13 Tips Move On dengan Cepat Setelah Putus dengan Mantan Kekasih

Ilustrasi patah hati.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVAMove on supaya bisa melupakan mantan tidaklah mudah. Namun, hal ini harus tetap dilakukan supaya hidupmu kembali bahagia dalam waktu yang singkat. Sering kali hidup tidak berjalan seperti yang diinginkan. Ada saatnya kita harus mengalami putus cinta dalam sebuah hubungan.

Putus dari Mantan, Nikita Mirzani Beberkan Mantan Kekasihnya Lebih Pilih LC Karaoke

Apalagi jika hubungan tersebut telah dijalani selama bertahun-tahun. Setiap kegagalan dalam hubungan memang terasa menyakitkan. Kamu mungkin akan marah, sedih, dan kecewa kemudian menangis. Untuk cepat pulih dari kondisi tersebut, kamu harus segera mengetahui tips move on. Berikut ini dilansir dari Real Simple, Selasa, 14 September 2021.

1. Jangan menyalahkan diri sendiri atau mantan

Selebgram Ini Ungkap Perilaku Kasar yang Diterima Nikita Mirzani dari Mantan Kekasihnya?

Ingat, ada dua orang di sebagian besar hubungan, dan dengan demikian, dua perspektif, dua pihak yang membuat kesalahan, dua manusia yang tidak cukup cocok untuk membuatnya bertahan lama. Meskipun menggoda untuk menyalahkan diri sendiri atau mantan, ini bukan cara yang sehat untuk tips move on.

Cobalah untuk tidak memasukkan gagasan bahwa kamu tidak pernah pantas mendapatkan mantan kamu atau bahwa mereka tidak pernah pantas mendapatkan kamu. Itu adalah jalan dua arah. Setelah kamu dapat menghadapi ini, kamu dapat mulai menghadapi kenyataan bahwa suatu hari kamu akan bahagia tanpa mereka.

Nikita Mirzani Bantah Buka Aib Mantan Kekasihnya, Pasca Sebut Alami Kekerasan Fisik dan Mental

2. Ubah rutinitas dan lingkungan kamu

Tips move on ini tidak berarti kamu harus pindah ke luar daerah. Kamu hanya perlu membuat perubahan halus namun efektif pada rutinitas dan lingkungan kamu. Mulai dari yang kecil. Misalnya, jangan sering mengunjungi tempat-tempat yang biasa kamu kunjungi bersama, seperti restoran, taman, atau tempat minum.

Jika kamu pergi jalan-jalan setiap hari atau jogging di taman bersama, pergilah ke taman lain untuk sementara waktu atau ambil rute yang berbeda.

3. Jangan kepo terhadap media sosial mantan

Ilustrasi media sosial.

Photo :
  • vstory

kamu tidak boleh mengikuti setiap posting mantan kamu di Facebook dan juga tidak boleh menonton story Instagram mereka. Satu aturan dasar perpisahan adalah memutuskan hubungan di semua platform media sosial. Meskipun itu akan menjadi hal tersulit yang akan kamu lakukan.

Kamu juga disarankan untuk menghapus nomor teleponnya sehingga kamu tidak tergoda untuk mengirim pesan teks ketika kamu berada di saat-saat yang sangat sepi. Semakin jauh jarak yang dapat dibuat antara kamu dan mantan kamu, semakin cepat kamu berada di jalan menuju tips move on. Mengikuti mantan biasanya hanya menyebabkan lebih banyak luka dan kesedihan.

4. Buat diri kamu sibuk

Ilustrasi sibuk bekerja.

Photo :
  • U-Report

Daripada kamu sibuk untuk memikirkan kenangan masa lalu, lebih baik mencari kesibukan baru yang tentunya lebih bermanfaat untuk kamu kedepannya. Terdapat banyak hal yang bisa dilakukan dalam hidup sehingga kamu akan terus melakukan hal yang positif.

Kamu bebas melakukan hal-hal yang disukai. Bahkan, kamu juga bisa meraih mimpi-mimpi yang sempat terpendam. Buka lembaran baru dalam hidup misalnya dengan melakukan perjalanan ke tempat baru atau bertemu dengan orang baru

Hal ini tentunya akan membantu kamu dalam menemukan perspektif baru dalam kehidupan. Seperti kata pepatah, pikiran yang menganggur dapat menyebabkan segala macam kecemasan yang tidak perlu, jadi tetap sibuk bisa menjadi tips move on setelah putus cinta.

5. Fokus pada diri sendiri

Walaupun kamu sedang patah hati, ini bukan berarti mengabaikan diri sendiri. Kamu harus tetap merawat tubuh serta menjaga Kesehatan. Karena dengan membiarkan rambut tidak dikeramas, malas mandi, tidak mengganti baju, makan makanan yang tidak sehat. Hal ini akan membuat kondisi kamu semakin buruk.

Luangkan waktu untuk pergi ke tempat gym, salon, belanja, atau bahkan biarkan dirimu untuk beristirahat. Hal ini mungkin terdengar sepele, tapi bisa menjadi langkah awal dan menjadi salah satu tips move on dari mantan kekasih.

6. Temukan kembali dirimu

Kita semua berkorban untuk bersama orang yang kita cintai, bahkan dalam hubungan terbaik sekalipun. Kamu memiliki orang lain yang perlu kamu pertanggungjawabkan dan pedulikan. Jadi kamu biasanya akan mempertimbangkan preferensi mereka.

Misalnya, kamu mungkin suka pergi ke pantai tetapi jika pasangan kamu tidak menikmatinya, kamu mungkin telah meninggalkan sebagian besar liburan ke pantai. Kamu bisa mencobanya dengan menemukan kesukaan yang ada dalam diri kamu sendiri.  Hal ini akan membantu membangun kembali identitas dirimu mereka yang terpisah dari identitas pasangan.

7. Tumpahkan ke dalam tulisan

Ilustrasi menulis.

Photo :
  • pixabay.com

Menulis dapat membantu orang menghadapi pengalaman traumatis karena membantumu mengatur dan mengartikulasikan emosi. Buatlah tulisan dalam bentuk blog, jurnal, atau bahkan diary yang ditulis dengan tangan. Sebab, dengan membawa keadaan ini ke dalam media sosial malah akan memperpanas situasi.

8. Hilangkan barang-barang kenangan

Jauhkan dari penglihatan kamu dari barang-barang yang terdapat kenangan bersama sang mantan kekasih. Misalnya boneka, foto, atau baju yang diberikan olehnya. Jika memungkinkan, sumbangkan atau berikan barang tersebut kepada orang yang membutuhkan seperti teman atau saudara yang tidak tinggal serumah.

9. Berhenti menanyakan kabarnya kepada teman

Setelah mengakhiri semua kontak dengannya, kamu bisa mencoba memperoleh informasi mengenai dirinya dari temanmu. Tahan dorongan ini jangan sampai terjadi. Kamu juga harus menjauh secara fisik, emosional, dan mental.

10. Refleksi terhadap hubungan

Buatlah deretan daftar apa saja yang seharusnya tidak kamu lakukan terhadap pasangan, tapi pernah dilakukan untuk dirinya. Hal ini tentunya akan membantu dirimu untuk melihat hubungan dari sisi yang lebih jernih dan lebih baik.

11. Curhat kepada teman

Ilustrasi curhat.

Photo :
  • U-Report

Mencurahkan isi hati yang sedang dirasakan kepada orang lain mungkin akan menjadi salah satu tips move on terbaik. Kamu bisa menceritakan perasaan kepada teman dekat. Dengan hal ini, kamu tidak akan merasa kesepian. Terlebih bila orang yang diajak curhat dapat bersimpati mengenai hal yang sedang terjadi atau dapat membantu kamu dalam menghadapi masa sulit ini.

12. Jangan mencari alasan untuk bertemu

Mungkin kamu akan berpikir bahwa sebuah pertemuan akan membuat hubungan kembali bersama. Tapi, saat ini kamu harus menyadari bahwa apa yang tidak dapat diperbaiki dalam sebuah hubungan tidak akan pernah bisa diselesaikan hanya dalam sebuah pertemuan. Sebuah hubungan adalah mengenai usaha dari kedua belah pihak dan setelah mati dengan kematian tidak ada gunanya untuk mencoba kembali.  

13. Maafkanlah dengan ikhlas

Memberikan maaf harus dilakukan kepada dirimu sendiri, supaya hidupmu lebih tenang dan tidak memiliki banyak pikiran. Sebelum itu, terima dan damailah dengan apapun yang telah terjadi dan mulai untuk memaafkan diri sendiri.

Hilangkan prasangka negatif atau pikiran yang mendemotivasi. Selain itu, tips move on ini bisa dimulai dengan mengubah perilaku menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya