
  • www.pixabay.com/StockSnap

Bukan rahasia lagi bahwa harga TV kabel naik seperti orang gila. Harga bulanan rata-rata untuk TV kabel adalah sekitar Rp125 ribu per bulan. Inilah kabar baiknya, TV kabel bukan satu-satunya cara untuk menonton acara favorit kamu. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi jaringan atau layanan streaming untuk tips menabung uang.

Hemat uang secara otomatis

Ilustrasi jenis pecahan uang

Photo :
  • vstory

Tahukah kamu bahwa kamu dapat tips menabung uang tanpa memikirkannya? Ya, kamu dapat mengatur rekening bank kamu untuk secara otomatis mentransfer dana dari rekening giro kamu ke rekening tabungan setiap bulan. Jika itu terdengar menakutkan bagi kamu, kamu juga dapat mengatur setoran langsung kamu untuk secara otomatis mentransfer 10% dari setiap gaji ke rekening tabungan kamu.

Habiskan penghasilan tambahan atau tak terduga dengan bijak

Ketika kamu mendapatkan bonus pekerjaan yang bagus, warisan, atau pengembalian pajak, maka manfaatkan dengan baik. Jika kamu masih memiliki hutang dalam hidup kamu, kamu akan lebih baik menggunakan dana tersebut untuk melunasi hutang atau saldo pada kartu kredit kamu daripada menyimpan uang itu. Jika kamu bebas utang, gunakan uang itu untuk mengumpulkan dana darurat kamu.

Mengurangi biaya energi

Ilustrasi lampu bohlam.

Photo :
  • dok. pexels

Tahukah kamu bahwa kamu dapat tips menabung uang untuk tagihan listrik kamu hanya dengan melakukan beberapa penyesuaian di rumah kamu. Mulai dengan beberapa hal sederhana seperti mandi lebih sebentar, mencuci pakaian kamu dengan air keran dingin, dan memasang sakelar dimmer dan bola lampu LED.

Meskipun peralatan baru yang hemat energi adalah cara yang bagus untuk tips menabung uang tagihan listrik kamu, harganya cukup mahal. Tetapi, jika kamu memasukkannya ke dalam anggaran bulanan kamu, kamu dapat menabung dan membayar tunai untuk perbaikan tersebut dari waktu ke waktu.

Turunkan tagihan ponsel kamu

Kuota internet.

Photo :
  • U-Report

Tips menabung selanjutnya jika tagihan ponsel bulanan kamu bersaing dengan anggaran belanja bulanan kamu, inilah saatnya mencari cara untuk menguranginya. Hemat uang untuk layanan seluler kamu dengan menyingkirkan ekstra seperti paket data yang mahal, asuransi telepon, dan jaminan yang tidak berguna. Dan jangan takut untuk tawar-menawar atau mengganti penyedia kamu sepenuhnya! Ini mungkin memerlukan sedikit ketekunan dan penelitian, tetapi penghematannya sepadan.

Cobalah membekukan pengeluaran

Jangan membeli barang yang tidak penting selama seminggu—atau bahkan sebulan! Anggap saja sebagai tantangan kepuasan. Saat kamu melakukannya, catat apa yang kamu syukuri setiap hari. Ini akan membantu menendang "keinginan" kamu di celana!

Jadikan pengeluaran kamu membekukan dengan menyiapkan makanan dengan makanan yang sudah kamu miliki, menghindari toko di mana kamu cenderung melakukan pembelian impulsive, dan mengatakan tidak pada apa pun yang bukan kebutuhan dasar.

Berhenti Merokok

Terlalu banyak merokok.

Photo :
  • Dok. Istimewa

Tidak, memang tidak mudah untuk berhenti, tetapi jika kamu merokok satu setengah bungkus setiap hari, jumlah itu sekitar Rp11 juta per tahun yang dapat kamu realisasikan dalam penghematan jika kamu berhenti. Menurut Pusat Pengendalian Penyakit, persentase orang Amerika yang merokok sekarang di bawah 33,8 persen atau sekitar 65,7 juta penduduk Indonesia adalah seorang perokok.

Kemas Makan Siang Kamu

Ilustrasi menu makan siang.

Photo :
  • U-Report

Tips menabung yang jelas adalah menemukan tabungan sehari-hari. Jika membeli makan siang di tempat kerja berharga Rp30 ribu, tetapi membawa makan siang dari rumah hanya berharga Rp10 ribu, maka selama setahun, kamu dapat membuat dana darurat Rp4.800 ribu atau memberikan kontribusi yang signifikan untuk rencana kuliah atau dana pensiun.

Cara Mulai Menyimpan Uang

kamu hanya akan mulai menabung ketika kamu mempelajari kebiasaan keuangan yang sehat dan membiarkan kebutuhan masa depan kamu lebih penting daripada keinginan kamu saat ini. Dengan kata lain, ketika kamu menjadikan menabung sebagai prioritas. Jadi lakukanlah, kamu dapat menghentikan siklus hidup dari gaji ke gaji dengan rahasia sederhana.

Anggaran adalah tentang kesengajaan. Ini membantu kamu membuat rencana sehingga kamu dapat melihat ke mana perginya uang kamu dan mengetahui berapa banyak yang sebenarnya dapat kamu hemat setiap bulannya. Saat kamu membuat anggaran berbasis nol, kamu memberi setiap rupiah sebuah nama sebelum kamu menyimpan atau membelanjakannya. Ingat! Tidak masalah berapa banyak uang yang kamu hasilkan yang penting adalah bagaimana kamu membelanjakan dan menyimpan uang yang kamu hasilkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya