Kumpulan Doa Sebelum Ujian Agar Diberi Kelancaran

Ilustrasi berdoa.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Belajar dan mempersiapkan diri sebaik dan semaksimal mungkin sebelum mengerjakan soal ujian merupakan usaha yang akan dilakukan oleh siapapun yang akan menghadapi ujian. Tetapi, ada baiknya jika usaha tersebut juga diiringi oleh doa sebelum ujian.

3 Doa Dipanjatkan Nabi Mohon untuk Dipertemukan dengan Bulan Ramadhan

Dengan membaca doa sebelum ujian, niscaya kamu akan diberikan kemudahan oleh Allah SWT saat menjawab soal ujian. Allah SWT dalam surat Al-Mu’min ayat 60 sudah menjelaskan kepada umat Muslim untuk terus berdoa kepadanya.

“Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.”” (Q.S Al-Mu’min: 60).

Kumpulan Doa Sebelum Berhubungan Badan Untuk Segera Diberi Keturunan

Nah, bagi kamu umat Muslim yang akan menghadapi ujian, berikut ini VIVA merangkum kumpulan doa sebelum ujian yang bisa kamu baca sebelum dan sesudah mengerjakan soal ujian agar diberikan kelancaran oleh Allah SWT.

Kumpulan doa sebelum ujian

4 Doa agar Suami Tidak Selingkuh, Amalkan Untuk Rasa Aman dalam Batin

1. Doa memohon diberikan kemudahan

Rabbi yassir wa a’in wa laa tu’assir.

Artinya: “Wahai Tuhanku, mudahkanlah. Bantulah (aku). Jangan Kau persulit.” (Lihat Imam An-Nawawi, awal Raudhatut Thalibin, Darul Fikr).

Allaahumma laa sahla illaa maa ja’altahu sahlan wa anta taj’alul hazna idzaa syi’ta sahlan.”

Artinya: “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya.”

2. Doa memohon diberikan kelancaran saat ujian

Rodhittu billahirobba wabil islamidina wabimuhammadin nabiyyaw warasullah, rabbi zidni ‘ilman warzuqnii fahmaa.”

Artinya: “Kami ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai nabi dan rasul. Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rezeki akan kepahaman yang baik.”

3. Doa memohon diberikan kemudahan dalam menghafal

Allahumma innii astaudi’uka maa allamtanihi fardudhu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku menitipkan kepada Engkau ilmu-ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku, dan kembalikanlah kepadaku sewaktu aku butuh kembali dan janganlah Engkau lupakan aku kepada ilmu itu wahai Tuhan semesta alam.”

4. Doa memohon kelancaran lisan

Rabbisy-rohlii shadrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam millisaanii, yafqahu qaulii.”

Artinya: “Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.”

5. Doa setelah selesai mengerjakan ujian

Allahuma arinal haqqa warzuqnat tibaa’ahu, wa arinal baathila baathila wazuqnaj tinaabah.”

Artinya: “Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran sehingga kami dapat mengikutinya, dan tunjukkanlah kepada kami keburukan sehingga kami dapat menjauhinya.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya